Satuan Pendidikan : SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG
Mata Pelajaran/Peminatan : Sosiologi/Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : X / Semester 1
Materi Pokok : Gejala Sosial di masyarakat
Alokasi Waktu : 1 JP (3 x 45 menit)
- Kompetensi Inti (KI)
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong-royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa keingintahuanya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah kongret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
- Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
Kompetensi Dasar | Indikator pencapaian kompetensi |
1.1. Memperdalam nilai agama yang dianut dan menghormati agama lain.
|
1.1.1. Memahami keberagaman masyarakat sebagai karunia Tuhan Yang Maha Kuasa
|
2.2. Merespon secara positif berbagai gejala sosial di lingkungan sekitar
|
1.1.1. Memiliki pemahaman tentang keberadaan diri sendiri dan manusia di sekitarnya sebagai mahkluk sosial |
3.2 Menerapkan konsep-konsep dasar sosiologi untuk memahami hubungan sosial antarindividu, dan kelompok dan antar kelompok
|
3.1.1. Mampu mendeskripsikan hakikat tindakan sosial sebagai dasar dari hubungan-hubungan sosial di masyarakat
3.1.2. mampu Menyebutkan jenis-jenis tindakan sosial dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. 3.1.3. Mampu Mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi berlangsungnya gejala sosial. 3.1.4. Mampu Mengidentifikasi syarat-syarat untuk terjadinya interaksi sosial sebagai gejala-gejala sosial
|
4.2. Melakukan kajian, diskusi, dan menyimpulkan konsep-konsep sosiologi untuk memahami hubungan sosial antar individu, antara individu dan kelompok serta antar kelompok.
|
4.1.1. Membuat laporan hasil diskusi tentang gejala sosial yang terjadi di masyarakat, faktor-faktor pnyebab terjainya gejala sosial, dan cara menanggulangi gejala sosial di masyarakat. |
- Tujuan
- Melalui mengamati gambar tentang gejala sosial (C), peserta didik (A) dapat mengidentifikasikan gejala sosial dengan menggunakan konsep-konspe dasar sosiologi untuk memahami hubungan sosial di masyarakat (B) dengan benar (D).
- Melalui menanya dengan bapak atau ibu guru (C), peserta didik (A) dapat menguraikan gejala sosial dengan menggunakan konsep-konspe dasar sosiologi untuk memahami hubungan sosial di masyarakat (B) dengan benar (D).
- Setelah diskusi dengan teman sekelompok (C), peserta didik (A) dapat mengumpulkan informasi dari gambar tentang gejala sosial yang terjadi di masyarakat (B) minimal tiga (D).
- Melalui menganalisis gambar yang sudah ditampilkan (C), peserta didik (A) dapat merangkum gejala sosiologi dalam untuk memahami hubungan sosial di masyarakat (B) dengan benar (D).
- Melalui mempresentasikan (C), peserta didik (A) dapat memaparkan gejala sosial dengan menggunakan konsep-konsep dasar sosiologi untuk memahami hubungan yang terjadi di masyarakat (B) dengan tepat (D).
- Setelah menyimak penjelasan dan penguatan konsep dari guru (C), peserta didik (A) dapat membuat penyempurnaan hasil kerja kelompok tentang gejala sosial yang terjadi di masyarakat (B) dengan benar (D).
- Materi Pembelajaran
- Definisi gejala sosial
- Faktor-faktor penyebab gejala sosial
- Macam-macam gejala sosial di masyarakat
- Contoh-contoh gejala sosial di masyarakat
- Terjadinya perubahan sosial budaya di masyarakat
- Cara mengatasi gejala sosial di masyarakat
- Metode Pembelajaran
- Pendekatan pembelajaran : Discovery Learning
- Metode Pembelajaran : Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan
- Model pembelajaran : Problem Based Learning
- Media Pembelajaran
- Gambar tentang berbagai gelaja sosial yang terjadi di masyarakat.
- Video pembelajaran tentang penertiban peraturan lalu lintas oeh polisi.
- Alat dan Sumber Pembelajaran
- Alat
Proyektor, papan tulis, dan LCD
- Sember pembelajaran
- Buku:
- Sosiologi Untuk SMA/MA Kelas X, Idianto Mu’in, Penerbit Erlangga – Jakarta. 2013
- Pengantar Sosiologi, Kamanto Sunarto, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi – Universitas Indonesia, Jakarta: 1993
- Sosiologi Suatu Pengantar. Soerjono Soekanto, Raja Grafindo, Jakarta; 1990
- Interaksionisme Simbolik, Perspektif Sosiologi Modern, Riyadi Soeprapto, Averrroes Press, Malang: 2002.
- Artikel Koran
“Interaksi Simbolik Ibadah Haji” Fathorrohman, KOMPAS, Jum’at 20 Septermber 2013
- Masyarakat di lingkungan sekitar
- Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan | Alokasi Waktu | |
Pendahuluan | 1. Orientasi
Menyapa selanjutnya memeriksa kehadiran siswa dan kesiapan siswa belajar termasuk kebersihan ruang belajar. Memeberikan materi berupa video pembelajaran gejala sosial yang terjadi di masyarakat. 2. Apersepsi Menjelaskan secara garis besar materi pembelajaran yang akan dikaji, tujuan pembelajaran, rambu-rambu pembelajaran dan metode penilaian yang akan digunakan. 3. Motivasi Memberikan motivasi: Kita merasa nyaman hidup di tengah-tengah masyarakat sebab kita berinteraksi atau berhubungan dengan orang-orang di sekitar. Namun ada kalanya hubungan-hubungan tersebut tidak menyenangkan sebab terjadi kesalahpahaman dalam memaknai tindakan-tindakan orang lain di sekitar kita. Oleh sebab itu memahami interaksi sosial secara teoritis haruslah kita mulai untuk memahami fenomene sosial di masyarakat. 4. Pemberian acuhan Mengarahkan siswa untuk mengamati dan kaji literatur dan masyarakat setempat untuk memahami teori-teori interaksi sosial guna mengenali gejala-gejala sosial di masyarakat. Membagi siswa menjadi 6 kelompok, masing-masing kelompok diberi tugas (Tertulis dalam Kartu Pembelajaran), yaitu; Kelompok 1 dan 2 mengaji teori interaksi sosial simbolik serta contoh dan aplikasinya di dalam masyarakat, Kelompok 3 dan 4 mengaji teori interaksi sosial definisi situasi serta contoh dan aplikasinya di dalam masyarakat dan Kelompok 5 dan 6 mengaji teori dramaturgi serta contoh dan aplikasinya di dalam masyarakat.
|
10 menit |
Inti | 1. Stimulation (Stimulasi/pemberian rangsangan)
Ditampilkan gambar-gambar tentang gejala sosial yang terjadi di masyarakat, gambar 1 menunjukan pencemaran lingkungan yang ada di sungai, gambar 2 tentang kemiskinan di masyarakat, gambar 3 kepadatan penduduk, gambar 4 transmigrasi. Peserta didik melaksanakan pengamatan dengan anggota kelompok masing-masing sesuai dengan urutan gambar, kelompok satu mengkaji gambar nomor 1, dan seterusnya. Kemudian peserta didik mencoba menggali pertanyaan berhubungan dengan stimulus yang disajikan guru. 2. Problem Statemen (pertanyaan/identifikasi masalah) Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya setelah mereka mengamati gambar. 3. Data collection (pengumpulan data) Peserta didik mencari berbagai informasi melalui kerja kelompok untuk mengumpulkan informasi. Data -data yang dibahas tentang: a. Gejala sosial apa yang terjadi di masayarakat dalam gambar yang telah ditampilkan. b. Faktor-faktor penyebab gejala sosial c. Terjadinya perubahan sosial budaya di masyarakat d. Cara mengatasi gejala sosial di masyarakat
4. Data processing (pengelolahan data) Dari data yang telah dikumpulkan, maka peserta didik akan mengolah data tersebut menjadi sebuah analis.
Membuat laporan secara tertulis dan melaporkan hasilnya pada diskusi kelas. Dalam laporan ini secara terbuka menerima masukan-masukan penyempurnaan.
Membuat penyempurnaan hasil kerja kelompok berdasarkan dari kelompok lain dan pemaparan dari guru. |
25 menit |
Penutupan | · Mengajukan beberapa pertanyaan singkat untuk menguji pemahaman siswa tentang gejala sosial yang dipelajari dan prilaku apa saja yang harus dijalankan siswa sehubungan dengan pencapaian kompetensi sosial dalam materi pembelajaran tersebut.
· Memberikan pekerjaan rumah individu: Carilah dari berbagai sumber bentuk gejala sosial yang teradi di masyarakat.
|
- Penilaian
- Teknik dan Bentuk Penilaian
Penilaian dilakukan kepada siswa secara individu maupun berkelompok. Teknik penilaian non tes berupa penilaian kinerja (observasi) dan tugas kelompok. Sedangkan penilaian tes berupa pertanyaan uraian.
- Indikator Penilaian
- Penilaian Kinerja
Sub Materi Pokok | Indikator | Perintah/Tugas/Pertanyaan |
Gejala sosial di masayrakat | · Siswa menyelesaikan tugas kelompok dan individu dengan baik
· Siswa mampu membangun kerjasama dalam kelompok · Ketepatan hasil kerja kelompok sesuai dengan pedoman yang ada |
Lakukanlah pengamatan, diskusi, pengumpuluan data, pengolahan data, pembuktian, menyimpulkan dan penyusunan laporan tentang dari kajian tentang gejala sosial di masyarakat sesuai dengan gambar yang telah dibagikan setiap kelompok. |
Pedoman pengskoran adalah;
No | Skor | Deskripsi |
1 | 4 | Jika siswa terus tenerus/konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator |
2 | 3 | Jika siswa mulau konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator |
3 | 2 | Jika siswa mulai memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator tetapi belum konsisten |
4 | 1 | Jika siswa belum memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator |
Jumlah Skor
Skor Akhir : —————– x 100
12
Keterangan Nilai;
Rentang Skor | Deskripsi | Kualitatif |
< 25 | BT (Belum terlihat) | A = Memuaskan |
26 – 50 | MT (Mulai Terlihat) | B = Baik |
51 – 75 | MB (Mulai Berkembang) | C = Cukup |
76 – 100 | MK (Menjadi kebiasaan) | D = Kurang |
- Penilaian Tes Uraian
Sub Materi Pokok | Indikator | Perintah/Tugas/Pertanyaan |
Gejala sosial di masyarakat | · Peserta didik menjelaskan gambar yang telah ditayangkan sesuai dengan pembagian kelompoknya.
· Peserta didik menyebutkan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya gejala sosial. · Peserta didik mengidentifikasikan bagaimana cara menanggulangi atau menghadapai gejala sosial sesuai dengan gambar. . |
1. Jelaskan dengan kalimatmu sendiri gejala sosial apakah yang sudah ditampilkan di gambar sesuai dengan kelompokmu!
2. Apa sajakah faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya gejala sosial tersebut? 3. Jelaskan cara menanggulangi gejala sosial yang sudah ditampilkan di gambar sesuai dengan kelompokmu! |
Skor pada tes uraian ini 0 – 100, jadi untuk tiga pertanyaan skor akhirnya adalah;
Perolehan skor
Nilai akhir = ————————— X Skor Ideal ( 100 ) = …………
Skor Maksimal (300)
- Penilaian Tugas
Sub Materi Pokok | Indikator Tugas | Perintah/Tugas/Pertanyaan |
Gejala sosial di masyarakat | Membuat review dengan rumusan kata-kata sendiri dan menyebut sumber-sumber bacaan yang digunakan | Buatlah kesimpulan tentang gejala sosial yang terjadi di masyarakat, faktor-faktor penyebab, dan cara menanggulangi gelaja sosial di masyarakat. |
Pedoman Penilaian/penskoran adalah:
Indikator | Nilai | Deskripsi | |
Kualitatif | Kuantitatif | ||
Kalimat Pengantar | Menunjukkan kalimat pengantar yang menjadi latarbelakang kesimpulan yang diambil | ||
Ketepatan Isi | Kesesuaian antara pertanyaan dengan jawaban yang diolah dari informasi, argumen dan pesan-pesan dari materi pembelajaran yang dikaji | ||
Penutup | Memberikan kalimat penutup dan penguatan terhadap kesimpulan yang diambil | ||
Struktur logika Jawaban | Menggambarkan secara jelas tiap kalimat menjadi satu kesatuan kesimpulan | ||
Orisinalitas jawaban | Kesimpulan yang disampaikan merupakan hasil sendiri | ||
Penggunaan Bahasa | Disampaikan dengan pilihan kata dan susunan kalimat yang sesuai dengan EYD |
Skor pada tes uraian ini 0 – 100, jadi untuk tiga pertanyaan skor akhirnya adalah;
Perolehan skor
Nilai akhir = ————————— X Skor Ideal ( 100 ) = …………
Skor Maksimal (600)
Kode | N i l a i | |
Kuantitatif | Kualitatif | |
4 | 80 -100 | A = Memuaskan |
3 | 70 – 79 | B = Baik |
2 | 60 – 69 | C = Cukup |
1 | 45 – 59 | D = Kurang |
Catatan Kepala Sekolah/Pengawas:
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Semarang, 4 April 2015
Memeriksa/Menyetujui Disusun Oleh
Kepala SMA Islam Sultan Agung 1 Guru Mata Pelajaran Sosiologi
Drs. Sarjana Saka Mahardika Oktav N , S.Pd,
NIP. NIM. 3401413092 (Rombel 2)
Lampiran
- Gambar-gambar yang ditampilkan saat kegiatan stimulus.
- Gambar tentang pencemaran air di sungai.
- Gambar tentang kemiskinan.
- Gambar tentang kepadatan penduduk.
- Gambar tentang transmigrasi.
- Soal untuk penilaian test uraian.
- Jelaskan dengan kalimatmu sendiri gejala sosial apakah yang sudah ditampilkan di gambar sesuai dengan kelompokmu!
- Apa sajakah faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya gejala sosial tersebut?
- Jelaskan cara menanggulangi gejala sosial yang sudah ditampilkan di gambar sesuai dengan kelompokmu!
Jawaban untuk soal penilaian test uraian.
- Banyak gejala sosial yang terjadi di dalam lingkungan masyarakat karena kurang pedulinya terhadap lingkungan seperti contoh gambar yang banyak sampah tergenang dan tertumpuk di sungai, menyebabkan masalah lingkungan tersumbatnya aliran air yang akan mengakibatkan banjir dan penyakit di ingkungan.
-
- Faktor Kultural
Faktor ,misalnya lingkungan yang tidak mendukung ,sulitnya mencari pekerjaan,keterbatasan lapangan pekerjaan, dan lain sebagainya.
- Faktor Struktur
Dilihat dari pola-pola hubungan antaraindividu dan kelompok yang terjalin di lingkungan masyarakat.
- Dampak yang ditimbulkan dari gejala sosial di masyarakat sangat beragam, mulai dari dampak positif maupun negatif. Adanya dampak negatif di masyarakat harus menjadi perhatian khusus bagi kita, karena dapat merugikan orang lain. Untuk itu perlu adanya pengendalian sosial. Pengendalian sosial merupakan suatu proses yang dilakukan oleh individu maupun kelompok ,sehingga anggotanya dapat bertindak sesuai dengan harapan kelompok atau masyarakat .
Siapa saja yang berperan untuk mengendalikan gejala sosial yang bersifat negatif itu? Pihak-pihak yang ikut berperan untuk mengatasi gejala sosial yang ada di lingkungan masyarakat, antara lain.
Keluarga, Sekolah, Masyarakat ,Polisi, dan Media massa.
- Soal untuk penilaian tugas.
- Buatlah kesimpulan tentang gejala sosial yang terjadi di masyarakat, faktor-faktor penyebab, dan cara menanggulangi gelaja sosial di masyarakat!
Place your comment