RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Identitas
- Nama Sekolah : SMA Negeri 2 Magelang
- Mata Pelajaran : Sosiologi
- Kelas/Program/Semester : X (sepuluh) / Ilmu-ilmu Sosial (IIS) / 2 (dua)
- Alokasi Waktu : 3 X 45 menit
- Materi Pokok : Metode Penelitian Sosial
- Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai, santun, responsif, dan pro-aktif ) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai dengan kaidah keilmuan.
- Kompetensi Dasar dan Indikator
No | Kompetensi Dasar | Indikator pencapaian kompetensi |
1 | 1.1 Memperdalam nilai agama yang dianutnya dan menghormati agama lain . | 1.1.1 Menghargai perbedaan satu sama lain sebagai wujud rasa syukur terhadap Tuhan YME. |
2 | 2.1 Merespon secara positif berbagai gejala sosial di lingkungan sekitar. | 2.1.1 Mampu berkomunikasi dan bersosialisasi dengan baik, serta mampu mengenal orang baru.
|
3 | 3.1 Menerapkan metode-metode penelitian sosial untuk memahami berbagai gejala social. | 3.1.1 Menentukan topik penelitian.
3.2.2 Merumuskan masalah dan tujuan penelitian. 3.3.3 Menentukan sample penelitian untuk melakukan penelitian sederhana dilapangan. |
4 | 4.1 Menyusun rancangan, melaksanakan dan menyusun laporan penelitian sederhana serta mengomunikasikannya dalam bentuk tulisan, lisan dan audio-visual. | 4.1.1 Menyusun rancangan penelitian sederhana serta mengkomunikasikannya dalam bentuk tulisan dan lisan. |
- Tujuan Pembelajaran
- Setelah mempelajari metode penelitian sosial, peserta didik diharapkan mampu menghayati nilai-nilai keagamaan yang dianutnya dan mnghormati agama lain.
- Setelah mempelajari metode penelitian sosial, peserta didik diharapkan mampu berkomunikasi dan bersosialisasi dengan baik, serta mampu mengenal orang baru.
- Setelah mempelajari metode penelitian sosial, peserta didik dapat menentukan topik penelitian sosial dengan tepat.
- Setelah mempelajari metode penelitian sosial, peserta didik dapat merumuskan masalah dan tujuan penelitian sosial minimal tiga.
- Setelah mempelajari metode penelitian sosial, peserta didik dapat menentukan sampel penelitian untuk melakukan penelitian sederhana di lapangan.
- Setelah mempelajari metode penelitian sosial, peserta didik dapat menyusun rancangan penelitian sederhana serta mengkomunikasikannya dalam bentuk tulisan dan lisan dengan baik
- Materi Ajar
- Menentukan topik penelitian
- Merumuskan masalah dan tujuan penelitian
- Menentukan sampel
- Metode, dan Pendekatan Pembelajaran
- Metode : Praktik, ceramah, diskusi, dan penugasan
- Pendekatan : Problem Base Learning
- Alat, dan Sumber Pembelajaran
- Alat : Laptop, LCD, proyektor, papan tulis, spidol
- Sumber : Buku Sosiologi Kelas X Kurikulum 2013 dan referensi lain yang relevan
- Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan | Deskripsi | Alokasi waktu |
Pendahuluan | Orientasi :
Guru memberikan gambar mengenai fenomena sosial yang dapat diteliti Apersepsi Guru menjelaskan rencana kegiatan saat itu dengan menyebutkan standar kompetensi, kompetensi dasar, serta indikator yang harus di capai dalam proses pembelajaran Motivasi Guru memberikan gambaran manfaat metode penelitian sosial Pemberian Acuan – Berkaitan dengan kajian ilmu yang akan dipelajari, yaitu mengenai metode penelitian sosial. – Acuan berupa penjelasan materi pokok jenis-jenis dan uraian materi pelajaran secara garis besar. – Pembagian kelompok belajar. – Penjelasan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar (sesuai dengan rencana langkah-langkah pembelajaran). |
10 menit |
Inti | Orientasi peserta didik kepada masalah
– Guru menjelaskan materi metode penelitian sosial – Guru memotivasi peserta didik untuk terlibat aktif dalam pemecahan masalah yang dipilih dengan melakukan penelitian sosial sederhana. Mengorganisasikan peserta didik – Guru membagi kelompok pada peserta didik yang terdiri dari 3 orang untuk melakukan penelitian sosial sederhana yang ada di lingkungan sekolah. – Guru membantu dan mengarahkan peserta didik dalam melakukan penelitian sosial sederhana di lingkungan sekolah. Membimbing penyelidikan individu dan kelompok Guru mendorong peserta didik untuk mengumpulkan informasi yang sesuai dengan penelitian sosial yang telah diamati, melaksanakan eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah mengenai penelitian sosial yang telah diambil. Mengembangkan dan menyajikan hasil karya Guru membantu peserta didik dalam merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai dengan hasil penelitian sosial yang diamati oleh setiap kelompok seperti membuat laporan sederhana dan mempresentasikan hasil penelitian sosial yang diamati sesuai dengan kelompok.
Menganalisa dan mengevaluasi proses Guru menambahkan dan mengevaluasi hasil belajar tentang materi metode penelitian sosial secara singkat. |
105 menit |
Penutup | – Guru memberikan soal evaluasi.
– Guru memberi tugas merapikan laporan hasil penelitian yang telah diamati sebelumnya. – Guru menyampaikan materi minggu depan dan meminta siswa untuk mempelajarinya. |
15 menit |
- Penilaian
- Penilaian sikap
- Observasi
- Penilaian diri
- Penilaian kognitif
- Tes
- Non Tes
- Penilaian Keterampilan
- Penilaian Kinerja
Magelang, 24 Mei 2015
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran Sosiologi
Kepala SMA N 2 Magelang
Drs.M. Arief Fauzan B., M.pd.,Si. Muhammad Agus Massholeh
NIP. 196201311985031008 NIM. 3401413129
Terimakasih atas info postingnya