SILABUS MATA PELAJARAN: ANTROPOLOGI (PEMINATAN BAHASA)

Satuan Pendidikan      : SMA

Kelas /Semester           : XI /1-2

Kompetensi Inti

KI 1   : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KI 3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI4 :  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar Pokok Materi
1.1. Memahami, menghargai, dan
menerima   perbedaan kegiatan       ritual sebagai akibat (implikasi) dari
keberagaman ajaran agama, religi/kepercayaan yang dianut.
 
2.1 Mengembangkan sikap kepedulian
terhadap budaya, bahasa, dialek, dan
tradisi lisan.
 
2.2 Menghayati dan menghargai
keberagaman budaya, bahasa, dialek,
dan tradisi lisan dalam upaya
membangun masyarakat multikultur.
3.1 Menganalisis keterkaitan antara
budaya, bahasa, dialek, dan
perkembangan tradisi lisan di
nusantara
Keterkaitan antara keberagaman budaya, bahasa   dialek, tradisi dengan kehidupan masyarakat dalam suatu daerah.
4.1 Melakukan kajian literatur, diskusi dan pengamatan lapangan tentang
keterkaitan antara budaya, bahasa,
dialek, dan perkembangan tradisi lisan
di nusantara.
3.2 Mendeskripsikan dan memetakan
keberagaman pengguna bahasa, dialek, dan tradisi lisan di nusantara dan perannya dalam membangun masyarakat multikultur.
Pemetaan budaya, masyarakat pengguna bahasa   dialek, dan tardisi lisan di suatu daerah dan nusantara.
4.2  Membuat pemetaan budaya, bahasa, dialek , dan tradisi lisan di masyarakat setempat serta berperan aktif dalam upaya membangun masyarakat multikultur.

 

 
3.3  Menganalisis kesamaan dan perbedaan budaya, bahasa, dialek, tradisi lisan yang ada di masyarakat setempat

 

Persamaan dan perbedaan   budaya, bahasa, dialek, tradisi lisan yang ada di masyarakat setempat.

 

4.3 Melakukan diskusi, mengumpulkan kliping, dan pengamatan lapangan untuk memahami persamaan dan
perbedaan budaya, bahasa, dialek, dan
tradisi lisan yang berkembang dalam
masyarakat
3.4 Mengemukakan contoh berbagai    gejala melemahnya nilai-nilai budaya tradisional dalam berbagai masayarakat suku bangsa

 

Perubahan budaya dan melemahnya   nilai-nilai tradisional.
4.4 Menyusun rancangan, melaksanakan,dan mengkomunikasikan (lisan, tertulis, audio-visual) penelitian
sederhana tentang melemahnya nilai-nilai budaya tradisionil dalam
berbagai masyarakat suku bangsa.
 
3.5 Menggunakan metode etnografi dalam menganalisis kesamaan dan keberagaman bahasa, dialek, tradisi
lisan dalam masyarakat multikultur
Metode etnografi dan manfaatnya dalam mencari solusi berbagai permasalahan sosial-budaya.
4.5 Melakukan studi etnografi di
masyarakat setempat untuk menggambarkan adanya kesamaan        dan keberagaman budaya, bahasa, dialek, tradisi lisan dalam masyarakat
multikultur.

 

Tulisan ini dipublikasikan di Antropologi SMA. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: