Berikut adalah karya anak – anak bangsa yang mengungkapkan keprihatinan atas kondisi lingkungan mereka lewat lukisan :

  1. Lukisan pertama

alam-rusak

Lukisan di atas medeskripsikan bumi yang sudah semakin kehilangan kehijauannya dikarenakan pembangunan – pembangunan perkotaan yang membabat habis pohon – pohon. Adanya pembukaan lahan ini tentunya akan merugikan spesies – spesies yang hidup di dalamnya.

2. Lukisan kedua

banjir

Lukisan kedua ini bertemakan tentang banjir yang menggenangi sebuah wilayah yang mana mengakibatkan para penduduknya harus mengungsi. Banjir yang merupakan tamu langganan bagi beberapa kota di Indonesia merupakan hal yang wajar terjadi, bahkan sudah menjadi sebuah agenda tahunan setiap kali musim hujan datang.

3. Lukisan ketiga

loggonmoney

Pada lukisan ini menggambarkan betapa buruknya kelakuan manusia yang secara bergotong royong menebangi pohon di hutan. Tujuannya untuk membuka lahan pemukiman atau mungkin menjual kayu – kayu tersebut. Alangkah baiknya jika menebang 1 pohon besar maka mengganti dengan menanam 10 pohon lagi, hal ini jauh lebih bermanfaat dan dapat menjaga kondisi alam.

4. Lukisan empat

Lukisan-hari-bumi

Sama seperti lukisan kedua tadi yang menyuguhkan banjir. Namun uniknya pada lukisan ini lebih menghadirkan kondisi yang ironis dengan memunculkan karakter si anak yang memancing pada kondisi banjir.

5. Lukisan kelima

Foto-0565

Lukisan kelima ini menggambarkan betapa kesrakahan manusia telah membutakan jalan pikirannya hingga ia lupa pada kewajibannya untuk menjaga alam sebagai tempat tinggalnya sendiri.

Leave a Reply

Skip to toolbar