Salah satu media yang saya tugaskan pada mahasiswa adalah membuat media pembelajaran berbasis aplikasi android. Sebagai salah satu media pembelajaran, maka aplikasi yang dibuat juga harus memenuhi standar media yang ada di jurusan matematika Unnes, yang salah satunya adalah memiliki apersepsi.
Apersepsi sendiri adalah sebuah kegiatan di awal pembelajaran yang ditujukan untuk mempersiapkan peserta didik belajar. Dalam apersepsi, guru bisa jadi menguatkan kembali materi prasyarat, atau menyajikan masalah kontekstual untuk membangun penasaran siswa, atau bisa jadi hanya membuat siswa bahagia dengan bersenandung atau bercerita.
Dalam perkuliahan Media Pendidikan Matematika 3, apersepsi yang saya inginkan dapat berupa film atau gambar bercerita. Jika film singkat terlalu besar untuk sebuah aplikasi di AppInventor, maka gambar bercerita sudah cukup untuk dapat membangun apersepsi siswa. Beberapa hal yang diperlukan untuk membuat gambar bercerita antara lain: tentu saja, beberapa gambar yang akan dijadikan cerita. Namun, syaratnya adalah gambar tersebut diberi nama depan sama, dan diakhiri dengan 1, 2, 3, …, contoh: gambar1.jpg, gambar2.jpg, gambar3.jpg dst.
Jika seluruh file sudah diunggah dalam media di AppInventor, berikut ini adalah puzzle untuk gambar bercerita: