Sejarah Awal Apple Hingga Sekarang

Sejarah Awal Apple Hingga Sekarang

Apple

Apple yaa Nama yang Tergolong Aneh dalam Industri Elektronik, karena namanya Menyangkut Nama Buah yang sebelumnya Belum ada nama Industri yang Menggunakan Nama Buah. Apple Inc. didirikan pada tanggal 1 April, 1976 dan di Ubah menjadi Apple Computer. Inc. pada tanggal 3 Januari, 1977, Namun Pada 9 Januari, 2007, kata “Computer” dihapus untuk Mencerminkan fokus Apple terhadap bidang Elektronik Setelah peluncuran iPhone. Apple didirikan Oleh 3 Anak Muda yaitu Steve Jobs, Steve Wozniak dan Ronald Wayne.  Steve Wozniak  adalah seorang Hacker elektronik. Pada tahun 1975, dia bekerja di Hewlett-Packard (HP) dan membantu temannya Steve Jobs mendisain Video Game untuk Atari.  Ronald Wayne Nyaris tidak pernah disebut dalam sejarah Apple, Mungkin ini karena Wayne meninggalkan Apple 12 hari setelah perusahaan tersebut didirikan. Ronald Wayne merupakan Rekan sekerja Apple di Atari dan memegang saham Apple sebesar 10 persen.
Ia mendirikan Apple bersama duo Steve pada 1 April 1976, dan merancang logo pertama Apple, Setelah keluar dari Apple dan melepas sahamnya, ia bekerja di laboratorium nasional Lawrence Livermore dan menjalankan sebuah toko perangko di Milpats, California. Ironis Memang di saat Apple Meraksasa Tapi Pendiri Perusahaan itu sendiri Malah Mengundurkan diri, Saat saya Menonton Filmnya Memang Tujuan Steve Jobs dan Ronald Wayne Berbeda, Ronald Wayne Mengundurkan diri saat Stave Jobs Sibuk Mengurusi Perusahannya.

Apple

Steve Jobs dan Steve Wozniak sudah berteman sejak lama. Bertemu pertama kali pada tahun 1971 ketika seorang teman memperkenalkan Wozniak yang saat itu berumur 21 tahun kepada Jobs yang saat itu baru berumur 16 tahun. Jobs berhasil membujuk Wozniak untuk membuat komputer dan menjualnya. Jobs mendekati sebuat toko komputer lokal The Byte Shop yang tertarik untuk membeli komputer tetapi hanya komputer yang sudah terpaket lengkap, pemilik toko tersebut Paul Terrell mengatakan ia siap membeli 50 unit seharga $US 500 satunya.
Dibantu oleh satu orang lagi teman Ronald Wayne, bertiga mereka mulai memproduksi komputer tersebut. Dengan menggunakan berbagai cara termasuk meminjam ruangan dari teman dan keluarga, menjual bermacam harta pribadi, memulung dan sedikit menipu. Jobs berhasil mendapatkan komponen-komponen yang dibutuhkan untuk produksi sementara Wozniak dan Wayne membuat komputer-komputer tersebut. Selesai dan dikirim pada bulan Juni, mereka dibayar sesuai janji oleh Paul Terrell. Pada akhirnya, 200 unit Apple I diproduksi.
Tapi Wozniak sudah lebih maju daripada Apple I. Banyak elemen design Apple I dibuat karena keterbatasan dana yang dimiliki oleh mereka untuk membuat sebuah prototype. Tapi dengan pendapatan dari penjualan Apple I, dia bisa memulai produksi komputer yang lebih canggih, Apple II. Apple II diperkenalkan kepada publik pada West Coast Computer Faire pada bulan April 1977.
Mengetahui membuat komputer seperti itu akan memakan banyak biaya. Jobs mulai mencari uang tunai namun Wayne sedikit ragu karena ia pernah mengalami kegagalan perusahaan empat tahun sebelumnya dan akhirnya keluar dari perusahaan. Jobs akhirnya bertemu dengan Mike Markkula yang menjamin pinjaman bank sebanyak $US 250.000 dan mereka bertiga membentuk perusahaan Apple Computer pada 1 April 1976. Dengan dana dan disain bentuk yang baru, Apple II dilepas pada tahun 1977 dan menjadi komputer yang biasanya diasosiasikan dengan munculnya pasar PC. Jutaan unit terjual sampai tahun 1980an. Ketika Apple go public pada tahun 1980, mereka menghasilkan dana terbanyak sejak Ford go public pada tahun 1956.
Memasuki dekade 1980, Apple menghadapi kompetisi dalam bisnis komputer pribadi yang Cukup Sengit. Salah satu penantang besar adalah IBM, perusahaan ternama pertama di bidang komputer pada saat itu, Komputer IBM yang menggunakan sistem operasi DOS yang dilisensi kepada IBM oleh Microsoft meraih porsi yang besar dalam pangsa pasar komputer meja untuk perusahaan besar yang tergolong masih muda.
saat itu Apple III tergolong sangat mahal walaupun Apple berusaha mengeluarkan versi yang diperbaiki pada tahun 1983 yang juga gagal di pasaran.

Proyek Lisa dilepas dari kendali Steve Jobs saat masih separuh jadi. Steve Jobs kemudian mengalihkan perhatiannya kepada proyek Macintosh, yang pada awalnya dianggap sebagai sejenis Lisa yang lebih murah. Apple Macintosh diluncurkan pada tahun 1984, merek Macintosh pada akhirnya menjadi produk yang berhasil bagi Apple bahkan sampai hari ini.
Setelah kegagalan Macintosh Portable pada tahun 1989 Apple mencoba memperkenalkan sebuah komputer portabel yang lebih populer PowerBook di awal dekade 1990. Generasi pertama produk ini dirancang bersama SONY.
PowerBook mengalami kegagalan setelah model PowerBook 5300 memiliki banyak masalah dalam kualitasnya seperti baterai yang gampang rusak, kerangka yang gampang keropos dan layar yang tidak bagus.
Pada tahun 1994, Apple memperbarui produk Macintosh mereka dengan mengenalkan seri Power Macintosh, yang menggunakan prosesor PowerPC hasil kerjasama IBM, Motorola dan Apple. Prosesor ini menggunakan arsitektur RISC, yang jauh berbeda dengan seri Motorola 680X0 sebelumnya. Sistem operasi milik Apple disesuaikan agar piranti lunak yang dikembangkan untuk prosesor yang lebih tua bisa berjalan dengan seri prosesor PowerPC.

Masalahan kepemimpinan terjadi di dalam Apple dengan CEO baru John Sculley di dekare 1980-an, Steve Jobs keluar dari Apple dan mendirikan perusahaan NeXT Inc.
Awalnya Jobs  menggaet Scully dengan kalimat singkat, “Dirimu ingin terus berjualan air gula untuk seumur hidup, atau bergabung dengan aku untuk merubah dunia?”
Walaupun didirikan sendiri oleh Steve Jobs faktanya pernah terlempar dari Apple. Setelah terlibat perseturuan dengan John Scully yang direkrutnya dari Pepsi, Steve memutuskan undur diri dan mendirikan perusahaan lain, bernama NeXT Computer.
NeXT Inc. Yang pada akhirnya GAGAL, sekalipun memiliki awal yang baik. Dikemudian hari, Dalam usaha Apple untuk menyelamatkan perusahaannya, mereka membeli NeXT sekaligus dengan sistem operasi UNIX-based Nya NeXTstep yang juga membawa kembali Steve Jobs ke dalam perusahaan yang didirikannya. Sata satu langkah pertama yang dia lakukan sebagai pemimpin sementara di Apple adalah mencetuskan ide untuk mengembangkan iMac, produk yang akan menyelamatkan Apple dari kehancurannya sekaligus memberikan waktu bagi mereka untuk merampingkan sistem operasi yang sudah ada.
Produk yang dirilis Apple setelah itu adalah Apple Airport yang menggunakan teknologi Wireless LAN untuk menyambungkan sebuah komputer ke Internet tanpa menggunakan kabel. Mereka juga mengeluarkan iBook dan PowerMac G4. Di pertengahan 2003, Apple mengeluarkan prosesor PowerPC generasi kelima yang menggunakan seri prosesor PowerPC 970 yang dikembangkan oleh IBM. Ini adalah komputer 64 bit yang pertama kali tersedia untuk umum.
Pada tahun 2001, Apple memperkenalkan Mac OS X, sebuah sistem operasi yang didasarkan dari NeXTstep yang menggabungkan stabilitas, kehandalan dan keamanan yang dimiliki UNIX dengan kemudahan dalam menggunakan Macintosh ke dalam sebuah piranti lunak yang bisa dipakai baik bagi mereka yang bergerak di bidang profesional maupun perseorangan.
Pada Januari 2007, Apple memasuki pasar Telepon genggam dengan memperkenalkan iPhone, yang dirilis pada tanggal 29 Juni 2007 di AS.
Namun, pada tahun 2011, CEO Apple digantikan oleh Tim Cook , dikarenakan mundurnya Steve Jobs dari jabatannya pada tanggal 24 Agustus 2011. Kemudian, pada tanggal 5 Oktober 2011, Steve Jobs yang merupakan mantan CEO dan Pendiri Apple, Meningal dunia karena kanker Pankreas. Hal ini Membuat Seluruh Jagat Teknology Tercenggang dan Kaget atas Meninggalnya Stave Jobs.

Ketika tenggat waktu memberikan nama untuk bisnisnya telah mencapai 3 bulan, Steve Wozniak kemudian menawarkan kepada staffnya: “Jika sampai pukul 5 sore hari ini tidak ada yang menemukan nama yang baik untuk perusahaan ini, maka nama tersebut akan diambil dari apapun yang saya suka..”. Setelah pukul 5 sore, masih tidak ada yang menemukan nama yang tepat, kebetulan Steve Wozniak sedang memakan buah Apel saat itu, dan sesuai dengan pernyataannya, perusahaan tersebut mengambil nama dari buah apel sebagai perusahaan Apple Computer Company.

Apple

Banyak yang Bertanya Tanya soal Gigitan Setengah pada Logo Apple, sebelum akhirnya dijawab oleh sang pembuat Logo Apple. Berikut beberapa di antaranya:
-Logo dengan buah apel Tanpa digigit akan terlihat seperti buah jeruk, maka untuk membedakannya, dibuatlah Apel yang digigit sebagai logo mereka.
-Terinspirasi dari Alan Turning, bapak komputer modern yang mengakhiri hidupnya dengan memakan apel yang mengandung sianida.-Ada juga yang mengatakan, gigitan itu berarti byte. Istilah tersebut berasal dari kapasitas memori komputer, yaitu mega byte, terra byte.
-Filosofinya, apel diumpamakan sebagai ilmu pengetahuan. Gigitannya adalah simbol kalau manusia tidak bisa memakan semua ilmu, tapi hanya sebagian saja.
-Mengenang Isaac Newton (teori gravitasi konon ditemukan setelah Newton melihat apel jatuh dari atas pohon).
-Ada juga yang berpendapat bahwa saat anda melihat merek Apple, berarti anda sudah mencicipi kecanggihan dan elegannya produk Apple.

Sang pembuat logo Rob Janoff menjawab:
Menurut keterangan Rob Janoff yang diambil dari situs Creativebits, Gigitan apel itu hanyalah sebuah variasi saja. Menurutnya, logo itu tidak punya arti khusus, yang dia lakukan hanya mendesain apel dengan kreatifitas yang dimilikinya.
Meski Rob Janoff sudah menjelaskan, banyak orang belum Yakin. Dan jadilah logo buah apel yang digigit tetap menjadi sebuah Misteri.Logo Apple Terus Berubah Hingga Pada Akhirnya Menjadi Apple yang setengah di Gigit. Logo APPLE COMPUTER Pertama Kali, Di Buat oleh RONALD WAYNE,  Logo APPLE Ketika Tahun 1976 Di Buat Oleh Rob Janoff  Dengan Tema Warna Pelangi Yang Di Gunakan Hingga 1998

Apple
Perkembangan Logo Apple
Berikut ini adalah Beberapa Produk Apple yang di Pasarkan di Indonesia, Lambat Laun mungkin akan Bertambah,
  • iMac
  • Mac Pro
  • Mac mini
  • MacBook
  • MacBook Pro
  • MacBook Air
  • iPhone 4
  • iPhone 4S
  • iPhone 5
  • iPhone 5S
  • iPhone 5C
  • iPad 2
  • The new iPad (generasi ketiga)
  • iPad with Retina display (generasi keempat)
  • iPad mini
  • iPod touch (generasi keempat dan kelima)
  • iPod nano (generasi keenam dan ketujuh)
  • iPod shuffle (generasi keempat)
  • iPod classic (generasi keenam, 160GB)
  • Apple TV
 Seperti dilansir dari Apple Insider, di 2014 ini  Apple baru saja ‘merayakan’ penjualan iPhone ke 500 juta mereka sejak iPhone generasi pertama diperkenalkan.

Jika diibaratkan, jumlah iPhone ini cukup untuk menjejali setiap telapak tangan manusia di Inggris, Perancis, Italia dan Amerika Serikat kala digabungkan.

Stave Jobs
Stave Jobs Memeggang iPhone

Apple memang sangat Fenomenal, sudah sepatutnya Kita Belajar dari para Pembuat Teknologi yang Produknya membantu kita, Mungkin yang membuat kita Menjadi Terinspirasi dari Kisah Perjalanan Mereka dalam membuat Produk Inovatif yang Merubah Dunia, Terima Kasih Steve Jobs, Steve Wozniak dan Ronald Wayne Yang Telah Mengajarkan kami Pentingnya Inovasi,Penemuan Mu Takan Kami Lupakan.

Sumber : https://granoidcomputer.blogspot.co.id/2014/04/sejarah-awal-apple-hingga-sekarang.html
Nama : Reza Febianto
Asal : SMKN 1 Bawang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: