Assalmu’allaikum wr.wb.

Berikut ini ulasan 10 blog teman sejawat yang saya tulis untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah Praktik Laboratorium yang diampu oleh Kuncoro Bayu Prasetyo S.Ant., M.A.

Blog no 1.
 Nama : annisa Medika Mauliana
 Alamat Blog : http://blog.unnes.ac.id/annisamedika/
 Kelebihan Blog : mengenai blognya sangat menarik, karena tidak standar tetapi kreatif, mulai dari gambar, tulisan bahkan penataanya pun rapi.
 Kekurangan Blog : untuk postingan dari materi SMA kurang rapi atau tidak urut, jadi membuat pengunjung kurang sedap dipandang.
 Saran dan masukan : ketika memposting sebaiknya perhatikan urutan kelasnya, supaya ketika dilihat oleh pengunjung blog lebih rapi dan enak dilihat karena sudah urut dan mempermudah ketika di unggah yang kurang materi apa saja.
Blog no. 2
 Nama : Siti Mukhaya.
 Alamat Blog : http://blog.unnes.ac.id/sitimukhaya/
 Kelebihan Blog : mengenai keseluruhan blog bagus dan sudah ada kekreatifan dari pemilik blog, karena dapat dilhat dari wordnya, postinganya.
 Kekurangan blog : mengenai penulisan judulnya bognya kurang tepat, warna untuk tulisanya judul blognya kurang agak menggagu dan tulisan sosiologinya kurang terlihat karena tertutup sampulnya.
 Saran dan ulasan masukan : sebaiknya menggunkan bahasa inggris diperhatikan penulisannya, karena judul blog adalah tulisan pertaman yang mana pengunngung blog lihat, untuk pemilihan warnanya juga lebih diperhatikan lagi biar tidak menggangu tulisan yang lain biar lebih enak saja ketika lihat oleh mata.

Blog no.3
 Nama : Elma Maharani G
 Alamat Blog: http://blog.unnes.ac.id/maharanielma/
 Kelebihan Blog : didalam blog ini sudah tersedia halaman downloadnya jadi lebih memudahkan pengunjung blog untuk mengaksesnya
 Kekurangan blog : mengenai kategori seperti penulisannya sosilogi tauapun antropologi kurang tepat, sampul blog juga kurang menarik pemilihan warnanya.
 Saran dana ulasan masukan : mengenai kategori sebaiknya untuk penulisan antropologi saja tidak usah diberi umum seperti kurang tepat, dan sebiknya kata umum itu dibuat kategori umum saja, kalau bisa smpulnya di ganti saja biar lebih menarik.

Blog no.4
 Nama : Lutfi Maulana

 Alamat Blog : http://blog.unnes.ac.id/luthfi9/

 Kelebihan Blog : sudah ada kreatifitas dari pemilik blog seperti judul blog sudah tidak menggunkan font standar dari sample blog.

 Kekurangan Blog : masih adanya uncategorized, profil blog kurang menjelaskan blognya tentang apa (deskripsi blog), untuk sampulnya juga kurang menarik karena gambrnya agak pecah pecah, untuk blog yang kamu ikuti juga kurang rapi jaraknya berbeda.

 Saran dan ulasan masukan : mengenai uncategorized mending dihilangkan saja karena sudah ada disimple page sudah tertera profilnya, lebih baik si pemilik blog menkripsikan blognya tentang apa supa di pembaca mereka masuk blog tentng apa dan mempermudah pengunjung, mengenai smpulnya lebih baik mencari gambar yang lebik menarik dan ukuran agar besar supaya saat dipasang menjadi sampul tidak pecah, dan coba kamu di rapikan lagi untuk yang blog kmu ikuti biar lebih enak dilihat.

Blog no.5
 Nama : Afnada Saffanata
 Alamat Blog : http://blog.unnes.ac.id/saffanata/
 Kelebihan Blog : mengenai blognya simpel sehingga ketika pengjung blog lagung fokus terhadap arinya atau isi blognya.
 Kekuragan Blog : untuk teman blog kurang rapi angkanya lebih baik baik disamping, tampilan blognya terlalu sepi sehingga membuat pengunjung jenuh.
 Saran dan ulasana masukan : untuk blog teman yang kmu ikuti mengenai nomernya lebih baik dirapilkan lagi biar lebih rapi dan menarik pembaca, kemudian untuk blognya dikasih sesutu biar tidak terlalu simpel atau diberi motif apa supay lebih menghidupkan blonya. Untuk rartikelnya sudah rapi dan enak dilihat.

Blog no.6
 Nama : Nuufid rahayu ambarwati
 Alamat Blog : http://blog.unnes.ac.id/nuufidwati/
 Kelebihan Blog : mengenai postingannya sudah rapi sehingga mempermudah pembaca, sudah ada kekreativitasdari pemilik blog karena sudah menggunakan font dari sample page.
 Kekurangan Blog : untuk tampilan tamplate masih berantakan belum rapi, dan warna yang dipilih kurang enak dilihat pembaca, blognya terlalu rame kemudian untuk warna tulisan yang ada si sampul diganti karena tidak kelihatan dan mengganggu pembaca.
 Saran dan usulan masukan : lebih bari mencari tema/template yang lain saja dan yang menarik supaya tidak mengganggu pembaca karena terlalu rame setelah itu dirapikan untuk tata letak widget dan aplikasi lainnya sehingga akan kelihan bagus dan rapi, dan untuk warna font dari sub judulnya diganti warna yang lebih menyala biar lebih kelihatan tulisannya.

Blog no.7
 Nama : Nur Awaliya Maulida
 Alamat Blog : http://blog.unnes.ac.id/maulida27/
 Kelebihan Blog : untuk template blognya sudah rapi, untuk postingan juga sudah tertata dengan baik serta percampuran warnanya sudah pas dan cocok sehingga tidak pedih di mata pembaca.
 Kekurangan Blog : untuk latar belakang blognya masih polos, belum terlihat terlalu simple, untuk blog teman yang diikuti terlalu banyak, sehingga menggagu.
 Saran dan usulan masukan : Untuk latar belakangnya blog lebih baik ditambahkan karakter atau gambar sehingga pembaca melihatnya tidak gelap semua, kemudian untuk tambahan blognya yang terlalu panjnag dikasih scroll biar tidak terlalu panjang.

Blog no.8
 Nama Pemilik Blog : Nurul Latifa
 Alamat Blog : http://blog.unnes.ac.id/latifahpotter/
 Kelebihan Blog : Untuk tampilan blognya sudah menarik serta untuk postingnya pun sudah tertata dengan rapi sehingga enak dilihat oleh pembaca, selain itu dalam pemilahan template dan design garfiknya juga bagus dan kreatif dan menarik pengunjung untuk melihat blognya kemudian akan melihat isinya.
 Kekurangan Blog : warna pada headline tidak serasi dengan warna tema .
 Saran dan usulan masukan: lebih baik mencari warna yang pas untuk headlinenya sehingga dengan begitu warnaya lebih serasi dengan warna blognya.

Blog no.9
 Nama : Novita Windiarti
 Alamat Blog : http://blog.unnes.ac.id/novita3011/
 Kelebihan Blog : Display blog sudah rapi elegan dan menawan dan postingan sudah menarik pembaca selain itu dengan display seperti itu menjadikan fokus pembaca tidak terpecah.
 Kekurangan Blog : untuk template masih terlalau sederhana dan simple serta belum ada grafik-grafik yang ada di latar belakang blog yang menarik pembaca, untuk judul blog dibuat lebih mecolok supaya lebih kelihatan
 Saran dan usulan masukan : lebih baik ditambahkan saja aplikasi widgetnya supaya tidak terlalu kosong kemudian disusun dengan rapi dan indah, kemudian ditambahkan gambar atau grafik di latar belakang blog sehingga dengan begitu blog tidak terlalu sederhana dan simple, dan untuk judul blognya lenih baik menngganti font dan ukurannya supaya lebih menarik dan menojol.
Blog no. 10
 Nama : Hafid Setiaji
 Alamat Blog : http://blog.unnes.ac.id/hafidsetiaji/
 Kelebihan Blog : untuk materinya sudah lengkap, bhasa yang digunakan juga sederhana sehingga memudahkan pembaca, kemudian simpel.
 Kekurangan Blog : judul blog dan sub judulnya tidak memberikan gambaran secara umum mengenai isi blog, meskipun materi sudah lengkap tetapi penulisannya belum rapi seperti kategeri yang hurufnya tidak serasi sehingga tidak enak di lihat pembaca, widgetnya tidak rapi saling bertumpuk, dan belum ada identitas dari pemilik blog dan informasi blog ( deskripsi blog).
 Saran dan usulan masukan : lebih baik judul blog dan sub judulnya disesuaikan dengan isi blog agar pemabca tidak bingung dan memperjelas si pembaca, untuk penulisannya dirapikan lagi seperti kategori, itu mau huruf kapital semua apa bagaimana biar lebih rapi ketika dilihat pembaca, dan rapika lagi widgetnya dirapikan lagi karena ada yang saling bertumpuk seperti kalendernya tidak kelihatan serta tambahkan identitas pemilik blog supaya pembaca tahu blog yang mereka baca milik siapa dan berikan informasi blog, bahwa blog itu isinya tentang apa agar pembaca tahu.

Demikian ulasan yang dapat saya berikan. Saya mohon maaf apabila ada kesalahan yang kurang berkenan baik di hati teman-teman yang saya ulas maupun kepada pembaca lainnya dalam penyusunan tugas ini. Semoga dimaafkan Aamiin.

Sekian dan terima kasih. Wassalmu’allaikum wr.wb