Tanaman-Obat-Keluarga

Tanaman Obat Keluarga atau yang akrab dengan sapaannya TOGA, merupakan tanaman yang ditanam di halaman rumah, kebun ataupun sebidang tanah atau ditanam didalam pot yang dimanfaatkan sebagai budidaya tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi kebutuhan keluarga akan obat-obatan. Tanaman obat keluarga juga berfungsi sebagai pemanfaatan lingkungan di sekitar rumah dan kebun. Di era sekarang semakin banyak keluarga yang sadar betul apa manfaat dari tanaman obat itu sendiri.

Manfaat dari tanaman obat keluarga sangat beragam tergantung subjektifitas kita memandangnya. Beberapa manfaat tanaman obat keluarga antara lain :
1. Sebagai pelengkap obat-obatan keluarga yang bersifat tradisional
2. Bernilai tambah estetika bila di tata dengan apik dan rapi
3. Memberi Contoh Cara Pemanfaatan Lingkungan Pekarangan
4. Menambah Nilai Keasrian dan Kesejukan Halaman pekarangan rumah
5. Tentunya dapat kelola dengan baik dan dapat menghasilkan pendapatan tambahan.

Salah satu cara budidaya konservasi lingkungann yang paling efektif untuk diterapkan pada kehidupan bermasyarakat adlah melalui pengoptimalan toga ini. Hal ini dikarenakan banyak ibu rumah tangga terutama dikalangan pedesaan yang mampu menerapkannya. Selain bermanfaat untuk kesejahteraan mereka sendiri, secara tidak langsung mereka juga turut membantu terwujudnya konservasi alam dengan tidak membiarkan lahan kosong di sekitar mereka. Manfaat lainnya juga menambah hawa kesejukan yang enak dipandang mata ketika melihat tanman toga tersebut tumbu subur di lingkungan sekitar rumah.

Leave a Reply

Skip to toolbar