Manfaat Buah Semangka untuk kesehatan

Buah semangka merupakan buah yang kaya akan kandungan air, warna buah ini umumnya berwarna merah. Seiring perkembangan kemajuan zaman pembudidayaan semangka dapat menghasilkan berbagai jenis varian antara lain, semangka kuning dan semangka tanpa biji. Rasa buah semangka relatif manis dan kandungan air dalam buah semangka sebesar 90 persen. Tak heran buah ini sangat disukai saat musim panas atau cuaca sedang terik sebab buah semangka segar dapat dijadikan jus atau dikonsumsi langsung yang dapat menghilangkan rasa dahaga kita. Buah semangka sendiri sangat cocok ditanam didaerah tropis, maka tak heran sangat mudah sekali untuk menemukan buah ini di pasar tradisonal ataupun modren. Namun tahukah anda? Selain menjadi buah penghilang dahaga, ternyata semangka mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, sebab buah semangka mengandung berbagai zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti antioksidan, mineral, vitamin, kalium, betakaroten, vitamin C dan serat yang sangat diperlukan oleh tubuh agar tetap fit dan sehat. Jadi apa saja manfaat semangka untuk kesehatan tubuh kita? Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasannya sebagai berikut.

Manfaat Buah Semangka untuk kesehatan

  • Menjaga jantung tetap sehat.

Kandungan likopen dalam buah semangka dapat menjaga organ jantung kita tetap sehat.

  •  Menjaga Organ Mata.

Kandungan Vitamin A yang melimpah pada buah semangka dapat menjaga dan mempertajam indra penglihatan kita.

  • Menjaga Sistem imun.

Kandungan vitamin C yang melimpah pada buah semangka dapat menjaga sistem kekebalan tubuh kita, agar tidak mudah terserang penyakit.

  • Menjaga tubuh dari radikal bebas.

Kandungan karotenoid pada buah semangka dapat menetralisir radikal bebas seperti polusi udara, asap kendaraan bermotor dll yang masuk dalam tubuh.

  • Menjaga kesehatan tulang.

Kandungan kalium dalam buah semangka juga dapat menjaga kesehatan tulang kita, agar tulang tetap kuat dan tidak gampang rapuh.

  • Melancarkan Urine.

Semangka dapat membantu melancarkan urine saat kita buang air kecil yang dapat menyehatkan organ ginjal kita.

  • Mengurangi Berat badan.

Jika anda sedang mengalami obesitas atau kegemukan, buah semangka dapat membantu anda supaya berat badan turun dengan alami. Sebab semangka mempunyai citruline yang dapat mengurai lemak berlebih dalam tubuh.

Klik Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.