RSS

Materi Kelas XII: Perubahan Sosial Dan Dampaknya

     Perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada masyarakat yang mencakup sistem sosial, termasuk nilai, sikap, dan pola-pola perilaku serta mencakup kebudayaan seperti kesenian, ilmu pengetahuan, teknologi yang menimbulkan perubahan kearah progress atau regress.

Pengertian Perubahan Sosial menurut para ahli :

  1. Kingsley Davis : Perubahan sosial merupakan bagian dari perubahan kebudayaan. Perubahan dalam kebudayaan mencakup semua bagiannya, yaitu kesenian, ilmu pengetahuan, teknologi, filsafat, bahkan perubahan dalam bentuk serta aturan organisasi sosial
  2. Emile Durkheim : perubahan sosial dapat terjadi sebagai hasil faktor-faktor ekologis dan demografis, yang mengubah kehidupan masyarakat dari kondisi tradisional yang diikat solidaritas mekanistik, ke dalam kondisi masyaakat modern yang diikat oleh solidaritas organistik.
  3. Selo Soemarjan : perubahan sosial adalah perubahan pada lembaga-lembaga sosial dalam masyarakat yang  berpengaruh pada sistem sosial,sikap dan perilaku kelompok-kelompok sosial yang ada dalam masyarakat.

Ciri-Ciri Perubahan Sosial
1. Tidak ada masyarakat yang berhenti berkembang (dinamis)
2. Perubahan pada satu lembaga akan menyebabkan perubahan pada lembaga lainnya.
3. Perubahan yang cepat (revolusi) dapat menyebabkan disorganisasi dalam kelompok dan bersifat sementara
4. Perubahan sosial tidak hanya mencakup materiel / spiritualnya saja  tapi mencakup keduanya.

Teori- teori perubahan sosial

  • Teori Evolusioner

Teori ini menjelaskan bahwa semua masyarakat akan mengalami perubahan dari tahap perkembangan awal menuju tahap perkembangan akhir. Berdasar teori evolusioner  apabila perubahan yang terjadi memasuki tahap terakhir, maka pada saat itu perubahan evolusioner berakhir.  Oleh sebab itu teori evolusioner berpandangan bahwa perubahan sosial yang terjadi di masyarakat   memiliki arah yang  jelas dan tetap.

  •  Teori Siklus

Penganut teori siklus berpendapat bahwa tahap perubahan yang dilalui masyarakat tidak berakhir pada tahap terakhir yang sempurna,melainkan berputar kembali ke tahap awal untuk peralihan selanjutnya. Dengan kata lain  masyarakat berkembang seperti roda: kadang naik ke atas, kadang turun ke bawah.

  • Teori Fungsional

Teori fungsional lebih menekankan pada usaha memelihara sistem sosial secara   menyeluruh, bukan mengubahnya. Maka teori ini lebih melihat perubahan sosial sebagai sesuatu yang mengacaukan keseimbangan. Teori menekankan pada keseimbangan dan stabilitas.

  • Teori Konflik

Teori konflik menekankan adanya konflik sebagai faktor terjadinya perubahan sosial. Berbeda dengan teori fungsional yang menghendaki keseimbangan dan stabilitas dan menghindari perubahan sosial,  teori ini lebih menekankan terjadinya perubahan sosial. Perubahan sosial merupakan sesuatu yang harus diwujudkan di masyarakat. Faktor utama yang mendorong terjadinya perubahan sosial adalah adanya konflik yang terjadi di masyarakat. Sehingga teori ini menekankan masyarakat sebagai subyek perubahan.

Bentuk Bentuk Perubahan Sosial

  1. Secara Lambat dan Secara Cepat
  • Perubahan sosial secara lambat/perubahan evolusi adalah memerlukan waktu yang lama tanpa dengan perencanaan. dam bergantung kepada orang-orang yang berkuasa di masa tertentu.
  • Perubahan sosial cepat/perubahan revolusi, adalah memerlukan waktu yang cepat yang mengubah dasar-dasar kehidupan masyarakat dalam waktu singkat.
  1. Perubahan Besar dan Perubahan Kecil
  • Bentuk perubahan sosial berpengaruh besar adalah perubahan dengan dampak besar bagi kehidupan masyarakat. Contohnya perubahan sistem pemerintahan.
  • Bentuk perubahan sosial berpengaruh kecil adalah perubahan yang tidak berarti penting bagi struktur sosial dalam memengaruh kehidupan masyarakat. Contohnya perubahan model pakaian yang tidak melanggar nilai dan norma.
  1. Direncanakan dan Tidak Direncanakan
  • Bentuk perubahan sosial yang direncakanan adalah perubahan sosial yang melakukan persiapan yang matang dan  perencanaan. Contoh perubahan sosial yang direncanakan adalah program keluarga berencana (KB)
  • Bentuk perubahan sosial yang tidak direncanakan adalah perubahan sosial yang tidak memerlukan persiapan dan perencanaan. Contoh perubahan sosial yang tidak direncanakan adalah keluarga tiba-tia terpaksa pindah ke lingkungan baru.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perubahan Sosial 

  1. Faktor Internal adalah faktor yang berasal dari dalam lingkungan masyarakat tersebut. Macam-macam faktor internal dalam perubahan sosial adalah pertumbuhan penduduk, penemuan baru, invensi dan sistem ideologi.
  2. Faktor Eksternal adalah faktor yang berasal lingkungan luar masyarakat tersebut. Macam-macam faktor eksternal adalah musibah, peperangan dan pengaruh kebudayaan lain.

Dampak Perubahan Sosial

  1. Dampak Positif Perubahan Sosial

Beberapa dampak positip terjadinya perubahan sosial yang dapat kita amati antara lain :

  • Memiliki nilai dan norma  sosial baru sebagai konsekwensi ditinggalkanya nilai dan norma sosial lama yang dianggap tidak sesuai dengan tuntutan dinamika sosial masyarakat.
  • Perubahan struktur sosial dan relasi sosial yang  lebih egaliter. Hal ini ditandai dengan makin tergesernya stratifikasi sosial tertutup menjadi suatu lapisan sosial yang terbuka dan demokratis.
  • Munculnya pranata-pranata sosial baru yang sesuai dengan tuntutan kehidupan masyarakat.
  • Terjadinya kemajuan di masyarakat dalam berbagai bidang kehidupan baik secara ekonomi, sosial budaya, politik.
  1. Dampak Negatif Perubahan Sosial
  • Masyarakat mengalami disorientasi nilai sosial dan norma sosial.
  • Terjadi konflik sosial baik secara vertikal maupun horizontal.

Sumber:

Soerjono Soekanto, 2003. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Ritzer, George. 2014. Teori Sosiologi. Bantul : Kreasi Wacana

Blog.unnes.ac.id/rimaayur/


Your Comment

You must be logged into post a comment.