Macam-macam Virus Komputer dan Cara Mengatasinya

Macam-macam Virus Komputer dan Cara Mengatasinya

Apa Pengertian dari Virus komputer?

Virus Komputer adalah sebuah program parasit pada komputer yang dapat menggandakan dirinya sendiri dan juga dapat menyebar pada komputer lain dengan cara menyisipkan dirinya didalam sebuah program atau data.

Biasanya data seseorang tidak sengaja memindahkan virus dari komputer satu ke komputer lainnya pada saat orang tersebut memindahkan data menggunakan flshdisk atau perangkat lain, sehingga virus tersebut akan menyusup pada flashdisk dan berpindah pada komputer yang lain.

Mengapa Virus komputer dibuat?

Virus komputer dibuat dengan tujuan yang tidak baik yaitu untuk pencurian data pada komputer tanpa sepengetahuan dari pemiliknya. banyak efek negatif yang ditimbulakan oleh virus komputer diantaranya rusaknya data dan program pada komputer sehingga data tersebut tidak dapat dibuka, ataupun program yang ada pada komputer tidak dapat berjalan. Selain itu virus juga akan menggandakan dirinya sendiri dengan jumlah yang sangat banya sehingga akan memenuhi ruang pada komputer dan akan memperberat kinerja dan RAM dan prosessor.

Macam-macam Virus Komputer

1. Trojan
Trojan adalah sebuah virus komputer yang dibuat dengan tujuan untuk mengendalikan dan mencuri data pada komputer. Trojan biasanya menyebar melalui internet dan lokasi dari penyebaran trojan adalah email ataupun data pribadi yang tidak diberi password.
Untuk Mengatasi virus trojan dengan menggunakan Trojan Remover atau Trojan Hunter

2. Worm
Worm adalah sebuah virus komputer yang dapat menggandakan dirinya sendiri. Hal yang paling berbahaya dari worm adalah dia dapat melipatgandakan dirinya sendiri dengan sangat cepat sehingga jika komputer terkena virus worm dengan waktu yang cukup lama maka worm akan memenuhi kapasitas dari harddisk dan membuat memori menjadi penuh.
Cara mengatasi virus jenis worm ini dengan menggunakan antivirus biasa, atau dengan antivirus versi pro akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Antivirus

3. Memory Resident Virus
Memory Resident Virus yaitu sebuah virus yang dapat menginfeksi RAM komputer. Efek yang ditimbulkan dari virus jenis ini adalah komputer menjadi lemot.
Cara mengatasi virus jenis ini dengan menggunakan antivirus, akan tetapi antivirus yang digunakan juga harus diupdate secara berkala.

4. Web Scripting Virus
Web Scripting Virus adalah sebuah program yang digunakan untuk mempercantik konten dari sebuah website, akan tetapi program ini dimanfaatkan untuk mengganggu dengan tujuan tertentu.
Untuk mengatasi virus jenis ini dapat menggunakan Microsoft tool bawaan windows dan lakukan scan secara teratur.

5. Multipartite Virus
Multipartite Virus adalah sebuah virus komputer yang terdiri dari file-file yang menginfeksi sistem operasi tertentu. Virus jenis ini biasanya bersembunyi pada RAM dan akan menginfeksi dari harddisk.
Cara mengatasi virus jenis ini yaitu dengan melakukan Disk Defragmenter.

6. FAT Virus
FAT Virus atau File Allocation Table Virus adalah sebuah virus komputer yang dibuat dengan tujuan untuk merusak file pada lokasi tertentu. File yang terkena virus ini biasanya akan disembunyikan seolah-olah file tersebut hilang.
Cara mengatasi virus ini dengan melakukan scan dengan antivirus yang sudah diupdate secar berkala.

7. Companion virus
Companion virus adalah sebuah virus komputeryang dibuat untuk mengganggu data pribadi. Lokasinya berada di dalam hardisk. Tetapi mempunyai ciri ekstensi yang berbeda.
Pencegahan : install scan antivirus dan juga download firewall.

8. Polymorpic virus
Polymorpic virus adalah sebuah virus komputer yang mempunyai kemampuan untuk menyandikan diri dengan cara yang berbeda-beda pada waktu menginfeksi sistem. Contoh : Marburg, tuareg dan elken.
Cara mencegah yaitu dengan menginstall antivirus high end.

9. Directory virus
Directory virus adalah jenis virus yang menginifeksi file dengan ekstensi exe atau com, kemudian memindahkannya. Sehingga ketika file tersebut dipanggil untuk dijalankan, maka secara otomatis virus akan beraksi untuk menginfeksi sistem yang lain.
Cara mengatasi virus ini yaitu dengan melakukan format dan install ulang semua program dan sistem operasi.

10. Macro virus
Macros Virus adalah virus komputer yang mempunyai kemampuan untuk menginfeksi file makro seperti doc, Xls, Pps dan Mdb. Selain itu virus jenis ini akan menginfeksi email yang berisi dokumen.
Cara mengatasi dengan menghindari membuka email yang tidak dikenal dan juga menonaktifkan program makro.

11. Boot sector virus
Boot sector virus adalah sebuah virus komputer yang dapat menginfeksi bagian terkecil dalam sebuah hardisk yang disebut sektor boot.  Lokasinya bersembunyi di dalam floppy disk. Sehingga ketika sistem berjalan dia bisa berpindah kemama-mana untuk melakukan aksi infeksinya. Contoh : Polyboot.B, Anti EXE.
Cara paling ampuh untuk mengatasinya yaitu dengan memastikan floppy disk pada posisi write protect.

12. Overwrite viruses
Overwrite viruses adalah sebuah virus komputer yang mempunyai kemampuan untuk menghapus file atau data yang terinfeksi tanpa mengubah ukuran file tersebut. Sehingga kita tidak akan merasa curiga tentang keberadaannya. Contoh : Way, Trj.Reboot, Trivial.88.D.
Satu-satunya cara untuk mengatasinya yaitu dengan menghapus file yang terinfeksi.

13. Direct action viruses
Direct action viruses adalah sebuah virus komputer yang mempunyai kemampuan menginfeksi file jenis AUTOXEC BAT. Yang terletak pada direktori hardisk. Jenis ini akan beraksi ketika sistem operasi dijalankan. Jenis virus ini mempunyai kemampuan untuk menginfeksi perangkat eksternal seperti hardisk eksternal dan flashdisk. Contoh Vienna.
Cara mengatasinya dengan menginstall scan antivirus.

sumber : https://www.teorikomputer.com/2016/01/macam-macam-virus-komputer-dan-cara.html
nama : Reza Febianto
Asal : SMKN 1 Bawang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: