instalasi mikrotik routerOS

Instalasi Mikrotik RouterOS

Mikrotik adalah salah satu vendor peralatan jaringan yang cukup terkemuka. Produk mikrotik terkenal dengan kestabilan dan kaya akan fitur, serta tingkat keamanan yang tinggi. Selain produk utamanya berupa routerboard, Mikrotik juga mengeluarkan Sistem Operasi Jaringan yang mernama Mikrotik RouterOS. dengan RouterOS, kita dapat merubah PC Desktop biasa menjadi sebuah server atau router yang handal.
 
Berikut saya akan ulas beberapa tampilan serta langkah instalasi Mikrotik RouterOS:
1. Siapkan peralatan berupa sebuah desktop PC serta CD instalasi mikrotik. anda dapat mendownloadnya secara gratis di https://www.mikrotik.com/download. Perlu saya ingatkan, Mikrotik bukanlah sistem operasi gratis. anda harus memasukkan nomor lisensi dalam waktu 24jam setelah instalasi atau konfigurasi anda akan hilang.
2. Nyalakan PC, arahkan boot ke CD. maka tampilan loading akan terlihat.
3. Pilih layanan yang akan anda butuhkan. Layanan tersebut meliputi IPv6, DHCP, Hotspot, dan masih banyak lagi (penjelasan serta langkah konfigurasi akan saya berikan di tahap selanjutnya, fokus ke instalasi terlebih dahulu). tekan spasi untuk memilih, tombol arah sebagai kursor, dan a untuk pilih semua (dapat dibaca sendiri). setelah itu tekan I untuk menginstall.
 
4. do you want to keep old configuration? no. kita pilih no karena instalasi mikrotik yang kita gunakan adalah ‘fresh install’. Dengan demikian file-file konfigurasi lama di harddisk akan terhapus.
5. Konfigurasi bahwa mikrotik akan menghapus semua data lama. Tekan y (yes) untuk melanjutkan.
6. Proses instalasi berjalan.
7. Setelah semua layanan terpasang, mikrotik akan meminta anda untuk merestart sistem.
8. Login dengan username admin dan kosongkan password (tekan saja enter 2x).


9. Instalasi selesai.

SUMBER:https://andregatemedia.blogspot.co.id/2012/10/instalasi-mikrotik-routeros.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: