Rumah Sosiologi dan Antropologi

Tempat berbagi ilmu oleh Afiat Afianti

Ulasan Akhir 10 Blog Sejawat

Postingan ini berisi review dari penulis terhadap beberapa blog teman-temannya. Adapun tujuan dari penulisan artikel ini untuk memenuhi tugas akhir perkuliahan mata kuliah Praktek Laboratorium. Review tersebut antara lain : 

Blog No. 1

  1. Nama pemilik Blog : Andri Erwanto
  2. Alamat Blog / http : https://blog.unnes.ac.id/andrierwanto/
  3. Kelebihan / keunggulan : Dalam pemberian judul pada masingn-masing artikel sudah baik dan jelas karena mampu mewakili isi dari artikel tersebut.
  4. Kekurangan / kelemahan : kekurangan yang dimiliki oleh blog ini adalah pertama, judul blog kurang menarik dan kurang menggambarkan isi dari blog itu sendiri sehingga tidak dapat menarik perhatian pembaca. Kedua, tampilan background masih standar dan terkesan membosankan, karena warna yang mendominasi adalah hitam sehingga memberi kesan tidak menarik. Selian itu, format penulisan artikel-artikel yang diposting masih kurang rapi. Di sebelah kanan terdapat dua bagian yang berisi kategori, menurut saya kurang efektif.
  5. Saran dan Usulan tambahan / perbaikan : Untuk artikel-artikel postingan alangkah lebih baiknya jika disertakan gambar atau foto yang bisa mewakili isi dari postingan tersebut. Hal itu juga dapat sebagai penarik perhatian pembaca.

Blog No. 2

  1. Nama pemilik Blog : Annisa Medika Mauliana
  2. Alamat Blog / http : https://blog.unnes.ac.id/annisamedika/
  3. Kelebihan / keunggulan : Dari segi penampilan blog sudah sangat menarik, dapat terlihat kreatifitas pemilik blog disana. Pengkategorian postingan sudah sangat jelas sehingga mampu memudahkan pembaca dalam mencari artikel yang dibutuhkan. Terdapat gambar atau foto dari kebanyakan postingan yang juga sesuai dengan isi artikel postingan itu sendiri.
  4. Kekurangan / kelemahan : Format penulisan artikel masih kurang rapi. Penempatan “read more” kurang tepat karena informasi yang bisa dibaca terlalu sedikit dan belum mewakili isi dari artikel itu sendiri.
  5. Saran dan Usulan tambahan / perbaikan : Untuk format penulisan artikel lebih dirapikan lagi, karena meskipun isi artikel sudah berkualitas namun tampilannya tidak rapi maka tidak akan nyaman untuk dibaca oleh pembaca.

Blog No. 3

  1. Nama pemilik Blog : Agus Salim
  2. Alamat Blog / http : https://blog.unnes.ac.id/agussalim/
  3. Kelebihan / keunggulan : Judul dari blog menarik karena mampu mewakili isi dari blog itu sendiri. Bagian-bagian dari blog, seperti kategori, following, profil sudah lengkap.
  4. Kekurangan / kelemahan : Tampilan blog atau background kurang menarik, dan pemilihan warnanya pun kurang tepat karena tulisan artikel sulit dibaca. Format artikel pun masih belum rapi. Sumber dari artikel masih perlu dilengkapi lagi, dan juga belum ada gambar-gambar yang menyertai dalam artikel yang di posting. Penempatan “read more” masih kurang tepat, karena informasi yang bisa dibaca sekilas terlalu banyak.
  5. Saran dan Usulan tambahan / perbaikan : Perlu perhatikan lagi dalam memilih background yang tepat, dan alangkah lebih baiknya jika kreatifitas pemilik blog terlihat dalam blog tersebut.

Blog No. 4

  1. Nama pemilik Blog : Ika Nofita Nurhayati
  2. Alamat Blog / http : https://blog.unnes.ac.id/ikanofita/
  3. Kelebihan / keunggulan : Blog milik Ika Nofita memiliki tampilan yang simpel namun menarik. Selain itu, sudah terdapat profil yang jelas tentang pemilik blog dan juga deskripsi dari blog itu sendiri. Kreatifitas pemilik log sudah terlihat dari penataan kategori yang rapi, dan peulisan postingan yang sudah sesuai EYD.
  4. Kekurangan / kelemahan : Kekurangan yang dimiliki oleh blog ini adalah masih mengenai format artikel yang dipostingkan belulm rapih, belum dibuat rata kanan dan kiri, sehingga mengganggu kenyamanan pembaca dalam mencermati isi artikel. Selain itu, penulisan judul artikel belum konsisten. Yang artinya ada beberapa judul yang menggunakan format kapital semua, namun ada juga yang tidak.
  5. Saran dan Usulan tambahan / perbaikan : Blog ini sudah bagus dan menarik, namun akan lebih baik lagi jika dalam memosting artikel benarbenar diperhatikan sumber informasi, format, dan isinya.

Blog No. 5

  1. Nama pemilik Blog : Lia Suprapti
  2. Alamat Blog / http : https://blog.unnes.ac.id/liasuprapti/
  3. Kelebihan / keunggulan : Tampilan awal blog sudah menarik dan mampu mewakili isi dari blog tersebut karena terdapat gambar mengenai salah satu suku bangsa yang ada di Indonesia. Pemilihan warna pun sesuai antara warna background, judul artikel, dan isi dari artikelnya. Profil tentangn pemillik blog sudah lengkap beserta gambaran dari blog itu sendiri.
  4. Kekurangan / kelemahan : Kekurangan yang saya temukan dari blog milik Lia Suprapti adalah mengenai sumber dari isi artikel yang dipostingkan, masih ada beberapa artkel yang belum dicantumkan sumbernya. Selian itu, seperti blog yang sebelum-sebelumnya, format penulisan artikel pun kurang rapi. Meskipun ini hal sepele namun menurut saya penting dan perlu diperhatikna juga, karena akan mempengaruhi kenyamanan pembaca dalam mencermati isi artikel.
  5. Saran dan Usulan tambahan / perbaikan : Menurut saya blog ini sudah sangat baik dan menarik, hanya saja perlu diperhatikan kembali mengenai artikel yang akan dipostinngkan, baik itu isi, format dan sumbernya.

Blog No. 6

  1. Nama pemilik Blog : Setiawati
  2. Alamat Blog / http : https://blog.unnes.ac.id/setrong/
  3. Kelebihan / keunggulan : Blog milik Setiawati sangat simpel namun menarik, karena background blog sudah terdapat beberapa modifikasi, baik itu penambahan foto, maupun warna. Sudah terdapat profil yang jelas mengenai pemilik blog. Artikel yang diposting sudah dikategorikan dengan tepat. Postingan sudah trelihat rapi baik dalam hal format, sumber, maupun isinya.
  4. Kekurangan / kelemahan : Kekurangan yang ada di blog ini menurut saya, mengenai daftar blog teman yang diikuti masih trelihat belum rapi, dan kurang enak dilihat. Selain itu, ukuran huruf pada judul artikel menurut saya trelalu besar sehingga kurang efektif. Judul dari blog kurang terlihat jelas karena letaknya disamping dan ukuran hurufnya kecil.
  5. Saran dan Usulan tambahan / perbaikan : Menurut saya, sebaiknya lebih diperhatikan lagi dalam hal menentukan jenis huruf dan ukuran yang akan ditampilkan, baik tu judul artikel maupun judul blog. Agar pembaca tidak rancu membedakan mana yang judul blog dan mana yang judul artikel.

Blog No. 7

  1. Nama pemilik Blog : Imas Ulufi Cahyaningrum
  2. Alamat Blog / http : https://blog.unnes.ac.id/imasulufi16/
  3. Kelebihan / keunggulan : Tampilan dari blog milik Imas sudah baik, dan postingan artikel pun sudah terlihat rapi dan isinya berbobot. Artikel telah dikategorikan dengan benar sesuai dengan si dari artikel iitu sendiri.
  4. Kekurangan / kelemahan : Penamaan judul blog menurut saya belum mewakili isi dari blog tersebut. Selian itu, belum terdapat deskripsi yang menjelaskna gambaran singkat mengenai blog yang dibuat oleh Imas Ululfi. Tampilan background masih terlihat standar dan belum ada kreatifitas dari pemilik blog.
  5. Saran dan Usulan tambahan / perbaikan : Blog ini sudah baik dalam hal isi atau postingan-postingan yang ada di dalamnya, namun perlu di perhatikan kembali mengenai sumber-sumber dari artikel yang dipostingkan.

Blog No. 8

  1. Nama pemilik Blog : Muhammad Agus Massholeh
  2. Alamat Blog / http : https://blog.unnes.ac.id/agusms/
  3. Kelebihan / keunggulan : Blog milik Agus memiliki tampilan yang simpel nammun sangat menarik untuk dilihat, karena terdapat foto yang bertuliskan “sosiologi” sehingga mampu mewakili isi dari blog tresebut. Profil megenai pemilik blog pun sudah ada beserta deskripsi tentang blog tresebut. Artikel yang dipostingkan sudah lengkap dan rapi.
  4. Kekurangan / kelemahan : Pada daftar blog teman yang diikuti kurang terlihat rapi karena jarak antara judul blog satu dengan lainnya terlalu jauh. Format dari artikel yang dipostingkan pun kurang rapi, dan sumber yang dicantumkan masih kurang. Selain itu belum ada gambar yang mewakili dari isi artikel dan sebagai penarik perhatian pembaca.
  5. Saran dan Usulan tambahan / perbaikan : Saya sangat suka dengan tampilan blog ini yang simpel, hanya saja masih perlu ditambahkan lagi gambar-gambar pada artikel yang di postingkan agar terlihat lebih mnerik lagi.

Blog No. 9

  1. Nama pemilik Blog : Muhamad Septiyan Khalali
  2. Alamat Blog / http : https://blog.unnes.ac.id/khalali/
  3. Kelebihan / keunggulan : Artikel yang diposting sudah sangat rapi, disertai gambar yang mampu mewakili isi artikel dan juga sumber yang digunakan. Artikel yang dipostingkan sudah lengkap dan dikategorikan sesuai dengan isi masing-masing artikel.
  4. Kekurangan / kelemahan : Profil tentang pemilik blog masih terkesan kaku dan foral sehingga kurang menarik untuk dibaca. Selain tiu, judul dari blog pun belum mewakili isi blog yang dibuat oleh Khalali. Jarak antara judul blog yang diikuti satu dengan lainnya terlalu jauh. Pemberian judul pada artikel ang diposting masih kurang rapi karena ada yang mengguakan kapital semua dan ada yang tidak.
  5. Saran dan Usulan tambahan / perbaikan : Perlu adanya perbaikan lagi dari segi tampilan blog atau background agar terlihat lebih menarik lagi.

Blog No. 10

  1. Nama pemilik Blog : Saka Mahardika Oktav Nugraha
  2. Alamat Blog / http : https://blog.unnes.ac.id/sakapleng/
  3. Kelebihan / keunggulan : Artikel yang dipostingkan sudah lengkap dan menarik. Daftar nama blog teman yang diikuti sudah rapi dan mudah dibaca. Kategori yang dicantumkan sudah lengkap.
  4. Kekurangan / kelemahan : Format artikel yang diposting masih trelihat berantakan, karena ada yang menggunakan huruf berukuran kecil ada pula yang berukuran besar. Selain itu, penulisan judul punasih belum konsisten. Profil mengenai pemilik blog masih terkesan formal.
  5. Saran dan Usulan tambahan / perbaikan : Masih perlu diperbaiki lagi dalam mengatur artikel yang akan diposting. Selian itu, tampilan blog masih kurang kreatif karena masih menggunakanbackground yang standar

posted by afiatafianti in Sosiologi and have No Comments

Place your comment

Please fill your data and comment below.
Name
Email
Website
Your comment

Skip to toolbar