Cuplikan Silabus Antropologi SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013

Salam SosantPedia 🙂

Hai,berjumpa lagi dengan postingan saya. Kali ini saya akan membagikan postingan mengenai serpihan silabus antropologi SMA/MA kelas X, yang terdiri dari Kompetensi Dasar, Materi Pembelajaran. Untuk lebih jelasnya berikut ini akan saya tampilkan silabus antropologinya :

Waktu pelaksanaan kegiatan pembelajaran Antropologi kelas X dialokasikan selama 96 jam pelajaran. Adapun untuk mendukung kegiatan pembelajaran tersebut, diperlukan suatu kompetensi dasar dan materi pembelajaaran untuk dua semester yang akan disajikan sebagai berikut:

Materi Pembelajaran ke 1

Pengertian tentang Ilmu Antropologi;  Konsep-konsep dasar Ilmu Antropologi: Budaya (culture), Adat, Kelompok Etnik,  Etnosentrisma, Relativisme Kebudayaan (cultural relativism), Emik, Etik, Holistik, Struktur Sosial, Bhinneka Tunggal Ika, Kerukunan nasional, Sikap Mental, Revolusi Mental; Sub-disiplin Ilmu Antropologi, Tujuan dan manfaat Ilmu Antropologi.

     Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :

  • Memahami Antropologi sebagai ilmu yang mempelajari keanekaragaman dan kesamaan manusia Indonesia dan cara hidupnya secara holistik dalam rangka membangun sikap toleran, empati, dan saling menghargai sehingga tercipta kerukunan nasional.
  • Membaca berbagai literatur dan mendiskusikan hasil bacaan tentang ilmu Antropologi sebagai ilmu yang mempelajari keanekaragaan manusia Indonesia dan cara hidupnya secara holistik dalam rangka membangun sikap toleran, empati, dan saling menghargai sehingga tercipta kerukunan nasional.

Materi Pembelajaran ke 2

Konsep Differensiasi Sosial, yaitu penggolongan masyarakat berdasarkan kriteria agama, etnik, gender, pekerjaan, desa-kota (disesuaikan dengan ciri khas masing-masing daerah); Membangun sikap bijak, kekeluargaan, dan kemanusiaan.

     Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :

  • Mendeskripsikan penggolongan sosial dalam masyarakat Indonesia berdasarkan kriteria tertentu (misalnya: agama, etnik, gender, pekerjaan, desa-kota) dalam rangka menyadari bahwa masyarakat Indonesia beraneka ragam.
  • Melakukan kajian lapangan, kajian literatur, dan berdiskusi untuk mendeskripsikan penggolongan sosial dalam masyarakat Indonesia berdasarkan kriteria tertentu (misalnya: agama, etnik, gender, pekerjaan, desa-kota) dalam rangka menyadari bahwa masyarakat Indonesia beraneka ragam.

Materi Pembelajaran ke 3

Konsep Stratifikasi Sosial, yaitu pelapisan sosial dalam masyarakat berdasarkan kriteria penghasilan, pendidikan, pangkat, dan lain-lain (disesuaikan dengan ciri khas masing-masing daerah); Membangun sikap bijak, kekeluargaan, dan kemanusiaan.

     Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :

  • Mendeskripsikan strata sosial dalam masyarakat Indonesia berdasarkan kriteria tertentu (misalnya: penghasilan, pendidikan, pangkat) dalam rangka menyadari tentang adanya pelapisan sosial dalam masyarakat Indonesia.
  • Melakukan kajian lapangan, kajian literatur, dan berdiskusi untuk mendeskripsikan strata sosial dalam masyarakat Indonesia berdasarkan kriteria tertentu (misalnya: penghasilan, pendidikan, pangkat) dalam rangka menyadari tentang adanya pelapisan sosial dalam masyarakat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: