Cara Mengatasi Komputer Yang Lambat

Cara Mengatasi Komputer Yang Lambat

komputer yang lambat
Loading Siput


Cara Mengatasi Komputer Yang Lambat – Ketika komputer kita melambat dalam hal performa atau prosesnya, apa yang Anda rasakan? jawabannya bisa Anda tebak sendiri :D. Saya juga pernah merasakan hal yang sama, ingin sekali membanting komputer tersebut. Padahal spesifikasi komputer lumayan tinggi dan cepat dalam pemrosesan.

Pada dasarnya untuk mengatasi masalah komputer yang terasa melambat adalah dengan melakukan perawatan secara berkala. Lalu mengapa kinerja komputer melambat? dan apakah penyebabnya? Mari kita cari tahu tentang Cara Mengatasi Komputer Yang Lambat.
Biasanya komputer lambat sering terjadi karena beberapa faktor sebagai berikut :
1. Komputer lambat karena kekurangan Memory
Masalah komputer melambat karena minimnya RAM/Memory yang terpasang. Untuk itu Anda bisa mengecek sendiri berapa RAM komputer kita, apakah sudah sesuai standar untuk keperluan Anda sendiri. Kalau belum, coba Anda upgrade RAM tesebut dan sesuaikan dengan spesifikasi komputer Anda agar tidak terjadi overheat.
2. Komputer lambat karena terlalu banyak program yang terinstal.
Anda wajib memeriksa program/aplikasi apapun yang sudah terinstal di komputer yang notabene tidak terpakai atau sama sekali anda tidak memerlukannya. Cara untuk meng-uninstalnya Anda bisa klik Control Panel di Start Menu kemudian Add/Remove Program dan pilih program yang akan di uninstal caranya klik kanan program tersebut lalu uninstal.
3. Komputer lambat karena banyaknya startup programs.
Hal ini sangat berkaitan dengan point nomor 2, semakin banyak program yang terinstal, maka semakin banyak pula program dan service yang akan dijalankan ketika windows startup. Anda bisa mematikan semua start up dengan cara tekan tombol Jendela (Window) + R lalu ketikan: msconfig pilih tab start up disable semua kecuali service antivirus (biasanya nama servicenya itu adalah nama antivirus tersebut) lalu Apply – Ok – Restart.
4. Komputer lambat karena Temporary File yang sudah membengkak.
Penyebab komputer lambat yang ke empat adalah sudah membengkaknya file-file temporary (sementara). Untuk Windows Xp lokasi file tersebut ada di:”C:\Documents and Settings\nama_user\Local Settings\Temp” dan”C:\WINDOWS\Temp”. Cara membersihkannya Anda tinggal download aplikasi CCleaner Pro maupun Free yang berguna untuk membersihkan bekas-bekas file yang sudah di buka berupa temporary, cache dan old prefech data.
5. Komputer lambat karena banyaknya program yang berfungsi sebagai “security program”
Security program seperti program antivirus dan firewall merupakan aplikasi tambahan yang harus ada pada komputer. Namun, alangkah baiknya Anda tidak menginstal aplikasi tersebut secara berlebihan karena akan menimbulkan crashing terhadap antivirus-antivirus tersebut (pengalaman Saya antivirus 1 menganggap antivirus lainnya adalah virus, begitupun sebaliknya).

Jika Anda memang menginginkan antivirus lebih, Anda bisa menggabungkan antivirus buatan Indonesia yaitu SmadAV dengan antivirus luar. Kenapa memilih SmadAV? Karena, antivirus tersebut sangat ramah dengan antivirus lain (bukan promosi, tapi berdasarkan pengalaman).

6. Komputer lambat karena masalah pada Hard Disk
Hard Disk merupakan perangkat keras kedua setelah RAM yang bisa menyebabkan komputer menjadi lambat. Banyak masalah komputer lambat yang disebabkan oleh Hard Disk tersebut, diantaranya :
  • hardisk low space
  • hardisk yang terfragmentasi
  • hardisk yang sudah lama, sehingga RPM-nya menurun
  • hardisk error/bad sector
Cara mengatasi komputer lambat karena masalah pada hard Disk diatas adalah:
  • upgrade kapasitas hardisk dengan menambah atau ganti hardisk
  • lakukan defragmenter pada hardisk secara berkala
  • hindarkan hardisk dari debu, goncangan dan panas berlebih.
  • perbaiki kerusakan pada hardisk dengan tool checkdisk.
7. Komputer lambat karena adanya virus, malware atau spyware pada komputer.
Ya, penyebab komputer lambat juga bisa terjadi karena ada serangan dari virus, malware atau spyware yang bisa menghancurkan file-file di komputer kita. Anda bisa membunuh virus dengan antivirus yang Anda percayai bisa menghancurkan virus tersebut, atau gunakan tools virus killer seperty salitykiller buatan Kaspersky Lab (cari di google).
8. Komputer lambat karena System Files ada yang corrupt atau bahkan hilang.
Biasanya terjadi setelah komputer terinfeksi virus dan file-file yang terinfeksi tersebut terlanjur rusak atau terdelete oleh antivirus. Hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara merepair sistem tersebut memakai CD OS yang Anda gunakan
9. Komputer lambat karena masalah hardware overheat.
Hardware overheat baik itu terjadi pada hard disk, vga card, processor atau cpu secara umum bisa menyebabkan menurunnya kinerja komputer yang pada akhirnya komputer menjadi hang, lambat atau bahkan sering restart. Untuk itu pastikan sirkulasi udara pada bagian dalam CPU berjalan dengan baik begitu juga pada fan (kipas angin) harus bersih dari debu dan dapat berputar dengan lancar.
10. Komputer lambat karena adanya masalah konektifitas pada jaringan/network.
Hal ini bisa terjadi karena trafic jaringan yang tinggi, hub atau switch yang hang atau adanya virus yang mencoba masuk ke sistem komputer kita. Untuk mengatasinya, coba lepas dan pasangkan kembali konektor RJ45 pada LAN Card atau Reset LAN, restart Switch/hub dan gunakan program Port scanner untuk melihat packet data apa saja yang masuk dan keluar dari komputer kita.
sumber:https://solusikompi.blogspot.co.id/2014/11/cara-mengatasi-komputer-yang-lambat.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: