Cara Menutup Program Yang Mengalami Hang Melalui Command Prompt

Cara Menutup Program Yang Mengalami Hang Melalui Command Prompt

Khafizh Amrullah on Windows On 6:30 AM with No comments

cara-viz.blogspot.com:: Bagi pengguna Windows, pasti sudah tidak asing dengan yang namanya hang atau error. Aplikasi yang dijalankan pada Windows terkadang mengalami hang atau error karena berbagai faktor. Dan kalau sudah seperti itu, tidak ada cara lain selain menutup aplikasi atau program tersebut. Kebanyakan orang akan menutup aplikasi yang mengalami hang dengan menggunakan Task Manager.

Tapi tahukah Anda bahwa Task Manager bukan satu-satunya alat yang dapat digunakan untuk menutup aplikasi yang hang tersebut. Ada alat lain yang dapat digunakan, yaitu CMD (Command Prompt). Dan langsung saja, akan saya paparkan tentang cara menutup program yang mengalami hang atau error dengan menggunakan Command Prompt.

Menutup Program yang Mengalami Hang Melalui CMD

Pertama, jelas Anda harus membuka Command Prompt sebagai Adminstrator terlebih dahulu. Caranya tekan tombol Windows kemudian ketikkan cmd lalu klik kanan pada cmd tersebut, dan pilih Run as Administrator.

Kemudian ketikkan perintah tasklist untuk menampilkan daftar program yang sedang dijalankan.

Setelah daftar programnya keluar, Anda dapat menutup program-program tersebut dengan 2 pilihan, menggunakan Image Name atau PID.

Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengetikan perintah taskkill. Pada contoh kali ini saya akan menutup program Notepad. Jadi tuliskan perintah seperti berikut, taskkill / IM notepad.exe /F (sesuai Image Name) atau taskkill /PID 4928 /F (sesuai PID).

Huruf “F” pada akhir perintah berfungsi untuk menutup program tersebut secara cepat. Dan jika semua proses berjalan dengan benar, maka akan muncul pemberitahuan seperti pada gambar dibawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: