Mahasiswa S1 dapat melakukan riset DDR melalui 3 jalan, yaitu:
- Jalur Transposisi
- Jalur Obstacle
- Jalur Praxeology Analysis
Jalur ketiga, yaitu jalur praxeologi analysis tidak saya sarankan untuk mahasiswa S1, walaupun bisa dilakukan. Kenapa? Karena praxeology analysis memerlukan pengalaman mengajar yang cukup. Sedangkan mahasiswa S1, tentu tidak memiliki pengalaman tersebut.
Jalur transposisi bisa dihasilkan melalui aktivitas transposisi oleh Chevallard.
Sedangkan jalur obstacle dapat dilewati melalui jalur sebagai berikut:
- Analisis Prospektif, Metapedadidaktik, analisis retrospektif. —-
- Mengidentifikasi hambatan belajar siswa
- Terjun ke sekolah
- Lakukan observasi pembelajaran (bisa duduk observasi, atau mengajar)
- Temukan hambatan belajar (ontogenik, didactik, epistemologi)
- Wawancara pada siswa, pada guru
- Aalisis RPP/ MAnya
- Mengembangkan desain pembelajaran baru