• Thursday, June 30th, 2022

Kajian Arbain (13) Amal Menentukan ke Surga Neraka
Oleh Agung Kuswantoro

Penetapan ruh pada umur bayi 4 bulan bayi di kandungan Ibu menjadikan manusia untuk menjaga amal selama hidup di dunia. Karena amal baik selama di dunia, bisa jadi belum/tidak mendapatkan surga. Dan, sebaliknya: amal buruk manusia selama di dunia, bisa jadi belum tentu dimasukkan ke neraka. Mohon koreksinya atas tulisan ini.

Berikut kutipan hadist ke-4 setelah proses penciptaan: “Sesungguhnya di antara kalian ada yang melakukan perbuatan ahli surga hingga jarak antara dirinya dan surga tinggal sehasta, tetapi telah ditetapkan baginya ketentuan, ia pun melakukan perbuatan ahli neraka dan masuklah ia ke dalam neraka. Sebaliknya, sesungguhnya diantara kalian ada yang melakukan perbuatan ahli neraka hingga jarak antara dirinya dan neraka tinggal sehasta, tetapi telah ditetapkan baginya ketentuan, ia pun melakukan perbuatan ahli surga dan masuklah ia ke dalam surga.

Dengan demikian penetapan ruh tidak bisa dirubah, walaupun amal manusia itu baik dan buruk selama hidup di dunia. Wa ‘allahu ‘alam. [ ]

Semarang, 23 Juni 2022
Ditulis di Rumah jam 05.40 – 05.50 WIB

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply