Materi 3 Sosiologi Kelas XI: Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmonisasi Sosial

Di tulisan ini, saya hanya akan membahas mengenai Harmonisasi Sosial. Berikut tulisannya

Harmoni Sosial adalah kondisi dimana individu hidup sejalan dan serasi dengan tujuan masyarakatnya. Harmoni sosial juga terjadi dalam masyarakat yang ditandai dengan solidaritas. Harmoni sosial suatu keadaan keseimbangan dalam sebuah kehidupan, dua kata yang saling berkesinambungan dan memiliki arti kata yang tidak dapat dipisahkan merupakan keadaan yang selalu didambakan oleh masyarakat dalam kehidupan mereka.Keharmonisan akan terwujud jika di dalamnya ada sikap saling menghargai dan menyayangi antar anggota keluarga atau masyarakat.

Dari kedua gabungan kata tersebut dapatlah diperoleh kesimpulan yang menggambarkan cita-cita tinggi dari kehidupan bermasyarakat, harmoni sosial tidak akan pernah tercapai ketika tidak tercipta kehidupan yang damai serta saling menghargai dari setiap anggota masyarakat yang tinggal bersama dan memiliki perbedaan.

Keberadaan manusia bersama dengan sesamanya merupakan kenyataan yang tidak dapat disangkal. Tidak mungkin hidup tanpa orang lain, suatu masyarakat akan berada dalam ketertiban, ketentraman, dan kenyamanan bila berhasil membangun harmoni sosial. Banyak hal yang berkaitan dengan harmoni sosial, baik dari aspek ideologi, politik, ekonomi, budaya, pertahanan, dan keamanan.

Contoh berita faktual dapat dilihat disini Pertamina Bangun Solidaritas dengan Komunitas Motor
Penugasan:
1. Jelaskan pengertian harmonisasi sosial !

Sumber: Nur, Wahyu Mulya. 2014. Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmonisasi Sosial. Skripsi: UIN Sunan Ampel.

Materi ini diperoleh dari :

Materi Pembelajaran Sosiologi Kelas XI : Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmonisasi Sosial

Tulisan ini dipublikasikan di Sosiologi SMA. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: