Masyarakat dan Pendidikan

Dalam dunia pendidikan, tidak hanya menjadi kewajiban pemerintah, sekolah dan guru saja, tetapi juga menjadi kewajiban serta tanggung jawab keluarga dan masyarakat. Masyarakat diharapkan peran sertanya dalam melaksanakan dan menyelenggarakan pendidikan terutama dalam mendidik moral, norma, dan etika yang sesuai dengan agama dan kesepakatan masyarakat. Siswa belajar di sekolah dalam waktu terbatas, sedangkan waktu terbanyak ada di rumah dan masyarakat.

Dalam Undang-Undang No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Naional. Pada bab XV pasal 54 dinyatakan bahwa (1) peran serta masyarakat dalam pendidikan meliputi peran serta perseorangan, kelompok,keluarga, organisasi profesi, pengusaha, dan berperan serta sebagai sumber pelaksanaan dari pengguna hasil pendidikan (2) masyarakat dapat berperan serta sebagai sumber pelaksana dan pengguna hasil pendidikan (3) kententuan mengenai peran serta masyarakat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan (2) diatur lebih lanjut dengan peraturan pemerintah.
Masyarakat merupakan komponen utama dalam terselenggaranya proses pendidikan. Kontribusi masyarakat di lingkungan sekolah sangat perlu dioptimalkan sebagai upaya pemberdayaan dalam rangka mewujudkan visi dan misi sekolah dengan paradigm pendidikan yang bar. Masyarakat dapat memberikan masukan-masukan terutama dalam penyusunanprogram-program sekolah.
Jadi, pendidikan tidak akan terselenggara secara efektif dan efisien jika belum ada peran serta masyarakat dalam menciptakan lingkungan belajar yang baik. Diharapkan masyarakat dapat memiliki pemahaman bahwa pendidikan merupakan tanggung jawab bersama segenap pihak termasuk masyarakat.
Partisipasi masyarakat dan orang tua di sekitarnya sangat penting. Di satu sisi sekolah memerlukan masukan dari masyarakat dalam menyusun program yang relevan, sekaligus memerlukan dukungan masyarakat dalam melaksanakan program tersebut. Dilain pihak, masyarakat memerlukan jasa sekolah untuk mendapatkan program-program pendidikan sesuai dengan yang diinginkan. Jalinan semacam itu dapat terjadi, jika orang tua dan masyarakat dapat saling melengkapi untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan di tingkat sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: