SILABUS SOSIOLOGI
KELAS XII
Oleh :
Sita Arundina, S. Pd
NIP: 19840407 200903 2013
SMA Negeri 11 Semarang
Tahun Pelajaran 2014 / 2015
SILABUS SOSIOLOGI KELAS XII
Sekolah : SMA N 11 Semarang
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas / Semester : XII / 1 (satu)
Standar Kompetensi : Memahami dampak perubahan sosial. ( PERUBAHAN SOSIAL )
No
Kompetensi
Dasar
Karakteristik
Materi pokok / Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber/bahan/ alat
TM
PT
KMTT
1.1
Menjelaskan proses perubahan sosial di masyarakat
– Keregeliusan
– Kepedulian
– Kedemokrsian
– Nasionalisme
– Menghargai keragaman
– Berfikir kritis, logis, kreatifitas, dan inovatif
Peduli lingkungan
– Ketangguhan
– Kedemokrasian
– Nasionalisme
– Kejujran
Kerja keras
· Perubahan sosial
· Teori-teori perubahan sosial.
· Bentuk-bentuk perubahan sosial
· Faktor yang memengaruhi perubahan sosial
· Faktor pendorong perubahan sosial.
· Faktor penghambat perubahan sosial.
· Proses perubahan sosial.
· Secara kelompok mencari dan mendiskusikan pengertian dan teori-teori perubahan sosial.
· Secara kelompok mencari dan mendiskusikan bentuk-bentuk perubahan sosial.
· Secara kelompok mencari dan mendiskusikan tentang pengaruh perubahan sosial.
· Secara kelompok mencari dan mendiskusikan tentang faktor pendorong dan penghambat terjadinya perubahan sosial.
· Secara kelompok mencari dan mendiskusikan tentang proses perubahan sosial.
· Mendeskripsikan pengertian perubahan sosial.
· Menjelaskan teori-teori perubahan sosial.
· Menjelaskan bentuk-bentuk perubahan sosial.
· Menyebutkan dan menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi perubahan sosial.
· Menjelaskan faktor pendorong perubahan sosial.
· Menjelaskan faktor penghambat perubahan sosial.
· Menjelaskan proses perubahan sosial.
· Tes tertulis
· Menjawab pertanyaan lisan
· Presentasi
· Laporan hasil diskusi untuk penilaian kelompok
· Diskusi 1.1 Buku Sosiologi 3 penerbit Yudhistira
Hal 7
· Membahas LKS
· Meminta siswa mengerjakan Latihan 1.1 Buku Sosiologi 3 penerbit Yudhistira
· Latihan 1.2 Buku Sosiologi 3 penerbit Yudhistira
· Meminta siswa merangkum penjelasan guru ttg pengertian perubahan sosial dan teori perubahan sosial.
12 jam pelajaran
Buku Sosiologi Yudhistira, SMA kelas XII
No
Kompetensi
Dasar
Karakteristik
Materi pokok / Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber/bahan/ alat
TM
PT
KMTT
1.2
Menganalisis dampak perubahan sosial terhadap kehidupan masyarakat.
– Nasionalisme
– Berpikir logis, kritis dan kreatif
– Kejujran
– Kepedulian
– Kedemokrasian
– Nasionalisme
– Berpikir secara logis, kreatif, dan invatif
– Kerja keras
· Dampak perubahan sosial.
· Cara mengatasi perubahan sosial.
· Secara berkelompok diskusi tentang dampak perubahan sosial bagi kehidupan masyarakat.
· Secara berkelompok diskusi tentang cara mengatasi perubahan sosial yang terjadi dalam masyakrakat.
· Menjelaskan damapak negatif akibat perubahan sosial di masyarakat.
· Menjelaskan perubahan sosial masyarakat sebagai akibat dampak globalisasi.
· Menjelaskan cara mengatasi perubahan sosial.
Tugas kelompok
Laporan diskusi
Tes lisan
Uraian
Tugas kelompok
Presentasi hasil diskusi
Laporan Observasi
Tugas
Latihan soal dari buku Yudistira
Mengerjakan LKS
Mengerjakan Soal Kls XII Semester 1 tahun Lalu
· Diskusi 1.2 Buku Sosiologi 3 penerbit Yudhistira
· Latihan 1.3 Buku Sosiologi 3 penerbit Yudhistira
· Diskusi 1.3
· Diskusi 1.5 Buku Sosiologi 3 penerbit Yudhistira
· Diskusi 1.4 Buku Sosiologi 3 penerbit Yudhistira
· Uji kompetensi poin B sebagai tugas Rumah
Buku Sosiologi Yudhistira, SMA kelas XII
Sekolah : SMA N 11 Semarang
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas / Semester : XII / 1 (satu)
Standar Kompetensi : Memahami lembaga sosial ( LEMBAGA SOSIAL )
No
Kompetensi
Dasar
Karakteristik
Materi pokok / Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber/bahan/ alat
TM
PT
KMTT
2.1
2.2
Menjelaskan hakikat lembaga sosial.
Mengklasifi-kasikan lembaga sosial.
– Kejujran
– Kepedulian
– Kedemokrasian
– Nasionalisme
– Berpikir secara logis, kreatif, dan invatif
– Kerja keras
· Pengertian lembaga sosial.
· Cara pembentukan lembaga sosial.
· Unsur-unsur lembaga sosial.
· Cara mempelajari lembaga sosial.
· Tipe-tipe lembaga sosial.
· Secara berkelompok berdiskusi meliputi pengertian dan hakikat dan ruang lingkup lembaga sosial, lembaga ekonomi, lembaga agama, dan lembaga politik.
· Secara kelompok mendiskusikan permasalahan yang berkaitan dengan tipe-tipe, peran dan fungsi lembaga sosial bagi masyarakat.
· Secara individu menggali informasi tentang peran beberapa lembaga sosial yang berdiri di lingkungan siswa dan hubungannya dengan masalah sosial yang terjadi.
· Secara individu menggali informasi ttg lembaga keluarga & perannya di masy
· Secara kelompok berdiskusi ttg pengertian, proses, & perannya lembaga ekonomi.
· Mendiskripsi pengertian lembaga sosial menurut beberapa ahli.
· Menjelaskan unsur-unsur penting dalam lembaga sosial.
· Menjelaskan unsur-unsur penting dalam lembaga sosial.
· Menjelaskan ciri-ciri lembaga sosial.
· Menjelaskan cara mempelajari lembaga sosial.
· Menjelaskan tipe-tipe lembaga sosial di tinjau dari berbagai sudut pandang yang berbeda.
· Menyebutkan macam2 lembaga.
· Menjelaskan peran dan fungsi lembaga dalam kehidupan.
Tes tulis Uraian dan Pilihan ganda
Presentase hasil
Diskusi
Tes tulis observasi
Pembahasan LKS
Penugasan
Mengerjakan LKS
Mengerjakan Soal-soal dari Buku Yudistira
Mengerjakan Soal-soal dari buku Pemkot
· Latihan 2.1 Buku Sosiologi 3 penerbit Yudhistira
· Diskusi 2.1 Buku Sosiologi 3 penerbit Yudhistira
· Latihan 2.3 Buku Sosiologi 3 penerbit Yudhistira
· Latihan 2.2 Buku Sosiologi 3 penerbit Yudhistira
12 jam pelajaran
Buku Sosiologi Yudhistira, SMA kelas XII
Buku Sosiologi Yudhistira, SMA kelas XII
2.3
Mendeskripsi-kan peran dan fungsi lembaga sosial.
– Ketangguhan
– Kepedulian sosial dan lingkungan
– Kedemokrasian
– Nasionalisme
– Berpikir logis, kritis dan kreatif
– Kejujran
· Macam-macam peran, dan fungsinya dalam masyarakat.
· Secara kelompok mendiskusikan permasalahan yang berkaitan pengertian, proses, dan peran lembaga politik.
· Secara individu menggali informasi tentang lembaga pendidikan dan perannya di masyarakat.
· Secara individu menggali informasi tentang lembaga keluarga dan perannya di masyarakat.
· Secara kelompok berdiskusi tentang pengertian, proses dan perannya lembaga agama.
· Menjelaskan pengertian, ciri-ciri, proses terbentuknya, fungsi, dan peran lembaga keluarga.
· Menjelaskan pengertian, tipe, sistem, fungsi, dan peran lembaga ekonomi.
· Menjelaskan pengertian, proses terbentuknya, fungsi, dan peran lembaga politik.
· Menjelaskan pengertian, fungsi, dan peran lembaga pendidikan.
· Menjelaskan pengertian, fungsi, dan peran lembaga agama.
Presentasi
Tugas kelompok
Tes Lisan
Tes Tertulis
Ulangan
Mengerjakan Soal-soal dari LKS, Yudistira, Pemkot, Erlangga
· Diskusi 2.2 Buku Sosiologi 3 penerbit Yudhistira
· Latihan 2.3 Buku Sosiologi 3 penerbit Yudhistira
· Diskusi 2.3 Buku Sosiologi 3 penerbit Yudhistira
Buku Sosiologi Yudhistira, SMA kelas XII
Sekolah : SMA N 11 Semarang
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas / Semester : XII / 2 (dua)
Standar Kompetensi : Mempraktikkan metode penelitian sosial. ( PENELITIAN SOSIAL )
No
Kompetensi
Dasar
Karakteristk
Materi pokok / Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber/bahan/ alat
TM
PT
KMTT
3.1
Merancang metode penelitian sosial secara sederhana.
– Keregeliusan
– Kepedulian
– Kedemokrsian
– Nasionalisme
– Menghargai keragaman
– Berfikir kritis, logis, kreatifitas, dan inovatif
Peduli lingkungan
· Pengertian penelitian
· Jenis-jenis penelitian.
· Penelitian sosial.
· Rancangan penelitian sosial.
· Secara individu mendefinisikan pengertian penelitian.
· Secara kelompok berdiskusi permasalahan yang berkaitan dengan jenis-jenis penelitian ditinjau dari tujuan, pendekatan, bidang ilmu, dan tempat.
· Secara individu menggali informasi tentang pokok-pokok yang ada pada pendahuluan rancangan penelitian sosial.
· Secara kelompok berdiskusi tentang jenis-jenis penelitian ditinjau dari beberapa sudut pandang.
· Secara individu menggali informasi tentang langkah-langkah menyusun penelitian.
· Secara kelompok berdiskusi untuk menyusun suatu rancangan penelitian sosial.
· Menjelaskan pengertian penelitian.
· Menjelaskan penelitian ditinjau dari tujuannya.
· Menjelaskan penelitian ditinjau dari pendekatannya.
· Menjelaskan penelitian ditinjau dari bidang ilmu.
· Menjelaskan penelitian ditinjau dari tempatnya.
· Menjelaskan penelitian ditinjau dari vaiabel.
· Menjelaskan penelitian dr wujud
data.
· Menjelaskan penelitian ditijau dari pembahasannya.
· Menyusun ranc. penelitian.
Tes tulis Uraian
Tes Lisan
Penilaian
Tugas kelompok
Presentasi
Mengerjakan Soal Pengolahan data Kelompok maupun data tunggal sebagai Tugas Rumah
Mengerjakan Soal-soal dari LKS, Yudistira, Pemkot, Erlangga
Mengerjakan Soal-soal Ujian tahun-tahun lalu.
· Latihan 3.1 Sosiologi 3 penerbit Yudhistira
· Latihan 3.2 Sosiologi 3 penerbit Yudhistira
· Latihan 3.3 Sosiologi 3 penerbit Yudhistira
· Diskusi 3.1 Sosiologi 3 penerbit Yudhistira
· Latihan 3.6 Sosiologi 3 penerbit Yudhistira
· Latihan 3.4 Sosiologi 3 penerbit Yudhistira
· Uji kompetensi poin A
26 jam pelajaran
Buku Sosiologi Yudhistira, SMA kelas XII
Buku Sosiologi Yudhistira, SMA kelas XII
3.2
3.3
Melakukan penelitian sosial secara sederhana.
Mengomunikasikan penelitian Sos.Scr sederhana.
· Penelitian sosial sederhana.
· Presentasi hasil penelitian.
· Secara kelompok menyusun rancangan penelitian.
· Secara kelompok menyusun sebuah penelitian sosial sederhana.
· Mengidentifikasi permasalahan yang akan diteliti.
· Menyusun langkah-langkah penelitian.
· Menyusun penelitian sosial sederhana.
· Mempresentasikan hasil penyusunan penelitian di depan kelas.
Ulangan
· Meminta siswa membuat penelitian komparatif tentang kantin di SMA 11.
Buku Sosiologi Yudhistira, SMA kelas XII
Buku Sosiologi Yudhistira, SMA kelas XII
Semarang, Juli 2014
Mengetahui
Kepala SMA N 11 Semarang Guru Sosiologi
Drs. Wagino Sunarto Sita Arundina, S. Pd
NIP. 19570413 198603 1011 NIP. 19840407 200903 2013
formatnya bisa diperbaiki, biar jelas ya wi. oke.? :thumbup
informasi nya bagus, tolong tampilannya di rapikan ya 😀 semangat
kurang rapih, tabelnya bisa diposting dalam format image wi, kalau memang tabelnya ngga bisa di paste di blog…