Silabus Sosiologi Kelas XII SMA/MA Kurikulum 2013

Kompetensi Inti              :

KI 1   : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2   : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KI 3   : Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI 4   : Mengolah, menalar, menyaji dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Continue reading

Posted in SIlabus Sosiologi | Leave a comment

Silabus Sosiologi Kelas XI SMA/MA Kurikulum 2013

Kompetensi Inti              :

KI 1     : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2     : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KI 3     : Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI 4     : Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Continue reading

Posted in SIlabus Sosiologi | Leave a comment

Silabus Sosiologi Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013

Kompetensi Inti              :

KI 1    : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2    : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KI 3     : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI 4    : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Continue reading

Posted in SIlabus Sosiologi | 3 Comments

Contoh RPP Sosiologi SMA/MA Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 Identitas

  1. Nama Sekolah : SMA Negeri 2 Magelang
  2. Mata Pelajaran : Sosiologi
  3. Kelas/Program/Semester : X (sepuluh) / Ilmu-ilmu Sosial (IIS) / 2 (dua)
  4. Alokasi Waktu : 3 X 45 menit
  5. Materi Pokok : Metode Penelitian Sosial

Continue reading

Posted in Sosiologi | 1 Comment

“Mindring” Sebagai Budaya Kredit Masyarakat Desa”

Masyarkat desa yang umumnya berprofesi sebagai petani yang berpenghasilan tidak pasti dan hanya memenuhi kebutuhan hidupnya untuk jangka pendek belum berorientasi pada kebutuhan masa mendatang. Terkadang untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka harus berhutang kepada orang lain yang memiliki penghasilan lebih tinggi dari mereka agar mereka tetap dapat bertahan hidup. Karena masih sulitnya memenuhi kebutuhan pokok sehingga untuk memenuhi kebutuhan yang lain seperti pakaian, alat masak, dll. mereka perlu menukarkan hasil pertaniannnya untuk mendapatkan barang-barang tersebut.

Di masa kolonial, munculah sebuah sistem penjualan yang membeikan solusi bagi masyarakat petani di desa untuk mempermudah adanya pemenuhan kebutuhan hidup mereka. Sistem pembelian kredit yang dicetuskan oleh etnis cina dengan berjualan keliling menggunakan gerobak dimana mereka menjual kebutuhan hidup seperti, baju, celana, gelas, piring, panci, dll. Masyarakat dikala itu menyebutnya klonthong atau mindring. Hal inilah yang samapai saat ini masih bertahan dalam beberapa masyarakat desa di jawa ditengah persaingan jual beli di era modern. Continue reading

Posted in Antropologi dan Budaya | 5 Comments

“Feodalisme : Jurus Ampuh Kolonialisasi Hindia Belanda”

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, fe•o•dal /féodal/ a 1 berhubungan dengan susunan masyarakat yang dikuasai oleh kaum bangsawan; 2 mengenai kaum bangsawan (tt sikap, cara hidup, dsb); 3 mengenai cara pemilikan tanah pada abad pertengahan di Eropa. fe•o•da•lis•tis /féodalistis/ a bersifat feodal, sementara fe•o•dal•is•me /féodalisme/ n 1 sistem sosial atau politik yg memberikan kekuasaan yg besar kpd golongan bangsawan; 2 sistem sosial yg mengagung-agungkan jabatan atau pangkat dan bukan mengagung-agungkan prestasi kerja; 3 sistem sosial di Eropa pd Abad Pertengahan yg ditandai oleh kekuasaan yg besar di tangan tuan tanah.

Dalam id.wikipedia.org, Feodalisme adalah sebuah sistem pemerintahan di mana seorang pemimpin, yang biasanya seorang bangsawan memiliki anak buah banyak yang juga masih dari kalangan bangsawan juga tetapi lebih rendah dan biasa disebut vazal Continue reading

Posted in Antropologi dan Budaya | 9 Comments

“Saling Membahu dan Menjaga Kerukunan Melalui Tradisi Rewang di Desa”

Kehidupan di desa dikenal dengan kehidupan yang nyaman, rukun dan tentram. Masyarakat desa juga dikenal dengan masyarakatnya yang sederhana, tradisional, serta jauh dari materialistis dan individualis. Dimana masyarakatnya masih memegang tradisi-tradisi yang ada yang berupa nila-nilai budaya, norma-norma, dan aturan-aturan yang saling berkaitan, sehingga membentuk sistem budaya yang dari suatu kebudayaan yang mengatur kehidupan sosial masyarakat.

Di masyarakat jawa terdapat berbagai tradisi yang masih dilakukan hingga saat ini salah satunya tradisi rewang yang masih banyak kita jumpai di masyarakat jawa Continue reading

Posted in Antropologi dan Budaya | 2 Comments

”Tinggalkan Zona Nyaman, Dapatkan Pengalaman”

Dalam kamus mahasiswa pasti kita mengenal adanya mahasiswa “kupu-kupu” yang merupakan singkatan dari ‘kuliah pulang – kuliah pulang’. Istilah mashiswa “kupu-kupu” ditujukan bagi mahasiswa yang kesehariannya hanya pergi ke kampus untuk berangkat kuliah setelah selesai kuliah pulang ke kos istirahat, mengerjakan tugas, mencari hiburan, tidur, kemudian paginya berangkat ke kampus lagi, dan seterusnya seperti itu. Mungkin kita akan merasa nyaman dengan aktivitas itu sebagai mahasiswa, terlebih jika kita hanya mengejar prestasi akademik ketika kita kuliah, tentu saja banyak waktu yang bisa kita gunakan untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan dosen kepada mahasiswa agar tercapai target akademiknya. Akan tetapi, apakah hanya akademik saja yang perlu kita targetkan? Apakah kita sudah puas dengan prestasi akedimik yang tinggi? Continue reading

Posted in News | 3 Comments