SILABUS SOSIOLOGI KELAS XII SMA

Satuan Pendidikan        :  SMA/MA

Kelas                                 :  XII

Kompetensi Inti                :

KI 1        :    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2    :      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KI 3     :   Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI 4    :  Mengolah, menalar, menyaji dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar

Materi pokok

Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

1.1        Membuka wawasan terhadap berbagai peradaban dunia untuk memperkuat nilai keagamaan dan mendorong penghormatan terhadap keragaman peradaban.  

2.1        Mengembangkan kemampuan penyesuaian diri terhadap perubahan sosial.

2.2        Menunjukkan rasa empati terhadap ketimpangan sosial di masyarakat sekitar dan mendorong partisipasi dalam mengatasinya

3.1        Menganalisis perubahan sosial dan akibat yang ditimbulkannya dalam kehidupan masyarakat

4.1        Melakukan kajian, pengamatan dan diskusi tentang perubahan sosial dan akibat yang ditimbulkannya

  1. Perubahan sosial dan dampaknya

Mengamati:

Mengamati  perubahan sosial yang terjadi di masyarakat sekitar untuk menumbuhkan sikap religiositas dan tanggungjawab etika sosial dalam melakukan perubahan kearah yang lebih baik

Mengkaji konsep perubahan sosial berkaitan dengan pengertian, penyebab dan dampaknya, baik positif maupun negatif  melalui berbagai contoh yang ada di masyarakat serta membandingkannya dengan pendapat para pengamat dan ahli

Menanya:

Menumbuhkan rasa ingin tahu dan mendiskusikan tentang perubahan sosial dan dampaknya yang terjadi dalam kehidupan masyarakat setempat dengan menggunakan contoh-contoh nyata yang terjadi di dalam kehidupan masyarakat  

Mengeksperimenkan/Mengeksplorasikan:

Mengidentifikasi hasil diskusi tentang perubahan sosial dan dampaknya yang terjadi dalam kehidupan masyarakat

Mengasosiasikan:

Menganalisis realitas dan data  tentang perubahan sosial dan dampaknya yang terjadi  di masyarakat

Mengomunikasikan:

Mempresentasikan hasil pengamatan dan pengkajian tentang perubahan sosial di masyarakat

Tes:

Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa  tentang perubahan sosial dan dampaknya

Tugas:

Membuat kesimpulan tentang  penyebab dan dampak perubahan sosial dalam masyarakat  dan menyebutkan sumber-sumber bacaan yang digunakan

24 JP

Buku teks pelajaran, buku referensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian,  gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan  masyarakat di lingkungan setempat

3.2        Mendeskripsikan berbagai permasalahan sosial yang disebabkan oleh perubahan sosial di tengah-tengah pengaruh globalisasi

4.2        Melakukan kajian, pengamatan dan diskusi tentang berbagai permasalahan sosial yang disebabkan oleh perubahan sosial di tengah-tengah pengaruh globalisasi

  1. Globalisasi dan perubahan komunitas lokal

Mengamati:

Mengamati ragam permasalahan akibat perubahan sosial  karena pengaruh globalisasi di komunitas dan masyarakat sekitar

Melakukan kajian dokumen tentang perubahan sosial dan permasalahan sosial di komunitas lokal sebagai akibat atau dampak globalisasi

Menanya:

Menumbuhkan rasa ingin tahu dan mendiskusikan hasil pengamatan dan merumuskan pertanyaan-pertanyaan  berdasarkan hasil pengamatan berbagai permasalahan sosial terkait dampak globalisasi terhadap kehidupan komunitas lokal

Mengeksperimenkan/Mengeksplorasikan:

Melakukan survey tentang perubahan komunitas lokal sebagai akibat globalisasi melalui observasi dan wawancara

Mengasosiasikan:

Menganalisis data hasil survey tentang perubahan komunitas lokal sebagai akibat globalisasi dan mengaitkan dengan konsep perubahan sosial

Mengomunikasikan:

Mempresentasikan hasil kajian tentang perubahan sosial dan permasalahan sosial di komunitas lokal akibat globalisasi

Tes:

Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa tentang konsep globalisasi dan pengaruhnya pada perubahan sosial

Tugas:

Membuat tinjauan ilmiah sederhana  hasil pengamatan dan atau studi dokumen tentang permasalahan sosial yang terkait dengan adanya globalisasi

Observasi:

Penilaian tentang perilaku tanggung jawab,disiplin,  jujur, kerjasama, responsif dan pro aktif  serta  kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal, mandiri  atau kelompok mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama.

Sikap:

Menilai tanggapan dan pandangan siswa terhadap pengaruh globalisasi pada masyarakat melalui berbagai instrumen

28 JP

Buku teks pelajaran, buku referensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian,  gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan  masyarakat di lingkungan setempat

3.3        Menganalisis ketimpangan sosial sebagai akibat dari perubahan sosial di tengah-tengah globalisasi

4.3        Mengolah hasil kajian dan pengamatan tentang ketimpangan sosial sebagai akibat dari perubahan sosial di tengah-tengah globalisasi

  1. Ketimpangan sosial sebagai dampak perubahan sosial di tengah globalisasi

Mengamati:

Mengamati ketimpangan sosial sebagai dampak dari perubahan sosial di tengah globalisasi untuk menumbuhkan sikap empati dan rasa saling menghargai diantara sesama manusia dan warga masyarakat

Mengkaji berbagai faktor penyebab ketimpangan sebagai akibat perubahan sosial di tengah globalisasi melalui studi dokumen

Menanya:

Merumuskan pertanyaan-pertanyaan  berdasarkan kaitan dengan konsep dari studi dokumen  mengenai pengaruh perubahan sosial dan globalisasi terhadap ketimpangan sosial dalam masyarakat

Mengeksperimenkan/Mengeksplorasikan:

Mengidentifikasi masalah ketimpangan sosial yang terjadi di masyarakat sekitar  dengan sikap kritis dan kepekaan untuk pemecahan masalah

Melakukan pengumpulan data terkait dengan masalah ketimpangan sosial di masyarakat sekitar

Mengasosiasikan:

Mengolah data dan menganalisis ketimpangan sosial  berdasarkan hasil kajian dan pengumpulan data

Mengajukan pendapat atau usulan tentang upaya mengatasi ketimpangan sosial di masyarakat sekitar berdasarkan hasil pengolahan data dan kajian dokumen

Mengomunikasikan:

Mempresentasikan hasil pengumpulan data dan usulan upaya mengatasi ketimpangan sosial di masyarakat

Merumuskan usulan atau rekomendasi kelompok atau bersama tentang upaya mengatasi ketimpangan akibat perubahan sosial di tengah globalisasi

Tes:

Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa tentsng ketimpangan sosial sebagai dampak perubahan sosial di tengah globalisasi

Tugas:

Membuat kesimpulan tentang pengaruh globalisasi dan perubahan sosial terhadap terjadinya ketimpangan di masyarakat  dengan menyebut sumber-sumber bacaan yang digunakan

Observasi:

Penilaian tentang perilaku tanggung jawab,disiplin,  jujur, kerjasama, responsif dan pro aktif  serta  kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal, mandiri,  atau kelompok mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama

Proyek:

Merencanakan, melakukan, dan membuat laporan serta mempresentasikan hasil pengumpulan data tentang ketimpangan sosial di masyarakat setempat

28 JP

Buku teks pelajaran, buku referensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian,  gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan  masyarakat di lingkungan setempat

3.4        Menerapkan strategi pemberdayaan komunitas dengan mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal di tengah-tengah pengaruh globalisasi

3.5        Mengevaluasi aksi pemberdayaan  komunitas sebagai bentuk kemandirian dalam menyikapi ketimpangan sosial

4.4        Merancang, melaksanakan dan melaporkan  aksi pemberdayaan komunitas dengan mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal di tengah-tengah pengaruh globalisasi

