Hello semuanya…

Kali ini saya akan posting materi tentang diferensiasi sosial. Materi ini meupakan bahasan pada sisw SMA kelas X di mata pelajaran antropologi. Materi ini sangat relevan dengan indonesia yang notabene negara pluralitas. Yuk simak bareng-bareng…

Diferensiasi Sosial

Indonsesia merupakan negara dengan varietas yang tinggi dari mulai budaya, agama, suku bangsa, dan lain sebagainya, dari zaman dulu hingga sekarang indonesia tidak pernah berubah, mash menjadi indonesi yang beragam. Kondisi ini membuat bangsa indonesia harus mempunyai pemersatu dari keberagaman tersebut. Oleh karena itu munculah semboyan bhineka tunggal ika yang artinya walaupun berbeda-beda tetapi tatap satu jua. Keberagaman indonesia disebut dengan diferensiasi sosial. Konsep diferensiasi sosial tidak selalu dterjemahkan sebagai suatu peredaan derajat dan martabat manusia, namun konsep dari diferensiasi sosial lebih juga menunjukan pebedaan pada masyarakat tanpa memandang kelas-kelas sosial secara hierarkis. Ini menunjukan bahwa diferensiasi sosial menunjukan perbedaan secara horizontal bukan vertical.

Berikut adalah ciri-ciri diferensiasi sosial, yaitu:
1. Ciri fisik

Pada ciri fisik ini lebih melihat kepada manusia secara fisik yang dapat dilihat oleh mata manusia. Seperi bentuk tubuh, warna kuliat, dan tinggi badan suatu ras. Yang kita ketahui ras di dunia ini teragi menjdi tiga yaitu ras mongoloid, negroid, dan kaukasoid. Inti dalam ciri fisik ini adlaah melihat anugrah Tuhan sebagai manusia yang dapat dilihat dengan kasat mata.

2. Ciri sosial

Manusia merupakan mahluk sosial yang saling membutuhkan bantuan dari manusisa lainnya. Dalam ciri sosial ini berhubungan dengan fungsi masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat yang memliki fungsi dan tugas yang berbeda-beda. Berkaitan dengan profesi atau pekerjaan seseorang untuk kepentingan diri sendiri maupun kepentingan sosial. Perbedaan jenis profesi ini menunjukan bahwa setiap manusia dianugrahi bakat dan minat yang berbeda serta mempunyai fungsi dan manfaat yang berdeda.

3. Ciri budaya

Indoendia mempunyai budaya dan adat istidat yang berbeda-beda dari sabang hingga merauke tidak ada angka yang pasti untuk menghitung jumlah budaya di indonesia. Oleh karena itu perbedaan semacam itu tidak bisa di bedakan berdasarkan nilai kebenaran karena kebudayaan bersifat fleksibel.

Daftar pustaka
Materisma.com. 2014. Pengertian diferensiasi sosial. Materisma.com

Materi diatas sudah diposting oleh blog milik Mufita Wafiana. untuk lebih memahami materi diatas silahkan untuk buka link berikut:

Materi Pembelajaran Antropologi Kelas X tentang Diferensiasi Sosial