• Monday, November 01st, 2021

Belajar Ke Ulama Yang Valid

Oleh Agung Kuswantoro

 

Banyak media dalam belajar di era saat ini, termasuk internet. Youtube adalah contohnya. Semua orang bisa membuka Youtube, namun apakah materi yang dicari/buka di Youtube itu sesuai dengan kaidah keilmuan?

 

Seperti saat ini. Orang banyak belajar Islam di Youtube. Banyak “Ustad” atau “Kiai” tampil di Youtube. Bahkan, siapa pun bisa menjadi “Ustad” atau “Kiai” di Youtube.

 

Sebagai orang Islam yang terdidik dan berilmu. Menurut saya: jangan asal mencari atau membuka Youtube untuk belajar Islam. Lebih baik, cek “Ustad” atau “Kiai” tersebut keilmuannya. Karena pada masa sekarang, orang bisa menjadi “Ustad” atau “Kiai”, hanya bermodal HP atau komputer. Yang penting, bisa dan berani berbicara dalam camera.

 

Bukalah ulama yang jelas keilmuannya saat belajar Islam di Youtube. Seperti Prof. KH Quraish Shihab, Gus Baha, Gus Mus, Prof. Nasaruddin Umar, Ulil Absar Abdallah, dan ustad Yusuf Mansur. Kiai tersebut, pasti valid secara ilmu, sehingga apa yang disampaikan Insya Allah berdasarkan ilmu.

 

Contoh belajar Islam yang benar menurut saya adalah membuka kitab, sebagaimana dalam pesantren. Bukan, membuka Youtube.

 

Semoga bermanfaat tulisan singkat ini.

 

Semarang, 28 Oktober 2021

Ditulis di Rumah jam 04.00 – 04.15 WIB

 

Agung Kuswantoro, penulis buku bertema sosial dan dosen pendidikan ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang/UNNES. Email: [email protected]; HP. 081 79599354.

 

 

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply