Konservasi seyogyanya dikenal oleh masyarakat awam dengan pandangan reboisasi, daur ulang, dan sebagainya yang hanya berkaitan dengan kondisi alam saja. Namun menelaah lebih jauh dari itu, konservasi di Unnes sejatinya menyangkut aspek lingkungan, budaya, dan juga moral. Ketiga aspek tersebut saling bersinergi membentuk mahasiswa yang mempunyai karakter bangsa sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia yang terkandung dalam nilai – nilai Pancasila.

Melalui 8 nilai konservasi, pesan moral yang terkandung di dalamnya sangatlah sarat akan makna. Baik pesan yang disampaikan untuk setiap penghuni fakultasnya maupun juga seluruh keluarga besar di Unnes sendiri. Penanaman 8 nilai konservasi tersebut apabila dilaksanakan dengan penuh totalitas maka sungguh akan mencetak generasi penerusa bangsa yang hebat. Penjabaran lain juga ada pada 7 pilar konservasi yang berisi panduan bagaimana kita seharusnya sebagai manusi mampu bersahabat dengan alam, dengan sesama manusia, dan yang terpenting adlaah mampu bersahabat dengan Tuhan YME.

Banyak nilai yang terkandung di dalam konservasi yang menjadi icon dari Unnes. Semoga kedepannya Unnes tidak hanya memakai icon tersebut untuk mentenarkan nama Universitasnya saja namun juga mampu mebuktikan pada dunia bahwa inilah kami dengan gelora konservasi anak bangsa kami mampu membawa masa depan negeri ini ke arah yang lebnh baik. Gelora konservasi anak bangsa, gelora karya, gelora perubahan!

Tulisan ini dibuat untuk menghikuti Bidikmisi Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan ini adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.

One Response to “Gelora Konservasi Anak Bangsa#1”

  1. Anonymous Says:

Leave a Reply

Skip to toolbar