• Sunday, June 19th, 2022

 

Kajian Arbain Nawawi (7): Malaikat Jibril Lebih Tahu tentang Hari Kiamat
Oleh Agung Kuswantoro

Saat Nabi Muhammad Saw ditanya mengenai islam, iman, dan ihsan Nabi Muhammad Saw bisa menjawab dengan tegas. Lalu, Malaikat Jibril “meng-iya-kan”, jawaban Nabi Muhammad Saw.

Tetapi, saat Malaikat Jibril (baca: Rojul) bertanya mengenai hari kiamat (kapan kejadiannya)? Nabi Muhammad Saw menjawab: Yang ditanya tidak lebih tahu daripada yang bertanya. Artinya, Nabi Muhammad Saw sudah mengerti, bahwa yang bertanya dalam majlis tersebut adalah Malaikat Jibril.

Jika kita perhatikan, Nabi Muhammad saw saat ditanya mengenai islam, iman, dan ihsan dapat menjawab sesuai dengan kemampuan manusia dalam berislam, beriman, dan berihsan. Tingkatan islam, iman, dan ihsan antara malaikat dan manusia berbeda.

Justru, saat Nabi Muhammad Saw ditanya mengenai hari kiamat, Malaikat Jibril yang lebih mengetahuinya. Bisa jadi, urusan yang kiamat itu urusan Allah dan Malaikatnya. Bukan level manusia yang mengetahui kapan kiamat. Waallahu’alam. []

Semarang, 12 Juni 2022
Ditulis di Rumah jam 07.00 – 07.10 Wib.

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply