• Monday, December 05th, 2016
 
Oleh Agung Kuswantoro
 
Pertemuan kita sekarang sudah memasuki pertemuan yang ke-14. Saya rasa pertemuan ini cukup. Seharusnya pertemuan sekarang ujian, karena materi-materi sudah diberikan sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
 
Yang menjadi permasalahan dalam perkuliahan kita adalah Sarana dan Prasarana. Atau keberadaan MESIN PERKANTORAN. Seperti biasa ini sebagai alasan klasik di sebuah lemabaga. Bahkan ada alat yang sudah umurnya lebih tua dibanding masa studi mahasiswa untuk menempuh strata satu.
 
Oleh karenannya untuk ujian kali ini saya, tidak akan membuat ujian praktek. Dimana ujian praktek sebagai kunci utama dari ujian tersebut. Lalu apa ujiannya? Membuat REFLEKSI. Refleksi dari apa? Dari bahan yang sudah diberikan oleh saya, kemudian disesuaikan dengan keadaan sekarang.
 
Misal, materi mesin stensil atau mensin pengganda, bahwa alah kita keadaannya seperti itu. Lalu, bagaimana yang diluar? atau keadaan mesin saat ini? Nah silakan dibuat refleksinya. Contoh lagi. Mesin cash regiter untuk mesin hitung yang kita punya ada casio dan sharp. Bagaimana keadaan dan perkembangan cash register di luar? Apakah masih digunakan? Apa kelebihan dan kelemahan dari mesin yang kita punyai serta tantangannya? Mesin laminating. Bagaimana keadaan mesin laminating saat ini? Apakah masih diguanakan mesin laminating yang kita punyai? Atau pertanyaan lainnya. Silakan buat refleksinya.
 
Dan contoh lainnya. Silakan buat refleksi dari setiap mesin yang kita punya dan saya ajarkan kepada Saudara. Itu sebagai ganti ujian praktek. Silakan kalau ada masukan.
 
Semarang, 5 Desember 2016
Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply