Filosofi Naga

FreeGreatPicture.com-6826-chinese-cultureNaga adalah makhluk mitos yang telah banyak berkembang tidak hanya di Cina, namun di banyak wilayah.Yang membedakan naga di wilayah Cina adalah disini naga dianggap suatu hal yang baik dan dihidangkan dengan segala yang baik. Berbeda dengan naga di wilayah lain, misalnya bangsa eropa yang menyatakan bahwa naga adalah makhluk yang jahat dan bertabiat menghancurkan. Karakterristik naga berhubungan denga Yin & Yang, dimana Naga diyakini diyakini memiliki 117 sisik. 81 diantaranya memiliki karakter Yang (Positif) dan 36 lainnya memiliki karakter Yin (Negatif). Di dalam mitologi Cina, naga memiliki kaitan yang sangat erat dengan angka “9”. Misalnya, Naga di dalam mitologi Cina disebut memiliki 9 orang anak yang juga memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Selain 9 karakteristik itu, Naga Cina sesungguhnya memiliki 9 karakteristik yang merupakan kombinasi dari makhluk-makhluk lainnya yaitu;

  1. Ia memiliki kepala seperti unta
  2. Sisiknya seperti ikan
  3. Tanduknya seperti rusa
  4. Matanya seperti siluman
  5. Telinganya seperti lembu
  6. Lehernya seperti ular
  7. Perutnya seperti tiram
  8. Telapak kakinya seperti harimau
  9. Dan Cakarnya seperti rajawali.

Naga juga dijadikan simbol kenegaraan oleh bangsa Cina. Selain itu bentuk simbol naga juga digunakan untuk membedakan kelas masyarakat. Misalnya, bila para keluarga kerajaan menggunakan naga berlatar warna merah dengan lima cakar maka golongan yang lain tidak boleh menggunakannya.

Menurut kepercayaan masyarakat Cina, naga memiliki peranan yang cukup penting.Bagi bangsa Cina, naga adalah salah satu dari empat makhluk spiritual yang mendapat penghormatan tertinggi. Tiga makhluk lainnya adalah Phoenix, Qilin (Kirin) dan Kura-kura. Namun diantara semuanya, naga adalah yang paling perkasa.Ia juga melambangkan kekuatan magis, kebaikan, kesuburan, kewaspadaan dan harga diri.

1 comment

  1. antropologinya sebelah mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: