Ardhi Prabowo
Catatan Kegiatan dan Aktifitas Saya di dunia pendidikan, kemahasiswaan, jurnal ilmiah, pelatihan, dan kegiatan profesional lainnya
Informasi Awal Perkuliahan
Categories: Info/Materi Kuliah

Saya mengampu 5 mata kuliah berbeda, yaitu: Matematika Ekonomi, Kewirausahaan, Pemrograman Komputer, Bahasa Inggris Matematika, dan Bahasa Inggris Pendidikan Matematika 2. Ada satu kesamaan pelaksanaan perkuliahan untuk semua MK tersebut, yaitu menggunakan Project Based Learning. Saya menentukan proyek-proyek apa yang akan dilakukan mahasiswa, negosiasi mengenai proyek yang baik, sampai dengan bagaimana nilai mereka diperoleh. Pada akhirnya pertemuan pertama itu telah dapat membuat mahasiswa berpikir apa yang akan mereka kerjakan dalam satu semester ini.

Berikut adalah rangkuman diskusi proyek dan hasil negosiasi yang akan dikerjakan oleh mahasiswa. MK yang sama belum tentu kesepakatannya juga sama. Silakan diamati berdasarkan rombel yang diikuti. Selamat kuliah.


 

MATEMATIKA EKONOMI, ROMBEL SELASA PUKUL 10.00

1. Mahasiswa menyadari bahwa MK Matek bukanlah belajar menjadi wirausahawan, namun lebih kepada menggunakan konsep matematika di dunia ekonomi.

2. Ada 2 project untuk mata kuliah matematika ekonomi, yaitu: KAJI LITERATUR dan KAJI EMPIRIK

3. KAJI LITERATUR, dijelaskan dengan:
a. ulas singkat konsep matematika terkait topik
b. deskripsi relevansi konsep matematika dengan kegiatan perekonomian, dijelaskan dengan kasus-kasus ekonomi
c. Masalah atau soal yang untuk dipecahkan kawan

Tagihan yang harus diserahkan:
a. Resume materi (docx)
b. Paparan presentasi (pptx)
c. Notulen presentasi

4. KAJI EMPIRIK, dijelaskan dengan:
a. menemukan pelaku UKM
b. menemukan masalah yang akan dibantu
c. melakukan analisis dan memberikan rekomendasi atas hasil analisisnya

Tagihan yang harus diserahkan adalah LAPORAN dan BUKU PUTIH, dengan format:
a. Alasan pemilihan pelaku UKM dan Deskripsi usahanya
b. Masalah yang akan dipecahkan
c. Data dan analisisnya
d. Hasil analisis
e. Simpulan dan rekomendasi

5. NH diperoleh dari kegiatan presentasi (3)
NUTS dari hasil KAJI LITERATUR (3)
NUAS dari hasil KAJI EMPIRIK (4)


MATEMATIKA EKONOMI, ROMBEL SELASA, PUKUL 15.30

1. Mahasiswa menyadari bahwa MK Matek bukanlah belajar menjadi wirausahawan, namun lebih kepada menggunakan konsep matematika di dunia ekonomi.

2. Ada 2 project untuk mata kuliah matematika ekonomi, yaitu: KAJI LITERATUR dan KAJI EMPIRIK

3. KAJI LITERATUR, dijelaskan dengan:
a. ulas singkat konsep matematika terkait topik
b. deskripsi relevansi konsep matematika dengan kegiatan perekonomian, dijelaskan dengan kasus-kasus ekonomi
c. Masalah atau soal yang untuk dipecahkan kawan

Tagihan yang harus diserahkan:
a. Resume materi (docx)
b. Paparan presentasi (pptx)
c. Notulen presentasi

4. KAJI EMPIRIK, dijelaskan dengan:
a. menemukan pelaku UKM
b. menemukan masalah yang akan dibantu
c. melakukan analisis dan memberikan rekomendasi atas hasil analisisnya

Tagihan yang harus diserahkan adalah LAPORAN dan BUKU PUTIH, dengan format:
a. Alasan pemilihan pelaku UKM dan Deskripsi usahanya
b. Masalah yang akan dipecahkan
c. Data dan analisisnya
d. Hasil analisis
e. Simpulan dan rekomendasi

5. NH diperoleh dari KAJI LITERATUR (3)
NUTS dari nilai TES UTS (3)
NUAS dari hasil KAJI EMPIRIK (4)


BAHASA INGGRIS PENDIDIKAN MATEMATIKA 2, ROMBEL RABU, PUKUL 10.00

Tujuan khusus:
1. Mahasiswa dapat membaca jurnal internasional yang dipilihkan, memaparkan resumnya (pptx dan docx dalam bahasa Indonesia) dengan bahasa sendiri (bahasa Inggris) – kelompok
2. Mahasiswa dapat memilih jurnal internasional yang sesuai dengan skripsinya, merangkum dalam maksimum 2 halaman berbahasa Indonesia spasi 1, memaparkan dalam (ppt berbahasa Indonesia), dalam bahasa Inggris – individu

Jadi ada 2 tugas:
1. Tugas kelompok (sesuai dengan tujuan 1), tagihannya adalah:
a. pptx (dalam bahasa Indonesia)
b. resume bentuk docx (dalam bahasa Indonesia), untuk docx maksimum 2 halaman.
c. Notulen hasil presentasi (dalam bahasa inggris)

Tugas kelompok yang baik itu adalah:
– Selesai tepat waktu (ppt harus tepat waktu), docx dan notulen saya tagihkan tepat pada tanggal 11 Mei 2016

2. Tugas Individu (sesuai dengan tujuan 2), tagihannya adalah:
a. Jurnal internasional yang sudah disetujui dosen
b. resume bentuk docx, lengkap dengan komentar atas jurnal tersebut (dalam bahasa Indonesia), untuk docx maksimum 2 halaman.
c. Pptx (dalam bahasa Indonesia)

Tugas individu yang baik itu adalah:
– Tepat waktu, lengkap
– Ada relevansi antara jurnal dan rencana topik skripsi
– Jurnal yang diajukan memuat informasi setidaknya: pentingnya penelitian tersebut dilakukan, metode penelitiannya aplicable (dapat ditiru oleh pembaca), dan hasil serta pembahasannya jelas.
NH (3) : Kehadiran/ Keaktifan parameternya:
– Performance presentasi (menguasai materi atau tidak) – individu
– Performance kelompok (pembagian kerja)
– Kuantitas Bertanya
– Kualitas pertanyaan
– Kualitas jawaban
NUTS (4) : N.TK
NUAS (3) : N.TI


MATEMATIKA EKONOMI, ROMBEL KAMIS, PUKUL 7.30

1. Mahasiswa menyadari bahwa MK Matek bukanlah belajar menjadi wirausahawan, namun lebih kepada menggunakan konsep matematika di dunia ekonomi.

2. Ada 2 project untuk mata kuliah matematika ekonomi, yaitu: KAJI LITERATUR dan KAJI EMPIRIK

3. KAJI LITERATUR, dijelaskan dengan:
a. ulas singkat konsep matematika terkait topik
b. deskripsi relevansi konsep matematika dengan kegiatan perekonomian, dijelaskan dengan kasus-kasus ekonomi
c. Masalah atau soal yang untuk dipecahkan kawan

Tagihan yang harus diserahkan:
a. Resume materi (docx) – ditagihkan pada jadwal UTS (28 April 2016)
b. Paparan presentasi (pptx)
c. Notulen presentasi – (docx ditagihkan pada jadwal UTS (28 April 2016)

4. KAJI EMPIRIK, dijelaskan dengan:
a. menemukan pelaku UKM
b. menemukan masalah yang akan dibantu
c. melakukan analisis dan memberikan rekomendasi atas hasil analisisnya

Tagihan yang harus diserahkan adalah LAPORAN dan BUKU PUTIH, dengan format: (ditagihkan pada jadwal UAS)
a. Alasan pemilihan pelaku UKM dan Deskripsi usahanya
b. Masalah yang akan dipecahkan
c. Data dan analisisnya
d. Hasil analisis
e. Simpulan dan rekomendasi

5. NH diperoleh dari kegiatan presentasi, kehadiran, dan keaktifan (3)
– penguasaan materi
– team work
– kuantitas bertanya
– kualitas pertanyaan
NUTS dari hasil KAJI LITERATUR (3)
NUAS dari hasil KAJI EMPIRIK (4)
Catatan: ada perbedaan nilai untuk jenis UKM (contoh: bakul cilok dan bengkel mobil)


KEWIRAUSAHAAN, ROMBEL KAMIS, PUKUL 15.30

Tujuan:
– Menghasilkan wirausaha baru (6 rintisan usaha kecil mahasiswa)

Perkuliahan dengan:
– dengan Project Based Learning
– penilaian Portofolio

Portofolio ditagihkan dari karya mahasiswa berupa:
1. Hasil Analisis potensi (Softcopy, ditagihkan H+24jam)
2. Hasil Analisis rencana usaha(Softcopy, ditagihkan H+24jam)
3. Rencana Bisnis (Softcopy, ditagihkan H+3hari)
Portofolio yang baik:
1. Realistis
2. Aplicable
3. Tepat waktu

Proyek diperoleh dari kegiatan RINTISAN USAHA MAHASISWA, ditagihkan dalam bentuk:
1. Buku putih (kegiatan wirausaha)
2. Laporan kegiatan wirausaha, dengan format:
a. Alasan pemilihan usaha
b. Perlengkapan yang dibutuhkan (besar modal, peralatan, dsb)
c. Analisis rencana keuangan (BEP Volume, BEP Modal, RoI, dsb)
d. Hasil wirausaha
e. Simpulan
Proyek yang baik:
1. Untung/ direncanakan untung
2. Sustain (bisa dilanjutkan atau keberlanjutannya terjamin)

NH: +- 80 (2)
N.UTS dari portofolio (3)
N.UAS dari proyek wirausaha (5)


BAHASA INGGRIS MATEMATIKA, ROMBEL JUMAT PUKUL 7.00

Tujuan akhir perkuliahan Bahasa Inggris Matematika 2:
• Mahasiswa mampu membaca buku text matematika yang berbahasa inggris

Bahwa Matematika:
– Aljabar: Kalkulus; Analisis Real; Analisis Kompleks; Program Linier
– Geometri: Datar; Ruang; Transformasi; Non-Euclid
– Statistika: Parametris; Non-Parametris

Perkuliahan:
Project Based Learning (pembelajaran berbasis proyek):
Proyek akhir perkuliahan, tersebut:
– Memilih buku (disarankan softcopy), bukan dari yang diberikan dosen; antar kawan, buku yang dipilih bisa jadi sama. (catatan: buku text matematika yang tebalnya min. 100 halaman PDF, boleh dikerjakan sebanyak-banyaknya 10 orang)
– Menentukan kata-kata yang sulit (istilah-istilah) di bidang matematika. Contoh: supremum, infimum, relative maximum, etc.
– Memaknai kata tersebut dengan kalimat sendiri (bahasa indonesia)
– Menerjemahkan minimum 10-15 halaman di pdf tersebut.

Tagihan yang harus diserahkan:
– Softcopy buku (jika buku yang dibahas sama, maka hukumnya menjadi fardhu kifayah)
– Softcopy Word/Docx, dengan format:
BAB 1. Alasan Pemilihan Buku;
BAB 2. Istilah-istilah penting;
BAB 3. Terjemahan buku
– TUGAS INI DISERAHKAN SELAMBATNYA PERTEMUAN TERAKHIR SEBELUM MINGGU TENANG (10 Juni 2016)
– Subject: ING-TA-NIM

Perkuliahan mingguan:
– Hampir sama, namun 1 buku akan dikerjakan oleh seluruh mahasiswa.
– Masih tetap sama, setiap mahasiswa akan bekerja di 5 halaman pdf dari buku; mencari istilah-istilah matematikanya, dan mengartikannya sesuai dengan apa yang diketahui.
– Mengartikannya/ menerjemahkan dalam presentasi, yang dipresentasikan adalah:

Tagihan yang harus diserahkan:
a. Daftar istilah dan maknanya (softcopy) – Deadline H+7 dari saat kuliah
(Subject: ING-Buku1-M1-NIM)
b. PPt untuk presentasi – deadline pengumpulan H+3 (senin), setelah jadwal presentasi kedua. (Subject: ING-Buku1-M2-NIM)
c. Kirim email: [email protected]

Perkuliahan di minggu:
2 : Diskusi istilah-istilah di buku Introduction to Real Analysis. Robert G. Bartle
3 : Presentasi dari sebagian mahasiswa
4 : Presentasi dari sebagian mahasiswa
Perkuliahan minggu berikutnya, menyesuaikan dengan buku yang berbeda.

NH : Presentasi (Kecakapan materi, penguasaan bahasa Inggris)
N.UTS : Portofolio (M1+M2) dari seluruh buku
N.UAS : Nilai Proyek Akhir


Demikian, semoga informasi yang terbuka ini membantu mahasiswa untuk bekerjasama dengan lebih bertanggungjawab. Salam

 

 

 

 

 

 

Comments are closed.