Tips Membeli Laptop Berkualitas

Tips Membeli Laptop Berkualitas

Daripada terlalu banyak mondar – mandir ngomongnya, lebih baik ane kasih sekarang aja tips – tips memilih laptop yang baik dan berkualiatas, oke langsung saja kita simak bersama – sama materi intinya :

    1. Seuaikan Dengan Kebutuhanmu

Pertama kita harus memperhatikan kebutuhan kita sendiri, mau dipakai untuk apa laptop yang kita beli nantinya. Untuk mempermudah ane bagi ke dalam tiga kategori utama yaitu :

   a. Laptop Kantoran

Untuk kebutuhan – kebutuhan ringan seperti browsing, dengerin musik, nugas, atau sekedar memainkan game – game ringan saja. Tidak membutuhkan spesifikasi yang tinggi, cukup untuk memenuhi keperluan – keperluan yang berhubungan dengan office (baca: Harga Laptop RAM 4GB Termurah ).

   b. Laptop Desain Grafis

Kebutuhan Anda adalah berhubungan dengan grafik dan warna. Sesekali digunakan untuk kebutuhan word processing dan juga memainkan game tingkat menengah. Menggunakan laptop sebagai sarana hiburan sekaligus untuk kebutuhan kerja (baca: Daftar Laptop Desain Grafis Terbaik ).

   c. Laptop Gaming

Anda lebih banyak menggunakan untuk kebutuhan bermain game – game berat, dengan jangka waktu cukup lama, membutuhkan performa yang stabil, kualitas tampilan jernih dan tajam. Sesekali digunakan menonton film dengan kualis tinggi seperti blueray (baca: Daftar Laptop Untuk Game Terbaik Murah ).

    1. Jenis Laptop

Penting juga untuk memperhatikan jenis laptop seperti apa yang akan kita beli nanti, disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang kita punya tentunya. Misal kita butuh jenis laptop kelas gaming. Maka sesuaikan dulu sama budget di kantong karena pastinya laptop jenis gaming mempunyai spesifikasi yang sudah sangat mumpuni (baca: Harga Laptop Dell Alienware Gaming ), dan tentunya harganya pun tak kalah menyolok mata.

Nah yang satu ini juga kadang menjadi kendala sob, pastikan dulu budget yang kita punya cukup atau enggak buat beli laptop yang kita pengen, jangan karena udah ngebet banget eh sampai lupa aggaran kantong sendiri.

Merk dapat menjadi salah satu acuan dalam menentukan pilihan dalam membeli laptop. Bukannya ane cuma pro sama beberapa merk ( vendor ) tertentu saja sob, tetapi lebih ditekankan pada keunggulan apa yang diusung oleh sebuah brand laptop itu sendiri. Kita ambil contoh Toshiba terkenal sebagai laptop yang tahan banting dan mempunyai umur pakai yang relatif lebih lama dibanding brand lain. Asus memiliki layanan service terbaik.

    1. Garansi & Service

Garansi adalah salah satu hal yang harus kita perhatikan dalam memilih laptop, karena biasanya lamanya waktu garansi dapat menjadi acuan suatu produk itu memiliki kualitas yang bagus atau tidak. Misalnya laptop Asus, dia berani memberikan garansi sampai dengan 2 tahun. Atau Dell dengan pedenya, ketika laptop Anda rusak, bakalan diganti dengan baru. Dalam membeli laptop pastikan juga ketersediaan service center-nya, usahakan letak service centernya tidak jauh atau minimal ada di kota kalian sob. Ini akan mempermudah kalau – kalau nanti ada kendala atau kerusakan pada laptop yang dibeli, sehingga kerusakan atau kendala yang ada bisa cepat diatasi.

    1. Harga jual kembali

Sebelum membeli laptop lebih baik cari terlebih dahulu jenis, brand, atau laptop seperti apa yang punya harga jual kembali yang tidak terlalu anjlok, bukan tidak mungkin kan nanti kita berniat untuk menjualnya lagi, mungkin karena sudah bosan, pingin upgrade, bisa juga kalau – kalau kepepet ya sob.

    1. Cek sebelum meninggalkan toko

Untuk satu ini, tentu saja hanya bisa dilakukan oleh Anda yang membeli laptop secara offline, yakni di toko laptop. Untuk satu hal ini termasuk penting, karena untuk menghindari hal-hal yang kurang nantinya. Saya pernah punya pengalaman, yakni membeli laptop tanpa saya cek. Walhasil, ada bagian tuts keyboard yang rusak pada laptop saya. Nah itu mungkin bisa menjadi pertimbangan untuk Anda.

Sepertinya cuma segitu aja tips – tips yang bisa ane kasih, tapi lumayan lah bisa buat bahan pertimbangan nantinya buat nentuin laptop seperti apa yang bakal kita beli nanti. Jadilah pembeli yang cerdas, jangan sampe salah pilih. Semoga bermanfaat.

Sumber : https://www.arenalaptop.com/1567/tips-memilih-laptop-berkualitas/

Nama : Reza Febianto

Asal : SMKN 1 Bawang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: