• Saturday, November 26th, 2022

Hidup di Dunia (Sangat) Mudah (Sekali)

Oleh Agung Kuswantoro

 

Dalam heningan malam hati berkata kepada otak saya seperti ini: “Hidup di dunia ini sangat mudah sekali”. “Misal: lapar, maka makan; haus, maka minum; capek, maka istirahat; gak punya uang, maka bekerja; pusing, maka healing; dan contoh-contoh lainnya”.

 

Artinya: segala sesuatu didunia sudah ada mekanisme “keduniaan”. Saya yakin mekanisme “keduniaan”, sebagian besar orang pasti paham. Hanya saja, siap tidak dengan mekanisme tersebut. Misal: rakyat-presiden; saat jadi rakyat, apakah siap? Pejabat – staf; saat jadi staf apakah siap? Sehat – sakit; saat sakit apakah siap?  Duduk – berdiri; saat duduk apakah siap? Contoh-contoh di atas hanya perumpamaan saja.

 

Justru yang terpenting adalah mekanisme “akhirat” yang jarang terpikir oleh manusia. Misal: saat dalam keadaan senang, bagaimana dengan ibadah solat malamnya? Saat sedang sibuk pagi hari, bagaimana dengan solat duhanya? Saat sedang bahagia, bagaimana menjaga perasaan bahagianya kepada orang lain yang sedang susah. Dan, contoh-contoh lainnya. Artinya: ada mekanisme “akhirat” yang perlu ditata saat hidup di dunia. Jadi, hidup di dunia tidak hanya berpikir mekanisme dunia saja, tetapi memanisme akhirat sangat lebih diperlukan dalam kehidupan ini.

 

Semoga pikiran dan hati kita mampu memahami kedua mekanisme itu, yaitu mekanisme dunia dan mekanisme akhirat. [].

 

Semarang, 27 November 2022

Ditulis di Rumah jam 12. 50 – 12. 55 Wib.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply