Rangkaian Sensor Cahaya

Rangkaian Sensor Cahaya yang berfungsi sebagai pengubah dari energy cahaya menjadi energy listrik yang pada pelajaran sicence sendiri termasuk pelajaran yang membahas tentang sebuah rangkaian tentang suatu benda. Seperti contoh rangakaian sensor cahaya, sensor suara, dan sensor gerak. Untuk mempelajari dibutuhkan pemahaman yang mendalam dari suatu kumparan. Khusus untuk rangkain sensor menggunakan cahaya, ada beberapa kasus umum seperti efek rumah kaca yang menggunakan cahaya matahari sebagai sumber energy listriknya. Komponen yang biasanya

digunakan ada 3 yaitu LDR atau biasa disebut dengan Light Dependent Resistor. Dioda Foto atau Photo Diode dan yang terkhir adalah Transistor Foto atau photo transistor. Ketiga komponen tersebut adalah unsur utama dalam kumparan rangkaian sensor cahaya.

Gambar Skema Rangkaian Sensor Cahaya

Rangkaian Sensor Cahaya

Ada beberapa jenis jenis rangkaian sensor cahaya, yang pertama adalah fotoresistor yang berfungsi sebagai pengubah resistansi ketika mengenai cahaya. Yang kedua, Sel matahari berguna untuk menghasilkan tegangan dan memberikan arus listrik ketika mengenai cahaya. Yang ketiga adalah Fotodiode yang dapat digunakan pada mode fotovoltaik maupun fotokonduktif. Yang keempat adalah fototransistor digunakan untuk menggabungkan salah satu metode penyensoran di atas. Dan yang terakhir adalah tabung cahaya yang mampu memancarkan electron ketika mengenai cahaya dan umumnya bersifat sabgai fotoresistor. Didalam pelajaran dasar Ilmu Pengetahuan alam, ada 2 macam rangkaian sensor cahaya yaitu rangkaian seri dan rangkaian parallel. Rangkaian seri adalah rangkaian yang mempunyai rangkaian yang sejajar dengan sumber tenaga sedangkan pararel adalah rangkaian yang mempunyai rangkaian secara acak.

LDR adalah salah satu komponen penting dalam rangkaian sensor cahaya. LDR adalah satu komponen elektronika yang memiliki hambatan yang bisa berubah sesuai dengan perubahan intesnsitas cahaya. Hambatan dari LDR akan berkurang seiiring semakin besarnya intensitas cahaya yang mengenai permukaanya. Besarnya hambatan LDR itu berbeda dan tergantung sesuai dengan bentuk dan ukuranya. Semakin rapat pola garis di permuakaan kumparan, biasanya perubahan hambatanya akan semakin besar dan bisa bersifat lebih sensitive terhadap cahaya. Dalam sensor cahaya LDR dipasang seri dengan Variabel Resistor atau (VR) yang berukurukan 20k.

 

Sumber : https://komponenelektronika.biz/rangkaian-sensor-cahaya.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.