Troubleshooting Router Mikrotik

Troubleshooting Router Mikrotik

 

Setiap router miktrotik di design untuk hidup selama 24 jam 7 hari berturut – turut. Jika router mikrotik Anda yang sudah berbulan – bulan atau bahkan bertahun – tahun berjalan normal tiba tiba tidak bekerja sebagaimana mestinya, jangan panik dulu. Pertama kita harus pikirkan terlebih dahulu apakah perangkat tersebut masih bisa kita cek dan perbaiki sendiri atau perlu klaim garansi. Seperti halnya bidang kedokteran, kita perlu tahu penyakit yang diderita pasien dan apa sebabnya. Hal tersebut diterapkan juga di dunia IT yang biasa disebut dengan troubleshooting, yakni mencari sumber masalah secara sistematis sehingga masalah tersebut bisa diatasi. Berikut tips untuk troubleshooting router Mikrotik.

 

Sebelum cek hal yang lebih detail, cek terlebih dahulu kondisi fisik router. Apakah kabel tercabut atau indikasi ketidakberesan secara fisik lainya. Anda bisa juga coba perhatikan bunyi beep dan nyala lampu indikator LED ethernet atau indikator LED Power saat kabel power dihubungkan. Jika router masih bisa bunyi beep, Anda bisa ikuti step selanjutnya dengan cek proses booting. Ada beberapa router yang tidak memiliki beeper, untuk routerboard jenis seperti ini, selama indikator LED power menyala, anda bisa ikuti langkah perbaikan selanjutnya.

 

Jika Anda memiliki kabel serial dan router Anda adalah jenis router yang memiliki port serial, Anda bisa melihat proses booting router mikrotik. Anda bisa cek apakah proses booting normal atau ada masalah, seperti misalnya kernel panic. Kernel panic menyebabkan router gagal booting, sehingga router tidak dapat di remote dan membuat router tidak berjalan sebagaimana mestinya. Biasanya kernel panic dikarenakan lonjakan listrik yang tidak stabil atau terlalu sering mematikan router tanpa proses shutdown via software. Nah, dari tahapan cek awal tadi nantinya kita bisa menentukan langkah perbaikan awal.

Tombol Reset

Ketika router Anda mengalami kerusakan ringan, misal karena kesalahan setting sehingga router tidak dapat diremote. Pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan ada dengan melakukan reset konfigurasi. Reset konfigurasi bisa dilakukan dengan menggunakan tombol reset yang terdapat di setiap board mikrotik, letaknya mungkin berbeda – beda tergantung jenis router. Pada router indoor, dibagian casing biasanya terdapat lubang kecil dengan keterangan “Reset” didekatnya. Sedangkan untuk router outdoor, Anda perlu membuka casing terlebih dahulu. Contoh gambar tombol reset :

 

Untuk melakukan reset konfigurasi pada routerboard bisa dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :

 

  • Lepas power adaptor.
  • Tekan tombol reset yang biasanya terletak di dekat power jack dengan keterangan “RES”. Ada juga yang terletak dibalakang board seperti RB2011series.
  • Sambil tetap ditahan tombol resetnya, tancapkan power adaptornya.
  • Tunggu kurang lebih 5 detik, atau indikator LED ACT blink sekali, dan lepaskan tombol resetnya.
  • Biarkan router melanjutkan proses booting, dan router anda sudah kembali ke default konfigurasi.

Hard Reset

Jika sudah mencoba melakukan reset menggunakan tombol reset namun proses reset belum berhasil, Anda bisa lakukan hard reset. Pada beberapa produk tertentu, Anda harus membuka casing untuk bisa melakukan hard reset . Jangan khawatir, kami tidak memasang segel pada casing router sehingga memungkinkan untuk buka casing. Pada bagian board, akan ada tembaga berbentuk lingkaran namun satu sisi dengan sisi lainnya tidak saling terhubung, jadi seperti huruf C yang saling berhadapan. Lebih jelasnya, silahkan lihat gambar dibawah ini :

 

 

Untuk produk yang sudah embedded sepeti RB750, RB751U-2HnD, dll biasanya ada lubang dibagian bawah. Di dalam lubang tersebut akan terlihat tembaga seperti yang kami sebutkan tadi. Untuk melakukan hard reset pada router anda, silahkan ikuti langkah berikut:

 

  • Matikan power adaptor router anda
  • Sambungkan/short sisi-sisi yang terpotong jumper hole dengan pinset/obeng.
  • Contoh reset hole seperti pada gambar dibawah
  • Sambil tetap ditahan reset holenya, anda nyalakan power adaptor anda.
  • Tunggu -+30 detik, kemudian lepaskan jumper reset hole anda
  • Selesai, router anda sudah tereset.

 

Saat anda melakukan reset konfigurasi, semua konfigurasi yang ada didalam router akan dihapus, termasuk username dan password anda. Untuk login setelah reset, anda bisa menggunakan username=admin, password=(kosong tidak usah diisi)

Netinstall

Ketika router mengalami gagal booting karena system corrupt, perbaikan tidak dapat dilakukan dengan cara reset. Namun Anda harus melakukan Netinstall. Langkah ini mungkin menjadi langkah terakhir untuk pertolongan pertama pada router yang bermasalah. Netinstall adalah salah satu cara untuk melakukan install ulang router.

Untuk langkah  yang harus dilakukan saat netinstall, Anda bisa pelajari video berikut : https://www.mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=25

 

Beberapa router tidak memiliki port serial, sehingga kit tidak dapat mensetting BIOS router via serial console supaya booting via ethernet. Solusinya adalah dengan menggunakan tombol reset. Persiapannya hampir sama dengan video netinstall diatas, akan tetapi tanpa kabel serial. Untuk cara melakukan netinstall router tanpa menggunakan kabel serial, Anda bisa ikuti langkah berikut :

 

  • Cabut power adaptor router anda
  • Tekan tombol reset kecil yang ada di router anda, dan anda tahan.
  • Sambil tetap ditahan, anda nyalakan power adaptornya
  • Tunggu beberapa saat, nanti di program Netinstall anda akan muncul mac-address dari router anda. Selanjutnya, lakukan installasi seperti di video link sebelumnya.

 

Troubleshooting  diatas merupakan langkah awal sebelum Anda melakukan klaim garansi pada saat router mengalami kerusakan yang masih dalam taraf kerusakan ringan.  Dalam artian router masih menyala ketika dikoneksikan kabel power.  Jika tidak ada bunyi beep dan indikator LED ether mati atau Anda sudah mencoba semua langkah daiatas namun belum juga berhasil, silahkan isi formulis RMA untuk melakukan klaim garansi.
sumber:https://mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=58

Pilihan Buah yang Bagus untuk Diet Secara Alami

Pilihan Buah yang Bagus untuk Diet Secara Alami

Pilihan Buah yang Bagus untuk Diet Secara AlamiAda beberapa buah yang bagus untuk diet yang dapat membantu menurunkan berat badan secara alami. Kaya akan serat yang membantu mengefisienkan pencernaan dan rendah kalori menjadi alasan utama buah-buahan tersebut cocok untuk dikonsumsi selama melakukan program diet. Hampir seluruh program diet yang sehat dan ideal menganjurkan konsumsi buah-buahan. Sayuran dan buah-buahan menjadi salah satu yang wajib dalam menu diet mayo. Mengonsumsi buah saat tidak melakukan diet pun akan membuat berat badan terjaga dan tubuh tidak melar.

Selain untuk tujuan diet, kandungan gizi dan vitamin yang ada di dalam berbagai jenis buah-buahan juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Jadi pada dasarnya mengonsumsi buah bukan hanya ditujukan atau diwajibkan untuk orang yang sedang diet saja, tetapi juga untuk semua orang sehat agar tetap bisa menjaga kesehatannya. Diet sehat adalah sebuah program yang mengatur pola makan dan pola hidup untuk menjadi lebih sehat dan lebih baik yang bertujuan agar berat badan berlebih bisa segera berkurang. Banyak sekali program diet yang diciptakan dan sudah dipublikasikan. Akan tetapi, ternyata juga cukup banyak orang yang program dietnya gagal. Kira-kira apa penyebabnya?

Mengonsumsi Buah yang Bagus untuk Diet Agar Berat Badan Cepat Turun

Sebagian besar kesalahan yang biasanya dilakukan oleh seseorang yang pada akhirnya gagal di akhir program dietnya adalah mereka yang tidak mengimbanginya dengan pola makanan yang sehat dan juga tidak diimbangi dengan berolahraga. Terkadang ada orang yang benar-benar tidak suka buah dan hanya mengonsumsi sayur. Meskipun kelihatannya sepele, tetapi peranan buah tentu tidak bisa digantikan sepenuhnya dengan sayuran. Berolahraga secara rutin selama Anda menjalankan program diet juga sangat penting. Hal-hal inilah yang menjadi kunci sukses menguruskan badan secara alami.

Lalu, buah apa saja yang cocok untuk membantu menurunkan berat badan? Berikut selengkapnya.

1. Pisang

Buah pisang adalah salah satu jenis buah yang sangat mudah ditemukan di daerah-daerah tropis seperti di Indonesia. Dan di sekitar rumah Anda, Anda juga pasti tidak akan kesulitan menemukan pohon pisang atau penjual buah pisang. Pada dasarnya banyak sekali manfaat atau khasiat yang bisa Anda dapatkan dari buah pisang ini. Dan salah satu manfaatnya adalah untuk melancarkan program diet Anda. Pisang memiliki kandungan serat dan tinggi dan juga sangat rendah kalori, sehingga sampai saat ini buah pisang masih menjadi buah yang bagus untuk diet dan banyak disukai oleh orang karena rasanya yang juga lezat. Selain itu buah yang identik dengan warna kuning atau hijau ini juga mengandung karbohidrat kompleks yang baik untuk diet.

2. Apel

Buah yang bagus untuk diet selanjutnya adalah buah apel. Jenis buah yang terkadang berwarna merah, hijau atau kuning ini adalah salah satu buah yang rasanya lezat dan nikmat untuk dibuat menjadi berbagai olahan. Sebut saja jus apel, keripik apel, dan sebagainya. Buah apel ini adalah jenis buah yang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dan sangat baik dikonsumsi sehari-hari. Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, Anda bisa mengganti camilan Anda dengan buah apel. Sama seperti buah pisang, apel juga mengandung serat yang tinggi sehingga bagus untuk pencernaan. Selain itu, tanpa Anda sadari ketika Anda menggigit buah apel, buah apel bisa menjaga kesehatan gigi Anda.

3. Pepaya

Buah pepaya adalah salah satu buah pendamping diet yang sangat bagus dan banyak manfaatnya. Seperti yang kita ketahui bersama, buah pepaya adalah salah satu jenis buah yang kandungan seratnya sangat tinggi sehigga dengan mengonsumsi buah pepaya Anda juga bisa membantu memelihara kesehatan pencernaan Anda. Lalu apa hubugannya dengan diet? Tentu saja ada, jadi jika saluran pencernaan bekerja dengan baik, maka tumpukan lemak yang ada di dalam tubuh pun akan ikut terbuang dari tubuh dan proses penurunan berat badan semakin cepat. Selain untuk orang yang sedang diet, bagi Anda yang baru saja hamil atau para lansia buah pepaya sangat banyak manfaatnya untuk melancarkan buang air besar.

sumber:https://dedaunan.com/pilihan-buah-yang-bagus-untuk-diet-secara-alami/

Delapan Buah yang Mengandung Vitamin E Terbanyak

Delapan Buah yang Mengandung Vitamin E Terbanyak

Delapan Buah Yang Mengandung Vitamin E TerbanyakMengingat pentingnya vitamin untuk kebutuhan tubuh kita, kami akan menyajikan buah yang mengandung Vitamin E untuk menambah pengetahuan Anda. Vitamin E merupakan salah satu jenis vitamin yang jarang dibahas dan diangkat dalam artikel-artikel populer. Meski begitu, peran Vitamin E ternyata tidak dapat dipandang sebelah mata. Vitamin E sama pentingnya dengan vitamin lainnya dan jenis nutrisinya. Mengonsumsi Vitamin E secara rutin akan memberikan manfaat yang baik bagi tubuh.

Vitamin E mempunyai efek antioksidan yang dibutuhkan tubuh untuk melawan, menangkal dan menteralkan radikal bebas yang berdampak buruk bagi tubuh. Vitamin E juga dapat membantu menjaga imunitas tubuh karena perannya yang turut membangun sistem pertahanan tubuh dan membantu melawan infeksi kuman yang menyerang. Manfaat lain yang ditawarkan Vitamin E adalah dapat memperlambat dan mencegah timbulnya penyakit degeneratif seperti Alzheimer’s, kanker dan degenerasi makular.

Daftar Buah Yang Mengandung Vitamin E

Vitamin E merupakan jenis vitamin yang larut dalam lemak. Artinya, umunya Vitamin E dapat ditemukan lebih banyak pada makanan yang mengandung lemak. Tidak heran bila buah yang mengandung Vitamin E lebih sedikit dibandingkan buah yang mengandung Vitamin B atau C. Namun tidak berarti buah yang tidak terlihat berlemak tidak mengandung Vitamin E, ada pula buah yang terlihat hanya mengandung air tapi ternyata juga memiliki kandungan Vitamin E. Berikut telah kami pilihkan delapan buah yang menganung Vitamin E terbanyak:

  • Alpukat

Buah yang mengandung Vitamin E yang paling banyak adalah alpukat. Buah alpukat merupakan buah yang mengandung banyak lemak yang konon katanya dapat membuat tubuh menjadi gemuk. Untungnya pernyataan tersebut hanyalah mitos yang tidak benar. Lemak yang dikandung alpukat adalah lemak baik yang juga dapat membantu kerja jantung dan menjaga struktur pembuluh darah Anda. Selain itu, Vitamin E yang larut dalam lemak buah alpukat juga dapat memuaskan kebutuhan Vitamin E harian Anda sebanyak 10%. Namun perlu diingat untuk menghindari konsumsi alpukat yang dicampur dengan gula atau susu yang terlalu banyak.

  • Olives

Buah yang sering diambil minyaknya ini mengandung banyak sekali Vitamin E. Baik buah zaitun atau minyak zaitun akan memenuhi kebutuhan harian Vitamin E Anda. Satu gelas buah zaitun dapat memenuhi 20% kebutuhan harian Vitamin E Anda. Mulailah konsumsi buah ini dalam salad, dimakan sebagai snack atau dapat pula mengonsumsi minyak zaitun sebagai bumbu salad atau minyak memasak Anda.

  • Pepaya

Tidak hanya baik bagi pencernaan, ternyata buah pepaya juga merupakan buah yang mengandung Vitamin E. Satu buah pepaya sedang akan memenuhi 17% kebutuhan Vitamin E harian Anda. Selain itu, buah pepaya juga merupakan sumber serat dan Vitamin C yang sangat baik. Serat yang dimiliki pepaya akan membantu melancarkan pencernaan Anda dan membantu Anda terhindar dari risiko menderita kanker usus besar. Mulailah memasukkan buah pepaya ke dalam menu harian Anda dan dapatkan manfaatnya.

  • Mangga

Buah mangga merupakan buah yang hampir disukai semua orang, mulai dari mangga muda yang rasanya asam sampai mangga tua yang rasanya manis dan menyegarkan. Berita baiknya, mangga merupakan buah yang mengandung Vitamin E. Satu buah mangga berukuran sedang dapat memenuhi 10% kebutuhan Vitamin E harian Anda. Mangga juga memberikan Vitamin C dan antioksidan yang tak kalah pentingnya dan diperlukannya di tubuh Anda. Bila sedang musimnya, tidak ada salahnya Anda makan satu buah mangga per harinya untuk mendapatkan manfaat yan optimal dari buah tropis ini.

  • Kiwi

Rasanya yang asam dan menyegarkan membuat buah kiwi menjadi favorit beberapa kalangan masyarakat. Kiwi mengandung Vitamin E yang dibutuhkan tubuh dan 1 buah kiwi berukuran sedang memberikan 10% kebutuhan Vitamin E harian Anda. Selain Vitamin E, buah kiwi juga mengandung banyak Vitamin A, Vitamin C serta mineral baik yang dibutuhkan tubuh. Lain kali, pilihlah buah kiwi dalam topping frozen yoghurt untuk menambah cita rasa yang menyegarkan dan untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian Anda.

  • Tomat

Makanan yang sering dikategorikan sebagai buah dan sayuran ini menawarkan banyak manfaat bagi para penggemarnya. Selain mengandung banyak Vitamin C, antioksidan yang baik dan Vitamin A, tomat juga merupakan buah yang mengandung Vitamin E. Mengonsumsi 2 butir tomat akan memenuhi kebutuhan Vitamin E harian Anda sebanyak 10%. Buah tomat juga dapat menurunkan risiko Anda terkena kanker prostat. Jadi jangan ragu untuk menambahkan tomat di makan harian Anda.

  • Buah Berry

Buah yang termasuk ke dalam keluarga berry merupakan buah yang mengandung Vitamin E. Beberapa contoh buah berry adalah cherry, strawberry, blueberry dan blackberry. Di antara semua jenis berry, blackberry lah buah yang mengandung Vitamin E terbanyak. Satu gelas blackberry dapat memenuhi 10% kebutuhan Vitamin E harian Anda. Persis di bawah blackberry, buah blueberry dan raspeberry merupakan juara 2 dari sumber Vitamin E di keluarga berry. Sedangkan buah strawberry yang lebih umum ditemukan di Indonesia merupakan juara 3 dari sumber Vitamin E di keluarga berry.

  • Jambu Batu

Selain dibuat jus sebagai pengobatan tambahan dari penyakit demam berdarah, buah jambu batu pun dapat memberikan Vitamin E yang dibutuhkan oleh tubuh. Satu gelas jambu batu segar dapat memenuhi kebutuhan harian Vitamin E sebanyak 8%. Buah yang mengandung Vitamin E ini pun dapat memberikan Vitamin A, Vitamin C, Vitamin K dan mineral lain yang diperlukan oleh tubuh.

Makanan Yang Mengandung Vitamin E

Selain buah-buahan, Vitamin E juga dapat ditemukan di sumber makanan lainnya seperti daging dan sayuran. Pengetahuan mengenai makanan yang mengandung Vitamin E juga penting untuk dimiliki sebab untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian, seseorang disarankan mengonsumsi makanan yang bermacam-macam dan bervariasi. Mengetahui jenis makanan lain yang mengandung Vitamin E akan memberi rasa dan variasi baru dalam menu makanan Anda sehari-hari. Berikut adalah beberapa makanan yang mengandung Vitamin E yang bagus untuk Anda konsumsi:

  • Tahu
  • Tempe
  • Susu kedelai
  • Bayam
  • Kacang-kacangan
  • Almond
  • Biji bunga matahari
  • Udang
  • Ikan
  • Brokoli
  • Hazelnuts

Di atas merupakan beberapa contoh buah dan makanan yang mengandung Vitamin E. Selain mendapatkannya dari makanan, Vitamin E dapat pula Anda peroleh dari suplemen yang dapat dibeli di toko obat dan apotik. Namun perlu diketahui bahwa konsumsi Vitamin E yang terlalu banyak terutama bila berasal dari suplemen dapat masalah kesehatan bagi tubuh Anda, seperti memperlambat penyembuhan luka, mual, diare, kelelahan, sakit kepala, pandangan kabur hingga dapat menjadi faktor pencetus kanker prostat. Jadi, konsumsilah Vitamin E yang didapatkan dari sumber alami agar lebih aman dan mencegah terjadinya efek samping yang berlebihan.

sumber:https://dedaunan.com/delapan-buah-yang-mengandung-vitamin-e-terbanyak/

Mengenal Berbagai Makanan yang Mengandung Asam Folat

Mengenal Berbagai Makanan yang Mengandung Asam Folat

Mengenal Berbagai Makanan yg Mengandung Asam FolatMakanan yang mengandung asam folat dinilai memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, tidak hanya untuk bagian tertentu saja. Bukan saja untuk menjaga kesehatan, tetapi asam folat juga bisa membantu dalam proses penyembuhan berbagai jenis penyakit. Untuk ibu hamil pun makanan yang mengandung asam folat sangat penting untuk perkembangan janinnya supaya tumbuh normal dan tidak mengalami kecacatan.

Asam folat adalah sejenis vitamin B yang larut dalam air. Manfaat asam folat yang utama adalah untuk kelancaran metabolisme dan perkembangan sel tubuh. Secara lebih dalam manfaat asam folat ini akan kita bahas di halaman 2 dari artikel ini. Seperti jenis vitamin lainnya, asam folat juga mudah rusak jika terkena suhu terlalu panas, oleh karena ketika mengolah atau memasak jenis-jenis bahan makanan yg mengandung asam folat sebaiknya tidak terlalu lama memasaknya dalam suhu tinggi.

Ragam Jenis Makanan Yang Mengandung Asam Folat Tinggi

makanan yang mengandung dhaAsam folat, atau lebih tepatnya hanya folat, karena masih dalam bentuk alami, bisa ditemukan dengan mudah pada berbagai macam buah dan sayuran. Kacang-kacangan adalah salah satu sumber asam folat yang utama. Berikut selengkapnya.

  1. Kacang-Kacangan

Asam folat atau vitamin B9 banyak terdapat pada jenis kacang-kacangan. Bukan hanya asam folat, tetapi beberapa jenis kacang-kacangan juga mengandung banyak nutrisi penting lainnya, seperti kalsium, protein dan juga vitamin D yang tak kalah pentingnya untuk kesehatan tubuh Anda. Dengan mengonsumi satu cangkir kacang, Anda akan mendapatkan asupan sekitar 180 mikrogram folat. Jumlah tersebut sudah mencakup hampir setengah dari jumlah asam folat yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Kacang-kacangan yang mengandung asam folat adalah semua jenis kacang-kacangan, sejenis kacang merah, kacang hijau (beans) dan juga kacang tanah (peanuts).

  1. Buah-Buahan

Sumber utama vitamin secara alami adalah buah-buahan, dan asam folat adalah salah satu jenis vitamin. Buah yang mengandung asam folat contohnya melon, pisang, mangga, alpukat, dan keluarga citrus, yaitu segala macam jeruk. Kandungan vitamin C dan folat yang ada pada jenis buah-buahan tersebut dinilai sangat bermanfaat untuk bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh. Jeruk, pisang, dan alpukat adalah sumber asam folat untuk ibu hamil, sehingga buah ini bagus untuk ibu hamil.

  1. Sayuran

Makanan yang mengandung asam folat selanjutnya adalah jenis sayuran berdaun hijau, terutama berwarna hijau gelap. Contoh sayuran ini adalah brokoli, asparagus, selada, kubis, sawi, dan bayam. Berbagai jenis sayuran ini termasuk mudah didapatkan. Selain kaya asam folat, sayuran juga kaya berbagai nutrisi lain. Sedangkan untuk ibu hamil yang paling bagus adalah bayam, brokoli, dan asparagus karena juga mengandung nutrisi lain yang cocok untuk kehamilan.

  1. Hati Hewan

Mungkin jenis makanan yang mengandung asam folat ini lebih sering dihindari oleh orang-orang yang sedang diet atau sedang menjaga kesehatan karena cukup banyak mengandung lemak dan kolesterol. Akan tetapi jangan pandang hati hewan dari sisi buruknya saja, karena ternyata ada keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi hati hewan. Hati hewan mengandung asam folat yang cukup banyak sama seperti beberapa jenis makanan yang tadi sudah dibahas. Akan tetapi bagi ibu hamil, meskipun termasuk makanan yang mengandung asam folat dan dha, sebaiknya hindari mengonsumsi hati hewan.

sumber:https://dedaunan.com/mengenal-berbagai-makanan-yg-mengandung-asam-folat/

Mengetahui Apa Penyebab Sakit Kepala Terus Menerus atau Kronis

Mengetahui Apa Penyebab Sakit Kepala Terus Menerus atau Kronis

Mengetahui Apa Penyebab Sakit Kepala Terus Menerus atau KronisPenyebab sakit kepala terus menerus mungkin tidak akan sama antara orang yang satu dengan yang lainnya karena ada banyak hal yang dapat menyebabkan ini terjadi. Sakit kepala atau pusing yang terjadi dalam waktu lama bisa merupakan sakit kepala harian biasa tetapi terjadi terus menerus, namun bisa juga itu merupakan gejala suatu penyakit lain. Banyak penyakit lain yang gejalanya berupa sakit kepala terus menerus. Jika Anda sebelumnya sudah berusaha mengobati sendiri sakit kepala ini namun tidak sembuh-sembuh, maka sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk diketahui sebab pastinya.

Sakit kepala yang terjadi terus-menerus pasti membuat aktivitas sehari-hari tidak nyaman dan terganggu, bahkan jika sakit kepalanya sedang parah, tidak bisa beraktivitas dan harus beristirahat. Penyebab sakit kepala ini bermacam, bisa merupakan karena gaya hidup tidak sehat, yang mana sakit kepala ini akan dapat berkurang jika Anda memulai gaya hidup yang benar, atau bisa jadi juga dikarenakan ada gangguan pada tubuh Anda, yang cara mengatasinya membutuhkan pengobatan.

Berbagai Macam Penyebab Sakit Kepala Terus Menerus

Sakit kepala terus menerus jika telah terjadi dalam waktu 3 bulan dan terjadi lebih dari 15 hari tiap bulannya, maka bisa disebut sebagai sakit kepala kronis. Sakit kepala terus menerus yang umum terjadi adalah 2 tipe, migrain atau sakit kepala sebelah, dengan ciri-ciri umumnya terjadi hanya pada salah satu sisi kepala, bisa bergantian (tidak bersamaan), kemudian kepala rasanya terngiang-ngiang atau berdenyut-denyut. Jika parah migrain ini akan mengakibatkan mual hingga muntah. Tipe berikutnya adalah tipe sakit kepala yang rasanya seperti tertekan yang terjadi pada bagian kanan dan kiri kepala secara bersamaan.

Sakit kepala terus menerus kadang sulit diobati karena cukup sulit untuk mengetahui penyebab pastinya, tanpa mengetahui penyebab pasti dari sakit kepala tersebut, maka pengobatan hanya akan berefek sementara. Penyebab sakit kepala ini umum adalah stres serta depresi. Tekanan pekerjaan maupun keluarga yang tidak kunjung teratasi sedikit demi sedikit akan menyebabkan sakit kepala. Stres akan menyebabkan pelepasan zat kimia yang akan mengganggu pembuluh darah.

Penyebab sakit kepala terus menerus berikutnya adalah kurangnya istirahat. Waktu tidur yang tidak cukup dan tidak teratur akan menyebabkan sakit kepala yang terus menerus hingga hal ini diperbaiki. Pekerjaan memang penting, namun jika tubuh sudah lelah sebaiknya beristirahat. Begitu juga saat bersenang-senang, sering kali lupa waktu sehingga sampai-sampai tidak tidur.

Kemudian penyebab yang berhubungan dengan penyakit lain adalah inflamasi. Inflamasi adalah peradangan. Radang yang dapat menyebabkan sakit kepala terus menerus adalah radang yang berhubungan dengan THT, yaitu sinusitis atau radang sinus, hidung terutama hidung bagian atas, kemudian faringitis atau radang tenggorokan, terakhir adalah radang telinga atau disebut otitis. Jika Anda mengalami salah satu radang THT ini, sebaiknya diperiksakan ke dokter THT supaya sakit kepala Anda juga dapat terobati.

Lingkungan sehari-hari yang tidak sehat juga bisa menyebabkan sakit kepala terus-menerus. Asap rokok bagian sebagian orang akan menyebabkan sakit kepala. Penggunaan obat nyamuk (bakar) diruang tertutup yang berlebihan. Obat nyamuk pada dasarnya adalah racun, yang dalam jumlah kecil akan membunuh nyamuk, jika digunakan di ruang tertutup dan dinyalakan semalaman, maka orangnya juga akan teracuni. Tidur di ruangan tertutup yang terlalu sempit meskipun tidak menyalakan obat nyamuk juga memungkinkan terjadinya keracunan karbon dioksida (CO2) yang menyebabkan sakit kepala pada pagi hingga siang hari.

sumber:https://dedaunan.com/mengetahui-apa-penyebab-sakit-kepala-terus-menerus/

INTEGRASI NASIONAL

INTEGRASI NASIONAL

INTEGRASI NASIONAL
Integrasi nasional adalah usaha dan proses mempersatukan perbedaan perbedaan yang ada pada suatu negara sehingga terciptanya keserasian dan keselarasan secara nasional.
Seperti yang kita ketahui, Indonesia merupakan bangsa yang sangat besar baik dari kebudayaan ataupun wilayahnya. Di satu sisi hal ini membawa dampak positif bagi bangsa karena kita bisa memanfaatkan kekayaan alam Indonesia secara bijak atau mengelola budaya budaya yang melimpah untuk kesejahteraan rakyat, namun selain menimbulkan sebuah keuntungan, hal ini juga akhirnya menimbulkan masalah yang baru. Kita ketahui dengan wilayah dan budaya yang melimpah itu akan menghasilkan karakter atau manusia manusia yang berbeda pula sehingga dapat mengancam keutuhan bangsa Indonesia.
Faktor-faktor pendorong integrasi nasional sebagai berikut:
1. Faktor sejarah yang menimbulkan rasa senasib dan seperjuangan.
2. Keinginan untuk bersatu di kalangan bangsa Indonesia sebagaimana dinyatakan dalam Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928.
3. Rasa cinta tanah air di kalangan bangsa Indonesia, sebagaimana dibuktikan perjuangan merebut, menegakkan, dan mengisi kemerdekaan.
4. Rasa rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan Negara, sebagaimana dibuktikan oleh banyak pahlawan bangsa yang gugur di medan perjuangan.
5. Kesepakatan atau konsensus nasional dalam perwujudan Proklamasi Kemerdekaan, Pancasila dan UUD 1945, bendera Merah Putih, lagu kebangsaan Indonesia Raya, bahasa kesatuan bahasa Indonesia.
Faktor-faktor penghambat integrasi nasional sebagai berikut:
1. Masyarakat Indonesia yang heterogen (beraneka ragam) dalam faktor-faktor kesukubangsaan dengan masing-masing kebudayaan daerahnya, bahasa daerah, agama yang dianut, ras dan sebagainya.

2. Wilayah negara yang begitu luas, terdiri atas ribuan kepulauan yang dikelilingi oleh lautan luas.
3. Besarnya kemungkinan ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang merongrong keutuhan, kesatuan dan persatuan bangsa, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri.
4. Masih besarnya ketimpangan dan ketidakmerataan pembangunan dan hasil-hasil pembangunan menimbulkan berbagai rasa tidak puas dan keputusasaan di masalah SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar-golongan), gerakan separatisme dan kedaerahan, demonstrasi dan unjuk rasa.
5. Adanya paham “etnosentrisme” di antara beberapa suku bangsa yang menonjolkan kelebihan-kelebihan budayanya dan menganggap rendah budaya suku bangsa lain.
Contoh wujud integrasi nasional, antara lain sebagai berikut:
1. Pembangunan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta oleh Pemerintah Republik Indonesia yang diresmikan pada tahun 1976. Di kompleks Taman Mini Indonesia Indah terdapat anjungan dari semua propinsi di Indonesia (waktu itu ada 27 provinsi). Setiap anjungan menampilkan rumah adat beserta aneka macam hasil budaya di provinsi itu, misalnya adat, tarian daerah, alat musik khas daerah, dan sebagainya.
2. Sikap toleransi antarumat beragama, walaupun agama kita berbeda dengan teman, tetangga atau saudara, kita harus saling menghormati.
3. Sikap menghargai dan merasa ikut memiliki kebudayan daerah lain, bahkan mau mempelajari budaya daerah lain, misalnya masyarakat Jawa atau Sumatra, belajar menari legong yang merupakan salah satu tarian adat Bali.

Selain anjungan dari semua propinsi di Indonesia, di dalam komplek Taman Mini Indonesia Indah juga terdapat bangunan tempat ibadah dari agama-agama yang resmi di Indonesia, yaitu masjid (untuk agama Islam), gereja (untuk agama Kristen dan Katolik), pura (untuk agama Hindu) dan wihara (untuk agama Buddha). Perlu diketahui, bahwa waktu itu agama resmi di Indonesia baru 5 (lima) macam.

Contoh-contoh pendorong integrasi nasional :
– Adanya rasa keinginan untuk bersatu agar menjadi negara yang lebih maju dan tangguh di masa yang akan datang.
– Rasa cinta tanah air terhadap bangsa Indonesia
– Adanya rasa untuk tidak ingin terpecah belah, karena untuk mencari kemerdekaan itu adalah hal yang sangat sulit.
– Adanya sikap kedewasaan di sebagian pihak, sehingga saat terjadi pertentangan pihak ini lebih baik mengalah agar tidak terjadi perpecahan bangsa.
– Adanya rasa senasib dan sepenanggungan
– Adanya rasa dan keinginan untuk rela berkorban bagi bangsa dan negara demi terciptanya kedamaian

sumber:https://putriwindu.wordpress.com/2012/04/29/integrasi-nasional/

empati adalah

empati adalah

Sejarah singkat mengenai empati dikemukakan oleh Stebnicki (2008), hal pertama mengenai istilah empati yang pertama kali dikonseptualisasikan oleh Theodore Lipps (1851-1914) dengan istilah jerman “Einfühlung” yang merujuk pada proses penyerapan secara penuh dalam suatu objek eksternal, atau memproyeksikan diri menjadi objek estetika seperti bentuk seni. Selanjutnya Lipps dan rekan-rekannya mengusulkan bahwa Einfühlung adalah emosi khusus yang dapat menjelaskan apresiasi seseorang untuk perasaan dan sikap pada orang lain. Lipps menggunakan istilah empati lebih pada konteks psikologis, pertama ia menerapkannya pada studi tentang pandangan ilusi dan kemudian ke proses dimana kita mengenal orang lain.
Selanjutnya pada tahun 1909, ekspresi empati menjadi lebih diterima untuk diterjemahkan dari istilah “Einfühlung” ke dalam Teori psikoanalitik atas saran Edward B. Titchener. Barrett-Lennard (1981) menyarankan bahwa E.B. Titchener sebagai seseorang yang memperkenalkan empati dari istilah “Einfühlung” setara dengan kata bahasa inggris “empathy”, hal itu memiliki arti dan kegunaan lebih lanjut dalam teori. Konsep empati mengalami kemajuan secara signifikan dalam praktek eksperimental dan klinis selama tahun 1940-an dan 1950-an melalui karya terpisah yang sering tidak diakui secara ilmiah dari Roy Schafer (1922-sekarang), Heinz Kohut (1913-1981), dan Ralph R. Sutandar (1911 – 1979).
Teori empati itu sendiri, dalam psikologi sebagian besar dipengaruhi oleh pandangan afektif dari Lipps dan Titchener sampai pada Kohler (1929), yang merupakan salah satu dari yang pertama memperdebatkan empati pada ranah kognitif. Menurut Kohler, empati dari pada terfokus pada “perasaan kedalam”, empati lebih menekankan bagaimana memahami perasaan orang lain daripada berbagi/sharing dengan mereka. Pada waktu yang sama, dua ahli teori yang sangat berpengaruh lainnya, George Herbert Mead (1934) dan Jean Piaget (1932), menanggapi pertanyaan empati dan keduanya menawarkan pandangan yang menekankan aspek kognitif daripada emosional.
Mead (1934), menambahkan komponen kognitif yakni kemampuan untuk memahami, untuk empati. Hal itu penekanannya pada kapasitas individu untuk mengambil peran orang lain sebagai sarana untuk memahami bagaimana mereka memandang dunia. Mead melihat kemampuan anak mengambil peran sebagai kunci pembangunan sosial dan etis. Demikian pula Piaget, dengan penelitiannya tentang perkembangan fungsi kognitif anak, memberi kontribusi pada penekanan empati sebagai fungsi kognitif dan ide-ide apa yang dibutuhkan seseorang untuk bersikap secara pantas dan membayangkan peran orang lain (Piaget 1932, 1967).
Meskipun beberapa peneliti secara historis menekankan aspek afektif dan kognisi orang lain, istilah empati selalu mengemukakan gagasan mengenai bagaimana mengetahui tentang kesadaran orang lain, kapasitas seseorang untuk memperoleh pengetahuan dari sisi subjektif orang lain. Stein (1917, 1989), mengkonseptualisasikan empati dalam istilah yang lebih umum yakni “Empati adalah pengalaman kesadaran yang datang dari luar pada umumnya … Ini adalah bagaimana manusia memahami kehidupan psikis sesamanya”
Empati telah dibahas pada paruh pertama abad ini, namun hal tersebut tidak menjadi populer dalam psikologi sampai pada karya Carl Rogers (1959) dan Heinz Kohut. Rogers menawarkan dua definisi empati, pertama empati merupakan keadaan untuk melihat kerangka referensi internal orang lain dengan tepat dan dengan komponen emosional serta makna yang berkaitan dengan hal tersebut, seolah juga berada pada kondisi orang tersebut. Kedua, pada tahun 1975, Rogers menulis bahwa empati merupakan “proses” suatu keadan yang berarti : memasuki dunia persepsi orang lain dan secara menyeluruh memasuki dunia di dalamnya. Hal ini melibatkan kepekaan, dari waktu ke waktu, untuk merasakan perubahan makna yang mengalir dalam orang lain, missal rasa takut atau marah atau kelembutan atau kebingungan atau apa pun yang ia alami. Secara singkat, Rogers memandang bahwa empati merupakan suatu proses dalam memahami individu secara menyeluruh, memasuki kerangka internalnya, merasakan perasaan orang lain tanpa kehilangan jati dirinya.
Disamping Rogers, Kohut (1959) juga mengemukakan pandangannya tentang empati, yakni sarana psikoanalisis dalam mengumpulkan data. Definisi lebih jauh tentang empati, empati dianggap sebagai model ilmiah untuk meneliti keadaan mental dan mengklaim psikoanalisis yang harus membatasi diri untuk mempelajari keadaan mental. Terkait dengan konteks sosial, Kohut berpendapat bahwa empati adalah dasar dari segala interaksi manusia. Namun, ia menekankan bahwa empati merupakan bentuk pemahaman dan tidak harus menjadi bersikap bingung dengan sikap baik, baik hati, penuh kasih, atau mencintai. Bagi Kohut, empati tidak sempurna. Empati adalah sebuah proses yang dapat membawa kita ke hasil baik yang akurat dan tidak akurat. Dari pandangan keduanya mengenai empati, kedua ahli tersebut menekankan empati dalam proses konseling, namun fokus pandangan yang berbeda. Rogers menekankan sikap empati dalam menghadapi klien, namun Kohut menekankan pada proses pengumpulan data dalam pendekatan psikoanalitik.
Sejumlah pengertian lain tentang empati, diantaranya dikemukakan oleh Sigelman & Rider (2009), empati merupakan perwakilan dari mengalami perasaan orang. Meskipun bukan emosi tertentu, empati adalah proses emosional yang diyakini sangat penting dalam perkembangan moral.

Selanjutnya menurut Hurlock (1978), empati adalah suatu kemampuan meletakkan diri sendiri dalam posisi orang lain dan mampu menghayati pengalaman orang tersebut. selanjutnya menurut Hughes et.al (2009), Empati adalah semacam sinyal sosial yang digunakan untuk membaca situasi sosial dan hubungan interpersonal, serta membantu seseorang melakukan tindakan. Dari beberapa istilah yang dikemaukakan oleh para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa empati merupakan kemampuan untuk memahami perasaan orang lain sehingga berguna dalam mengarahkan seseorang untuk melakukan suatu tindakan.
Seorang peneliti empati yang ditinjau dari kacamata social neuroscience Lamm & Decety (2006), mengemukakan beberapa variasi istilah empati, antara lain:

1) Kemampuan untuk menempatkan diri dalam kerangka mental orang lain untuk memahami emosi dan perasaan -nya,

2) Suatu bentuk inferensi psikologis yang kompleks di mana pengamatan, ingatan, pengetahuan, dan penalaran yang dikombinasikan untuk menghasilkan wawasan ke dalam pikiran dan perasaan orang lain,

3) Respon afektif yang lebih tepat untuk situasi orang lain daripada untuk diri sendiri,

4) Respon emosional yang berorientasi pada orang lain, yang sebangun dengan kesejahteraan yang dirasakan orang lain,

5) Respon afektif yang berasal dari kekhawatiran atau pemahaman tentang keadaan emosi orang lain, dan kondisi yang mirip dengan apa yang orang lain rasakan serta apa yang diharapkan untuk dirasakan dalam situasi tertentu. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa istilah empati yang dikemukakan peneliti tersebut menekankan pada aspek kognitif, afektif dan emosional, yakni berupa pemahaman dan respon afektif serta emosional terhadap apa yang dialami oleh orang lain.
Selama abad ke-20 istilah empati semakin banyak diterapkan pada hubungan antar manusia, dengan kurang lebih dua ranah yang muncul dalam menjelaskan konsep empati pertama mengacu pada komponen afektif dari empati, yang kedua pada komponen kognitif dari empati (Zoll & Enz, 2010) .
Perluasan komponen empati dipaparkan oleh Shamay-tsoory et al (2009), bahwa empati manusia adalah membangun psikologis manusia yang diatur oleh komponen baik kognitif dan afektif, menghasilkan pemahaman emosional. Jadi, konsep empati tidak terlepas dari konsep emosi dimana kedua domain tersebut saling tumpang tindih. Namun Goleman (2006) menyatakan bahwa “semua emosi adalah sosial”, karena relasi dalam interasksi sosial yang mendorong emosi tersebut muncul.
Melihat lebih jauh mengenai empati, dapat dilihat dari aspek-aspek empati secara umum, yakni aspek kognitif dan aspek afektif (Hall & Mast, 2007). Pada aspek kognitif ditekankan pada bagaimana seseorang mengambil perspektif dari orang lain. Untuk mencapai hal tersebut, maka seseorang harus memusatkan perhatiannya pada orang lain, membaca isyarat-isyarat ekspresif dan isyarat dalam konteks situasional serta mencoba untuk memahami reaksi target saat ini.

Proses ini dilakukan berdasarkan pemahaman individu mengenai ekspresi emosi secara umum, arti situasi, dan reaksi sebelumnya dari target. Selain itu juga ketepatan persepsional yang diperlukan. ). Empati kognitif dalam pengertian ini sangat erat terkait dengan konsep teori pikiran. Teori berarti pikiran (1) kemampuan untuk mengembangkan pemahaman tentang keadaan mental pada orang lain, yang tidak secara langsung diamati (misalnya untuk mengakui bahwa orang dapat mengekspresikan emosi tertentu sambil merasakan yang berbeda) dan (2) kemampuan untuk menarik kesimpulan terkait dengan perilaku orang lain dan reaksi yang akan datang.
Kemudian aspek afektif dari empati dititikberatkan pada proses di mana emosi individu muncul karena persepsi (sadar atau tidak sadar) internal target (baik emosi ataupun pikiran). Dengan demikian empati afektif dapat menjadi hasil dari empati kognitif, tetapi juga dapat tumbuh dari persepsi perilaku ekspresif yang segera transfer keadaan emosional dari satu orang ke orang lain (contagion emosional).
Perbedaan penting antara empati kognitif dan empati afektif adalah bahwa empati kognitif melibatkan pemahaman dari sudut pandang orang lain, sedangkan empati afektif lebih dari memahami tetapi juga berbagi perasaan.

sumber:https://nilazaima.wordpress.com/2014/03/27/empati-adalah/

Pengertian Pendidikan Multikultura

Pengertian Pendidikan Multikultura

pendidikan multikultural secara etimologis berasal dari dua term yakni pendidikan dan multikulturtal. Pendidikan dapat diartikan sebagai proses pengembangan sikap dan tata laku seseorang atau sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran, pelatihan, proses, perbuatan, dan cara-cara yang mendidik.
Sedangkan istilah multikultural sebenarnya merupakan kata dasar yang mendapat awalan. Kata dasar itu adalah kultur yang berarti kebudayaan, kesopanan, atau pemeliharaan sedang awalannya adalah multi yang berarti banyak, ragam, aneka. Dengan demikian multikultural berarti keragaman budaya, aneka, kesopanan, atau banyak pemeliharaan. Namun dalam tulisan ini lebih diartikan sebagai keragaman budaya sebagai aplikasi dari keragaman latarbelakang seseorang.
Pendidikan multikultural adalah sebuah tawaran model pendidikan yang mengusung ideologi yang memahami, menghormati, dan menghargai harkat dan martabat manusia di manapun dia berada dan dari manapun datangnya (secara ekonomi, sosial, budaya, etnis, bahasa, keyakinan, atau agama, dan negara). Pendidikan multikultural secara inhern merupakan dambaan semua orang, lantaran keniscayaannya konsep “memanusiakan manusia”. Pasti manusia yang menyadari kemanusiaanya dia akan sangat membutuhkan pendidikan model pendidikan multikultural ini.
H.A.R Tilaar memberikan pengertian pendidikan multikultural sebagai merupakan suatu wacana lintas batas yang mengupas permasalahan mengenai keadilan sosial, musyawarah, dan hak asasi manusia, isu-isu politik, moral, edukasional dan agama.
Ainurrofiq Dawam mengatakan, pendidikan multikultural adalah proses pengembangan seluruh potensi manusia yang menghargai pluralitas dan heterogenitas sebagai konsekuensi keragaman budaya etnis, suku, dan aliran (agama).
Sedangkan menurut Zubaedi, pendidikan multikultural merupakan sebuah gerakan pembaharuan yang mengubah senua komponen pendidikan termasuk mengubah nilai dasar pendidikan, aturan prosedur, kurikulum, materi pengajaran, struktur organisasi dan kebijakan pemerintah yang merefleksikan pluralisme budaya sebagai realitas masyarakat Indonesia.
Dengan melihat dan memperhatikan berbagai pengertian pendidikan multikultural, disimpulkan bahwa pendidikan multikultural adalah sebuah proses pengembangan yang tidak mengenal sekat-sekat dalam interaksi manusia. Sebagai wahana pengembangan potensi, pendidikan multikultural adalah pendidikan yang menghargai heterogenitas dan pluralitas, pendidikan yang menjunjung tinggi nilai kebudayaan, etnis, suku, dan agama.
sumber:https://www.referensimakalah.com/2012/11/pengertian-pendidikan-multikultural.html

Pengertian surat pesanan

Pengertian surat pesanan

dikaandriwijaya.bogspot.com

Pengertian surat pesanan

Surat pesanan yaitu surat yang berisi pemesanan barang. Surat pesanan di buat karena ada penawaran dari penjual.

 Ada juga surat pesanan yang dibuat karena adanya iklan disurat kabar atau majalah.
 Disamping itu surat pesanan juga dapat dibuat atas inisiatif sendiri karena calon pembeli sudah mengetahui keberadaan barang atau jasa tersebut di pasaran.

 Sura pesanan hendaklah di susun secara singkat tetapi jelas sehingga penjual dapat dengan cepat memahami maksud pembeli.

 ISI SURA PESANAN

Menyebutkan dengan jelas hal-hal yang dikehendaki pembeli yaitu :

  1. 1. Jenis barang
  2. 2. Kualitas barang
  3. 3. Banyaknya barang
  4. 4. Harga dan tata cara pembagian
  5. 5. Cara pengiriman barang
  6. 6. Syarat penyerahan barang.
  CARA MENYUSUN SURAT PESANAN
 1. Apabila pemesan barang merupakan suatu badan usaha, surat pesanan ditulis diatas kertas yang menggunakan kop surat atau kepala surat.
Apabila pesanan barang di lakukan oleh pribadi surat pesanan cukup ditulis dikertas folio atau kertas asalkan sopan dan pantas.
2. Disudut kanan atas ditulis tanggal pemesanan disebelah kiri atas dibawah tanggal ditulis nomor surat, lampiran dan hal. Dibawahnya ditulis alamat yang dituju dan berikutnya salam pembuka.
3. Apabila pesanan dibuat berdasarkan surat penawaran sebutkanlah bahwa surat penawaran telah diterima.
4. Terangkanlah sejelas-jelasnya barang yang anda pesan misaloya tentang jenis, ukuran, warna dan kualitas.
5. Terangkan bahwa pemesan menghendaki cara pengiriman via bus, kereta api, kapal laut, pesawat terbang atau menunjukan biro pengiriman barang yang khusus.
6. Terangkan agar barang di kemas dengan baik sehingga barang diterima oleh pemesan dalam keadaan tidak rusak.
7. Sebutkan cara pembayaran yang hendak dilakukan via pos wesel atau via rekening bank.
8. Tulislah penutup surat yang bersahabat dan mengandung harapan misalnya barang yang di pesang dapat tiba tepat pada waktunya dan dalam keadaan baik.
sumber:https://dikaandriwijaya.blogspot.co.id/2015/05/pengertian-surat-pesanan.html

Pengertian, Tujuan, Manfaat, jenis, dan Ciri dari Laporan

Pengertian, Tujuan, Manfaat, jenis, dan Ciri dari Laporan

Pengertian laporan adalah bentuk penyajian fakta tentang suatu keadaan atau suatu kegiatan, pada dasarnya fakta yang disajikan itu berkenaan dengan tanggung jawab yang ditugaskan kepada si pelapor. Fakta yang disajikan merupakan bahan atau keterangan untuk informasi yang dibutuhkan, berdasarkan keadaan objektif yang dialami sendiri oleh si pelapor (dilihat, didengar, atau dirasakan sendiri) ketika si pelapor telah melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan.

Tujuan Laporan

  • Mengenalpasti masalah
  • Memberikan maklumat dan fakta
  • Mencadangkan penyelesaian
  • Mencadangkan tindakan yang perlu dilakukan
  • Membuat kesimpulan
  • Menilai sesuatu penyelidikan atau aktiviti
  • Membuat rekod sesuatu peristiwa
  • Menganalisi aktiviti perniagaan
  • Mensintesis sesuatu pelan tindakan
  • Menghuraikan sesuatu peristiwa, prosedur, tindakan dll.

Laporan boleh berbentuk pendek atau panjang dalam format informal atau formal

Manfaat Laporan

Laporan kegiatan merupakan alat yang penting untuk :

  1. Dasar penentuan kebijakan dan pengarahan pimpinan.
  2. Bahan penyusunan rencana kegiatan berikutnya.
  3. Mengetahui perkembangan dan proses peningkatan kegiatan.
  4. Data sejarah perkembangan satuan yang bersangkutan dan lain-lain.

Jenis – jenis Laporan

1.Laporan Ilmiah.

Laporan Ilmiah adalah laporan yang disusun melalui tahapan berdasarkan teori tertentu dan menggunakan metode ilmiah yang sudah disepakati oleh para ilmuwan (E.Zaenal Arifin,1993). Dan menurut Nafron Hasjim & Amran Tasai (1992) Karangan ilmiah adalah tulisan yang mengandung kebenaran secara obyektif karena didukung oleh data yang benar dan disajikan dengan penalaran serta analisis yang berdasarkan metode ilmiah.

  1. Laporan Teknis.

Laporan tentang hal teknis penyelenggaraan kegiatan suatu badan atau instansi.Laporan teknis mengandung data obyektif tentang sesuatu.data obyektif dalam laporan teknis itu juga mengandung sifat ilmiah,tetapi segi kepraktisannya lebih menonjol.sehingga yang dimaksud dengan laporan teknis adalah suatu pemberitahuan tentang tanggung jawab yang dipercayakan,dari si pelapor (perseorangan,tim,badan,atau instansi) kepada si penerima laporan tentang teknis penyelenggaraan suatu kegiatan (E.Zaenal Arifin,1993).Dan menurut Muljanto Sumardi (1982) Dalam laporan teknik manusia menggunakan bahasa tulis untuk mengkomunikasikan gagasan,paham,serta hasil pemikiran dan penelitian.

Ciri­­-ciri Laporan

  1. Dalam laporan yang ditulis hanya mengemukakan hal-hal pokok secara ringkas yang berhubungan dengan tugasnya sehingga penerima laporan segera mengetahui permasalahannya.
  2. Laporan dapat semakin sempurna jika dilengkapi dengan bibliografi atau sumber kepustakaan.
  3. Laporan dianggap logis jika keterangan yang dikemukakannya dapat ditelusuri alasan-alasannya yang masuk akal.
  4. Laporan dianggap sistematik jika keterangan yamg tulisannya disusun dalam satuan-satuan yang berurutan dan saling berhubungan.

sumber:https://bald-gugungondrong.blogspot.co.id/2013/05/pengertian-tujuan-manfaat-jenis-dan.html