Rumah Sosiologi dan Antropologi

Tempat berbagi ilmu oleh Afiat Afianti

RPP Sosiologi SMA kelas X

Materi Pokok                : Gejala Sosial

Waktu                           : 1 kali pertemuan (3×45 menit)

  1. Kompetensi Inti (KI)
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, cinta damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :

Mengolah, menalar, menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

 

  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
1. 1.1  Mengamalkan nilai agama sesuai dengan kepercayaan yang dianut dalam menyikapi gejala sosial yang ada di masyarakat. 1.1.1        mampu menjunjung tinggi nilai

agama sesuai dengan kepercayaan yang dianutnya.

2. 2.1  Menunjukkan sikap toleransi dan simpati dalam menyikapi perbedaan sebagai gejala sosial di masyarakat 2.1.1 mampu menunjukan rasa simpati melalui sikap saling membantu dalam kehidupan masyarakat.
3. 3.1  Memahami secara sosiologis materi gejala sosial. 3.1.1        mampu mendefinisikan gejala sosial dengan menggunakan bahasa sendiri secara tepat.

3.1.2        mampu mengidentifikasikan jenis-jenis gejala sosial minimal tiga dari lima jenis gejala sosial.

3.1.3        mampu mengidentifikasi ciri-ciri dari fenomena gejala sosial minimal dua.

4.

 

4.1    Melakukan kajian dan diskusi tentang gejala sosial menggunakan tinjauan Sosiologi. 4.1.1        mampu menciptakan ide

penyelesaian dari permasalahan fenomena gejala sosial secara tepat.

 

 

  1. Tujuan Pembelajaran
  2. Setelah mengamati gambar fenomena keberagaman sebagai salah satu gejala sosial (C) peserta didik (A) mampu menjunjung tinggi nilai agama (B) sesuai dengan kepercayaan yang dianutnya (D).
  3. Setelah mengamati foto kemiskinan sebagai salah satu fenomena gejala sosial (C) peserta didik (A) mampu menunjukan rasa simpati melalui (B) sikap saling membantu dalam kehidupan masyarakat (D).
  4. Setelah pemberian stimulus materi oleh guru (C) peserta didik (A) mampu mendefinisikan gejala sosial (B) dengan menggunakan bahasa sendiri secara tepat (D).
  5. Setelah melakukan diskusi secara kelompok mengenai gambar fenomena gejala sosial (C) peserta didik (A) mampu mengidentifikasikan jenis-jenis gejala sosial (B) minimal tiga dari lima jenis gejala sosial (D).
  6. Setelah mengamati video tawuran pelajar (C) peserta didik (A) mampu mengidentifikasi ciri-ciri dari fenomena gejala sosial tersebut (B) minimal dua (D).
  7. Setelah melihat gambar pengangguran sebagai salah satu fenomena gejala sosial (C) peserta didik (A) mampu menciptakan ide penyelesaian dari permasalahan tersebut (B) secara tepat (D).

 

  1. Materi Pembelajaran
  2. Definisi Gejala Sosial.
  3. Jenis-jenis Gejala Sosial dalam masyarakat.
  4. Ciri-ciri fenomena Gejala Sosial.

 

  1. Pendekatan, Model, dan Metode Pembelajaran
  2. Menggunakan pendekatan ilmiah.
  3. Model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning).
  4. Metode pembelajaran: diskusi dan kerja kelompok.

 

  1. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Deskripsi Alokasi Waktu
Pendahuluan 1.      Guru mengkondisikan kelas dan mempersipakan peserta didik untuk berdo’a.

2.      Guru mempresensi kehadiran peserta didik dan mempersiapkan media pembelajaran yang akan digunakan.

3.      Orientasi : Guru menampilkan video tawuran pelajar untuk menarik perhatian peserta didik.

4.      Apersepsi : Guru melakukan apersepsi dengan memberikan pertanyaan yang bersifat menuntun dan menggali mengenai ciri-ciri gejala sosial.

5.      Motivasi : Guru memberikan motivasi kepada peserta didik tentang manfaat yang didapat setelah belajar mengenai gejala sosial

6.      Pemberian Acuan : Guru menyampaikan garis besar materi gejala sosial dan menjelaskan mekanisme kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan kali ini.

 

20 menit
Kegiatan Inti 1.      Mengamati

·         Peserta didik mengamati gambar kemiskinan yang ditampilkan oleh guru.

·         Peserta didik ditugasi untuk mencari materi gejala sosial yang relefan dengan gambar kemiskinan yang ditampilkan oleh guru.

·         Peserta didik diberi stimulus oleh guru untuk membentuk rasa empati setelah melihat gambar kemiskinan.

2.      Menanya

·         Guru menampilkan gambar pengangguran untuk menstimulus rasa keingin tahuan peserta didik.

·         Guru memotivasi peserta didik untuk memunculkan pertanyaan-pertanyaan keingin tahuan mereka setelah melihat gambar pengangguran.

3.      Mengeksplorasi

·         Guru membimbing peserta didik untuk menggali dan mengumpulkan informasi tentang definisi gejala sosial dari berbagai sumber.

·         Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok terdiri dari lima orang untuk mengkaji materi jenis-jenis gejala sosial dari berbagai sumber.

4.      Mengasosiasikan

·         Masing-masing kelompok yang sudah dibentuk diberikan beberapa gambar gejala sosial.

·         Peserta didik mendiskusikan dan mengelompokkan gambar-gambar tersebut kedalam jenis-jenis gejala sosial sesuai dengan pendapat mereka sendiri.

5.      Mengomunikasikan

·      Peserta didik mempresentasikan dan menyajikannya hasil dari diskusi mereka dalam forum diskusi di depan kelas.

·      Guru membimbing jalannya diskusi agar tercapai suasana yang kondusif dan mampu membuat peserta didik berperan aktif dalam forum diskusi tersebut.

100 menit
Penutup 1.      Guru bersama dengan peserta didik membuat simpulan dari kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan.

  1. Guru melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
  2. Guru memberikan penugasan berkaitan dengan materi yang akan disampaikan pada pertemuan berikutnya.
  3. Guru mempersilahkan peserta didik untuk berdo’a dan mengakhiri kegiatan pembelajaran.
15 menit

 

 

 

 

 

 

 

  1. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
  2. Media  : gambar pengangguran, video tawuran pelajar, dan foto kemiskinan.
  3. Alat : laptop, LCD, papan tulis.
  4. Sumber Belajar :
  5. Soekanto, Soerjono. 2007. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

 

  1. Penilaian Hasil Belajar

 

 

 

 

 

Semarang, Mei 2015

Guru Mata Pelajaran

 

Afiat Afianti

3401413085

 

posted by afiatafianti in Sosiologi and have Comments (2)

2 Responses to “RPP Sosiologi SMA kelas X”

  1. afifah says:

    Terima kasih… telah memberikan contoh cara membuat RPP yang baik

Place your comment

Please fill your data and comment below.
Name
Email
Website
Your comment

Skip to toolbar