Bentuk dan Berbagai Manfaat dari Tanaman Jeruk Nipis

Jeruk Nipis

Deskripsi Tanaman

Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) telah dikenal sejak lama sebagai tanaman yang kaya manfaat. Buahnya berasa pait, asam dan sedikit dingin, tetapi manfaatnya sangatlah beragam.

Menurut Dr. Setiawan Dalimartha, anggota Sp3T (Sentra Pengembangan dan Penerapan pengobatan Tradisional) DKl Jakarta, air buah jeruk nipis dapat digunakan sebagai penyedap masakan, minuman, penyegar, bahan pembuat sitrat, serta membersihkan karat pada logam dan kulit kotor. Bisa juga sebagai campuran jamu.

Sebagai herbal alami, jeruk nipis berkhasiat untuk menghilangkan sumbatan vital energi, obat batuk, peluruh (mukolitik), peluruh kencing (diuretik) dan keringat, serta membantu proses pencernaan.

Jeruk nipis mengandung minyak terbang limonene dan linalool, iuga flavonoid, seperti poncirin,hesperidine, rhoifolin dan naringin. Kandungan buahnya yang masak adalah synephrine dan N-methyltyramine, selain asam sitrat, kalsium, fosfor, besi dan vitamin A, B1, dan C. Asam sitratnya mampu mencegah kekambuhan pada pasien Pasca operasi batu ginial.

Manfaat dan Khasiat Tanaman

Tidak hanya sebagai’minuman yang menyegarkan, jeruk nipis juga memiliki manfaat medis yang tinggi. Air, buah, dan daunnya dapat dijadikan obat bagi penyakit hipertensi,desentri, dan vertigo. Jeruk nipis iuga dapat menghilangkan bau mulut dan membakar lemak. Selain itu, masih banyak lagi manfaat lain dari ieruk nipis.lngin tahu?

Jeruk nipis Punya banyak manfaat. Selain menjadi minuman yang menyegarkan, buah yang sudah dikonsumsi ribuan tahun yang lalu ini juga bisa mencegah dann menyembuhkan berbagai macam penyakit. Memang ada begitu banyak jeruk, antara lain ieruk keprok,jeruk manis, jeruk sitrun, jeruk sambal, jeruk nipis, jeruk mandarin, masih banyak lagi yang lainnya. Akan tetapi, dari segi tidak ada satu pun yang menyamai jeruk nipis. Jeruk nipis merupakan tumbuhan perdu dengan banyak  cabang. Tingginya bisa mencapai enam meter. Daunya berbentuk bulat telur dan bertangkai.Bunganya bintang berwarna putih. Batangnya berkayu keras dan biasanya berbuah setelah 2,5 tahun. Buahnya berbentuk bulat dengan permukaan yang licin, berkulit tipis, dan berwarna hijau kekuningan jika sudah tua. Tanaman ini diduga berasal dari daerah India sebelah utara. Buah jeruk nipis mengandung banyak air dan vitamin c yang tinggi. Daun, buah, dan bunganya, mengandung minyak terbang limonin dan linalool. Biasanya jeruk nipis tumbuh dengan baik di daerah dataran rendah yang banyak terkena sinar matahari. Masyarakat di Belanda terutama yang berdiam di kota- kota besar seperti Amsterdam, Den Haag, dan Rotterdam, telah mengenal manfaat jeruk nipis sejak beberapa abad lalu. begitu pula masyarakat di Arnerika Serikat. Mereka mulai mengenal manfaat jeruk nipis sejak zaman lndian kuno.Ohio State Biotechnology centre di kota columbus, ohio, Amerika Serikat, pernah melakukan penelitian terhadap jeruk nipis.

Hasilnya, jeruk nipis kaya akan vitamin dan mengandung sejumlah mineral. Jeruk nipis yang berkhasiat adarah jeruk nipis yang masih segar, berkulit tipis, serta berwarna hijau kekuningan.Selain buah, akar, daun, dan bunga jeruk nipis sering digunakan sebagai obat. Menurut dr prapti Utami, buah jeruk Nipis mengandung beberapa zat yang bermanfaat bagi tubuh, antara lain, asam sitrun, glukosa, lemak, minyak atsiri, vitamin kalsium, fosfor, belerang, dan asam amino.

Minyak daun jeruk nipis dapat menghambat pertumbuhan staphylococcus aureus (kuman pada kulit). jeruk nipis dapat digunakan sebagai obat kumur pada penderita sakit tenggotokan. Bau harumnya membuat  tak sedap ketika kita berkumur. Kulitnya, bila ditahan di dalam mulut, bisa mengharumkan atau mengurangi bau mulut tak sedap dan mengatasi radang karena mengandung zat asam yang dapat mematikan kuman.

Karena berbagai kandungan minyak dan zat yang ada di dalamnya, ieruk nipit lugt dimanfaatkan untuk mengatasi disentri, sembelit, ambeien, haid tak teratur,difteri,ierawat,kepala pusing atau vertigo, suara serak, batuk ,bau badan, menambah nafsu makan, mencegah rambut rontok. ketombe, flu, demam, terlalu gemuk, amandel, penyakit anyang-anyangan (kencing terasa sakit), Mimisan, dan radang hidung.

Buah ieruk nipis rasanya pahit’ asam’ sedikit dingin dan berkhasiat untuk menghilangkan sumbatan vital energy.Dapat digunakan sebagai obat batuk,peluruh dahak,peluruh keringat, dan membantu proses Pencernaan. Rasa jeruk nipis yang asam bisa membantu membersihkan nikotin yang terdapat pada gigi dan mulut perokok. Kandungan limonin yang terdapat pada jeruk nipis dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah yang secara tidak langsung menurunkan hipertensi. Dengan meminum air ieruk nipis secara teratur, tiap pagi, siang dan malam, akan terbangun kestabilan dan kerampingan badan. Air jeruk nipis iuga dapat mencegah batuk. Tidak hanya itu, jeruk nipis dapat membuat pori-pori kulit menjadi.lebih kecil dan melenyapkan lemak pada kulit yang berminyak. Daging buahnya bisa mengurangi panas pada perut.

Resep Pengobatan

Bagaimana memanfaatkan jeruk nipis sebagai herbal yang membantu penyembuhan penyakit. Berikut ini beberapa resep yang dapat anda coba :

  1. Ambeien

Sebanyak 10 gr akar pohon jeruk nipis dicuci bersih, lalu direbus dengan air 1 liter selama , ½  jam,lalu saring. Diminum hangat-hangat 3 kali sehari.

  1. Amandel

Kulit 3 jeruk nipis dicuci, dipotong-potong, lalu direbus dengan 2 gelas air hingga airnya tersisa 3/4, saring. Air tersebut dipakai untuk berkumur-kumur. Lakukan 3-4 Kali sehari.

  1. Anyang-anyangan

Dua jeruk nipis dicuci, diperas lalu diberi gula batu secukupnya dan 1 gelas air panas. Aduk hangat-hangat, minum sekaligus sehari sekali.

  1. Batuk

Satu jeruk nipis dicuci, diperas, dicampur dengan 1 sendok makan madu dan sedikit garam, aduk hingga rata lalu disaring. Diminum z-3 kali sehari. Atau perasan jeruk nipis ditambah sepotong gula batu lalu diaduk hingga rata, diminum r kali sehari sampai sembuh.

  1. Batuk disertai lnfluenza

Potong sebuah jeruk nipis masak dan mengandung air yang cukup banyak, lalu peras. Seduh air perasannya dengan air 60 cc air panas.Tambahkan ½ sendok the air kapur sirih sambil diaduk rata. Minum ramuan ini 2 kali sehari 2 sendok makan.

Klik Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.