Skip to content


Artikel Penganguran

images

Mendengar kata pengangguran di Indonesia memang sudah tidak asing lagi di telinga kita, begitu banyak pengangguran di negeri kita ini tidak hanya di pelosok daerah saja yang masih banyak pengangguran di kota-kota besarpun misalkan bekasi yang dekat dengan ibu kota saja masih begitu banyak pengangguran pada umumnya pengangguran di sebabkan karena jumlah angkatan kerja atau para pencari kerja tidak sebanding dengan lapangan pekerjaan yang tersedia yang mampu menyerapnya sehingga sangat sulitnya mendapatkan pekerjaan karena setiap tahun jumlah orang yang mencari pekerjaan semakin bertambah.

            Menurut sumber informasi yang saya dapat bahwa jumlah pengangguran di kota bekasi, terus melonjak bahkan tiap tahun jumlahnya tidak mengalami penurunan. Pada 2009 saja angka pengangguran mencapai 41.700 orang sementara tahun ini hingga Juli 2010 tercatat sebanyak 19 ribu orang masih belum mendapat perkerjaan. Sedang hingga Desember sampai nanti angka pengangguran terus bertambah.

41 ribu hingga 43 ribu jiwa yang masih belum mendapatkan pekerjaan. Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bekasi pernah menawari pekerjaan sebagai tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri  ternyata tidak diminati oleh segelontir para pengangguran yang ada di kota bekasi, dikarenakan tingkat pengamanan yang rendah bagi  para TKI untuk tinggal di luar negeri.

            Hal ini jika di biarkan terus menerus akan berdampak pada perekonomian di lingkungan sekitarnya karena dengan adanya pengangguran  produktivitas dan pendapatan masyarakat akan berkurang sehingga menimbulkan kemiskinan dan masalah sosial, tingkat pengangguran yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan kekacauan politik, keamanan dan sosial sehingga mengganggu pertumbuhan dan pembangunan ekonomi, akibat jangka panjang adalah menurunnya GNP dan pendapatan perkapita suatu negara.

            Tingkat pengangguran dan tingkat kesejahteraan lainnya di kota bekasi memang belum seutuhnya bisa di atasi oleh pemerintahan daerah. Ironis memang mendengar kata  pengangguran di kota yang memang pembangunannya bisa di bilang sudah banyak perkembangan dan sudah bisa di bilang sebagai kota industri tetapi rakyatnya masih banyak yang belum mendapatkan pekerjaan yang layak dan masih terjadi ketimpangan ekonomi. Sepertinya Pemerintahan daerah perlu kerja ekstra untuk menangani hal ini, perlu adanya pengelolaan yang benar soal pengangguran di kota bekasi.

                                                            ANALISIS

 

Banyak faktor-faktor penyebab terjadinya pengangguran di kota bekasi ini berikut adalah beberapa dari sekian banyak yang menyebabkan tingkat pengngguran masih menjadi permasalah di negri kita ini.

  • Kurangnya lapangan pekerjaan di kota bekasi yang dapat menampung para pencari kerja yang memang semakin banyak setiap tahunnya.
  • Minimnya pendidikan yang di dapat sehingga masyarakat tidak mempunyai keterampilan lebih.
  • Terjadinya transmigrasi yang tidak teratur sehingga banyaknya pendatang yang masuk ke kota bekasi setiap tahunnya meningkat yang menyebabkan jumlah pengangguranpun meningkat.
  • Kurangnya perhatian pemerintanh terhadap masyarakat yang membutuhkan pekerjaan.
  • Banyak perusahaan yang merekrut para pekerja dari luar kota sehingga masyarakat yang ada di bekasi banyak yang menganggur.

Masalah ketenagakerjaan di Indonesia sekarang ini sudah mencapai kondisi yang cukup memprihatinkan di tandai dengan jumlah pengangguran dan setengah menganggur yang cukup besar, pendapatan yang relatif rendah dan kurang merata yang akan menimbulkan tingkat keresahan sosial dan kriminal.

            Melihat kejadian-kejadian tersebut harus ada upaya-upaya atau strategi yang di lakukan DPRD kota bekasi dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Pemerintah harus dapat mengupayakan agar perusahaan lebih mengutamakan menerima penduduk asli untuk bekerja karena penduduk asli yang lebih berhak menikmati lapangan pekerjaan di daerahnya dan seharunya pemerintah setempatpun membuat program pemberian pinjaman atau kredit kepada warganya untuk mengembangkan usaha dan memperbaiki perekonomiannya sehingga tingkat pengangguran di kota bekasi bisa di atasi dan tingkat kesejahteraanpun semakin meningkat.

Masalah ini harus segera di carikan jalan keluar atu upaya sebelum ledakan jumlah pengangguran di kota bekasi semakin meningkat. Yang terpenting adalah di wujudkannya program pendidikan gratis agar para anak-anak usia sekolah dapat bersekolah warga bekasi harus menjadi masyarakat yang siap menghadapi kompetisi mencari pekerjaan dengan bekal pendidikan yang cukup hal itu akan meminimalisir pengangguran di masa mendatang dan wilayah kota bekasipun memiliki potensi besar yaitu dari letak wilayah yang dekat dengan ibu kota, jumlah penduduk yang lumayan besar sehingga mampu menarik investor untuk mendirikan perusahaan atau industri, melihat dari gambaran tersebut harusnya masalah pengangguran di kota bekasi sudah bisa di atasi di sini perlu adanya kerjasama antara penduduk dan pemerintah.

Posted in ANTROPOLOGI.


7 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

  1. putri novitasari says

    penulisan kurang rapi karena ada yang menjorok ke kanan dan ada yang tidak. terimakasih

  2. Vivin Asafirda says

    kasih judul yang lebih menarik lagi ya kak

  3. ignasia intan says

    Judulnya kaka diperbaiki lagi ya hehe

  4. Siti Fatimah says

    bagus kak

  5. Rani Meilina Siswoyo says

    kayaknya agak kurang rapi dikit rum, ada yang menjorok di awal paragraf, dan ada yang tidak hehe



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.