• Friday, June 26th, 2020

Media HP

Oleh Agung Kuswantoro

Dalam belajar bersama dengan mbah Darman, ada hal yang susah dalam menyampaikan pesan (baca:materi sholawatan “tibbil qulub”) yaitu caranya. Mengingat, ia/mbah Darman belum/tidak bisa melihat. Saya memberikan tulisan, belum/tidak bisa membacanya. Orang lain yang membacakan tulisan saya.

 

Saya yang membacakan, juga punya kelemahan yaitu jeda, makhorijul huruf, pelafalan, dan tanda baca tetap berbeda, karena ia tidak melihat. Hanya mendengar. Sehingga, kekuatannya adalah menghafal dari apa yang didengar. Didengar bersumber dari siapa? Saya. Itu saat, saya dan dia belajar bersama. Pengulangan yang terus-menerus dalam pembelajaran atas materi—solawatan—yang disampaikan kepadanya.

 

Lalu, saya bertanya kepada dia. “Mbah Darman, Panjenengan apakah punya dan bawa HP?” langsung dia menjawab “Punya, dan saya bawa”. Saya pinjam HPnya yang bermerek Cina. Saya buka fiturnya, mencari program rekam/record.

 

Ketemulah, program rekam/record tersebut. Kemudian, saya merekam suara saya, sambil solawatan “tibbil qulub”. Saya mendampingi juga, cara memutarkan hasil rekaman suara saya. Alhamdulillah, dia bisa memutarkan hasil suara rekaman saya.

 

Usai sudah belajar bersama yang dilakukan rutin tiap hari bada/setelah sholat Subuh di Masjid Nurul Iman. Lima menit tiap hari dengan belajar sholawatan. Saya menikmati saja proses ini. Ketika dia pulang, saya perhatikan, sambil jalan dengan kekuatan tangan dan kakinya—ia bersolawat dengan dipandu suara hasil rekaman saya—menuju rumahnya.

 

Semoga berkah, apa yang telah saya dan dia lakukan. Pembelajaran buat saya juga, orang yang (maaf) buta saja, masih bersemangat untuk belajar. Bahkan, ia jalan kaki sendiri dari rumah. Namun, yakinlah Allah akan membukakan semua yang “gelap” baginya. Amin.

 

Ditulis di rumah Pemalang, 27 Juni 2020, jam 04.50 – 05.06 WIB.

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply