Rumah Kompos

Rumah Kompos Universitas Negeri Semarang merupakan salah satu bentuk implementasi pilar konservasi yaitu pengelolaan limbah. Rumah Kompos ini merupakan salah satu rumah ilmu untuk warga Unnes dan warga sekitar kampus Unnes yang ingin belajar mengenai pengelolaan limbah. Pilar pengelolaan limbah memiliki tujuan untuk mengurangi, mengelola, mengawasi produksi sampah, dan memperbaiki kondisi lingkungan kampus Unnes untuk mewujudkan lingkungan yang bersih, indah, dan sehat.

Di Rumah Kompos, kita akan mendapat materi mengenai limbah dan cara pengelolaannya. Selain materi, kita dapat melihat langsung proses pembuatan pupuk kompos dan kita diizinkan untuk mempraktikannya sendiri.
Dengan adanya Rumah Kompos, warga Unnes diharapkan dapat mengetahui cara pembuatan pupuk kompos dengan baik dan dapat menerapkan pembuatan pupuk kompos di daerah lingkungan tempat tinggal masing-masing. Selain itu, warga Unnes juga diharapkan dapat melaksanakan kegiatan atau program pilar pengeloaan limbah, yaitu memanfaatkan kembali barang-barang yang tidak terpakai (reuse), mengurangi kegiatan yang menghasilkan sampah (reduce), melakukan daur ulang (recycle), dan melakukan pemulihan fungsi fasilitas-fasilitas Unnes yang telah berkurang pemanfaatannya (recovery).

#2 Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: