• Thursday, November 04th, 2021

E-Arsip Pembelajaran Masih Diterima

Oleh Agung Kuswantoro

 

Sabtu Ahad (30-31 Oktober 2021) saya dapat undangan untuk belajar bersama dengan siswa, guru, dan tenaga kependidikan SMK Negeri 1 Wonosari Gunungkidul, Yogyakarta. Kali ini, adalah kedatangan yang kedua pada sekolah yang termasuk nilai terbaik secara Nasional itu (https://tekno.tempo.co/read/1516333/5-smk-terbaik-di-indonesia-berdasarkan-nilai-utbk/full&view=ok).

 

Satu hal yang membuat saya bersemangat dan bersyukur adalah e-arsip pembelajaran yang saya ciptakan – dengan Trisna – masih diterima. E-arsip pembelajaran adalah produk dari penelitian saya. Dari hasil penelitian ini menghasilkan buku (https://www.kompasiana.com/agungbinmadik/54f41a367455137c2b6c86aa/buku-model-e-arsip-dalam-pembelajaran), artikel (https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=iYAWzIoAAAAJ&citation_for_view=iYAWzIoAAAAJ:ULOm3_A8WrAC), dan aplikasi sederhana ini. Saya katakan  sederhana, karena berbasis access. Setiap komputer/laptop, pasti memiliki program tersebut.

 

E-Arsip pembelajaran kurang lebih sudah berumur 7 tahun. Sudah saatnya di-upgrade/dinaikkan atau diperbaiki lagi mengingat “pemakai” produk ini masih banyak.

 

Saya berangkat hari Jumat (28 Oktober 2021), kemudian dijemput oleh Pak Wid/Tenaga Kependidikan dan Drs.  Moh. Rokhis/Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Wonosari di Jombor Yogyakarta. Sebelum saya ke Yogyakarta, saya sudah koordinasi dengan pihak sekolah mengenai labolatorium komputer yang akan digunakan untuk praktik e-arsip pembelajaran. Saya menyampaikan ke Pak Widiyanto/teknisi sekolah agar minimal ada program Microsoft access.

 

Hari Sabtu (29 Oktober 2021) berlangsung acara pembukaan di ruang pertemuan. Acara pembukaan dihadiri oleh Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, Wakil Kepala Sekolah bidang SDM, Kepala Prodi OTKP, guru-guru OTKP, siswa-siswa OTKP, dan beberapa tenaga kependidikan. Total ada 40 orang peserta.

 

Acara dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat baik di ruang pertemuan dan ruang praktik komputer. Ruang pertemuan ada di lantai 1, sedangkan ruang praktik komputer di lantai 2. Saya sebagai “pembicara” tunggal, sehingga mengatur strategi dimana saya menyampaikan konsep/teori dan praktiknya. Demikian, manajemen waktunya, harus saya atur agar tepat sesuai dengan target tujuan e-arsip pembelajaran.

 

Saya mengucapkan kepada Kepala sekolah (Drs.  Moh. Rokhis), Wakil kepala sekolah, Kepala Prodi (Sri Edi Budiningsih, S.Pd), tenaga kependidikan, dan siswa OTKP SMK Negeri 1 Wonosari Gunungkidul atas penerimaan saya sebagai “sahabat belajar” dalam kegiatan silaturahim ini. Semoga tetap terjalin dengan baik, hubungan baik ini. []

 

Semarang, 1 November 2021

Ditulis Di Rumah jam 13.00 – 13.15 WIB.

 

 

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply