Perbedaan Antara Charger dan Adaptor

Tak sedikit orang yang masih bingung mendefinisikan perbedaan antara charger dan power adaptor. Hal ini mungkin karena kedua alat tersebut memiliki beberapa persamaan di fisiknya yang antara lain sama-sama terdiri dari rangkaian penurun tegangan, penyearah arus dan regulator. Charger dan adaptor juga sama-sama menghasilkan tegangan.

Postingan kali ini kita membahas perbedaan antara charger dan power adaptor.

Charger – aksesoris elektronik yang umumnya bersifat sebagai converter AC ke DC yang tegangan outputnya relatif kecil. Charger banyak digunakan di banyak piranti seperti handphone, camera dan di banyak paralatan elektronik lainnya.

Charger menggunakan tegangan yang konstan atau tetap dan frekuensinya statis berfungsi untuk memberi muatan baterai/accu.

Sedangkan power adapter adalah perangkat elektronik yang mengkonversi power, umumnya terdiri dari rangkaian trafo dan dioda penyearah. Selain itu tegangan outputnya bisa veriatif mulai 3v, 5v, 9v, 12v dan seterusnya. Selain tegangan, ada juga adapter yang outputnya bisa diatur menjadi AC atau DC. Perangkat ini banyak digunakan walkman, laptop, printer sebagai penyuplai daya.

Secara mudahnya Charger adalah perangkat yang berfungsi sebagai pengisi muatan listrik terhadap catu daya (baterai/accu) sedangkan adapter adalah perangkat yang berfungsi untuk menyuplai daya ke perangkat elektronik lainnya.
Sumber disini
Keep Spirit Elektro UNNES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.