4.5        Memaparkan inisiatif, usulan, alternatif dan rekomendasi berdasarkan hasil evaluasi aksi pemberdayaan komunitas

  1. Kearifan lokal dan pemberdayaan komunitas

Mengamati:

Mengamati praktek pemberdayaan komunitas untuk mengatasi ketimpangan dari sudut pandang kearifan lokal, kelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan untuk menumbuhkan kepekaan dan tanggungjawab terhadap pelestarian alam sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

Mengkaji dan mendiskusikan konsep-konsep dasar  pemberdayaan komunitas, kearifan lokal, kelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan

Menanya:

Merumuskan pertanyaan-pertanyaan berdasar hasil pengamatan tentang praktek pemberdayaan komunitas dalam kaitan dengan masalah-masalah yang timbul, kelemahan dan kelebihannya dalam mengatasi ketimpangan sosial berdasar kearifan lokal, kelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan

Mengembangkan sikap kritis dan kepekaan terhadap ketimpangan sosial di masyarakat untuk mendorong aksi pemberdayaan komunitas berdasar kearifan lokal, kelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan

Mengeksperimenkan/Mengeksplorasikan:

Merancang penelitian berorientasi pada pemecahan masalah menggunakan metode identifikasi kebutuhan, pemetaan aktor dan kepentingan untuk menentukan langkah dan aksi pemberdayaan komunitas berdasar kearifan lokal, kelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan

Melakukan praktek  aksi pemberdayaan komunitas yang berorientasi pada kearifan lokal, kelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan  dengan menggunakan berbagai metode (partisipasi, pembimbingan, dan sejenisnya) pada masyarakat di lingkungan setempat

Mengasosiasikan:

Melakukan analisis dan evaluasi  terhadap keterlaksanaan aksi pemberdayaan komunitas yang berorientasi pada kearifan lokal, kelestarian lingkungan dan  pembangunan berkelanjutan

Mengemukakan inisiatif, usulan, alternatif pemecahan masalah dan rekomendasi terkait dengan hasil analisis dan evaluasi tentang praktek aksi pemberdayaan komunitas untuk penguatan kearifan lokal, kelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan

Mengomunikasikan:

Mempresentasikan dan mendiskusikan hasil praktek pemberdayaan komunitas di masyarakat dengan melakukan evaluasi atas keterlaksanaannya dari masing-masing kelompok di dalam diskusi kelas

Merumuskan hasil diskusi kelas dan pembelajaran yang bisa dipetik dari praktek aksi pemberdayaan komunitas dengan mengemukakan inisiatif, usulan, alternatif dan rekomendasi untuk perbaikan aksi pemberdayaan komunitas ke depan berorientasi pada penguatan kearifan lokal, kelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan

Tes:

Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa prinsip dan konsep dasar pemberdayaan komunitas dalam menghadapi globalisasi

Tugas:

Membuat tinjauan, usulan dan rekomendasi tentang aksi pemberdayaan masyarakat di masyarakat sekitarnya

Observasi:

Penilaian tentang perilaku tanggung jawab,disiplin,  jujur, kerjasama, responsif dan pro aktif  serta  kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal, mandiri,  atau kelompok mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama

Portofolio:

Menilai proses dan hasil kerja siswa berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan aspek tertentu mulai dari tahap awal sampai tahap akhir dalam menunjukkan  sikap ilmiah

Proyek:

Merancang, melaksanakan, menganalisis, mengevaluasi dan mengkomunikasikan  hasil praktek aksi pemberdayaan komunitas

Sikap:

Menilai tanggapan dan pandangan serta partisipasi siswa terhadap pentingnya pemberdayaan komunitas melalui berbagai instrumen

64 JP

Buku teks pelajaran, buku referensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian,  gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan lingkungan setempat serta komunitas di masyarakat

Tulisan ini dipublikasikan di Sosiologi SMA. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: