Manfaat Buah Tomat Untuk kesehatan

Tomat merupakan buah yang kaya akan manfaat dan kegunaan, bentuk buah tomat ini cendrung bulat oval dan berwarma merah. Namun ada juga yang berwarna hijau. Di indonesia sendiri sangat mudah sekali untuk membudidayakan buah tomat ini. Biasanya tomat di gunakan ibu-ibu untuk keperluan bumbu masak sehari-hari entah itu dibuah sambal, campuran sayur, ataupun salad. Memang tomat mempunyai banyak manfaat dan kegunaan. Namun tahukan anda? Tomat juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Mari kita simak apa saja sih manfaat tomat untuk kesehatan. Ulasannya adalah sebagai berikut:

Manfaat Buah Tomat Untuk kesehatan

  • Dapat Memperlancar Pencernaan.

Untuk manfaat buah tomat ini, kita mulai dari buah tomat dapat memperlancar pencernaan. Ya, memang benar, dalam buah tomat banyak mengandung serat yang dapat memperlancar sistem pencernaan kita. Untuk yang sulit BAB cobalah makan buah tomat setiap hari agar pencernaan menjadi lancar kembali.

  • Menjaga Kesehatan Kulit.

Buah tomat dapat menjaga kulit anda tetap sehat dan mulus. Karena kandungan beta karoten yang ada di buah tomat sama halnya yang terkandung dalam ubi jalar dan wortel. Kandungan Beta karoten dalam buah tomat dapat melindungi kulit kita dari kerusakan yang di sebabkan paparan sinar matahari. Tidak hanya itu kandungan likopen dalam buah tomat juga dapat melindungi kita dari sinar UV. Seperti yang kita tahu sinar UV dapat membuat kulit menjadi berkerut dan garis-garis halus.

  • Kesehatan Mata Terjaga.

Dalam buah tomat mengandung sekitar 1.500 SI vitamin A. Manfaat vitamin A Sendiri kita sudah tahu, yaitu dapat menjaga kesehatan Mata. Karena vitamin A ini berfungsi mengubah molekul paparan Cahaya yang kita lihat akan di proyeksikan dalam bentuk gambar dan di kirim ke Otak. Jadi jika seseorang kekurangan vitamin A, dapat mengakibatkan gangguan mata.

  • Menurunkan Berat Badan.

Buah tomat sering di jadikan menu untuk program diet, karena tomat mengandung banyak air dan serat, yang dapat memberi rasa kenyang dan tahan lama di perut. Menu diet biasanya seperti Salad, sup, jus dan lain lain.

  • Mencegah Pembekuan Darah.

Zat dalam buah Tomat bermanfaat untuk mengurai darah agar tidak menggumpal. Karena pembekuan atau penggumpalan darah dapat mengakibatkan Penyakit Stroke, karena darah yang menggumpal dapat mengakibatkan saluran darah tersumbat dan suplai darat ke organ menjadi berkurang. Jika terjadi penyumbatan di jantung maka dapat menyebabkan stroke. Maka sangat penting sekali zat dalam tomat untuk tubuh kita, agar darah tidak membeku dan menggumpal.

  • Dapat mencegah batu ginjal.

Banyak penelitian menyatakan seseorang yang rutin mengkomsumsi buah tomat akan terhindar dari penyakit batu ginjal dan empedu.

  • Membantu Penglihatan menjadi Tajam.

Tomat kaya akan vitamin A. Dan vitamin A juga sangat diperlukan untuk mata agar penglihatan menjadi tajam dan mencegah gangguan Mata. Penelitian terbaru juga telah menyatakan seseorang yang rutin konsumsi tomat dapat terhindar dari rabun dan kebutaan.

Klik Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.