TIPS MENGOBATI TIPES
Posted by Feiv Hidayat in Uncategorized on November 19, 2015
Tahukan anda penyebab terjadinya penyakit tipes? Penyakit tipes merupakan salah satu jenis penyakit yang di akibatkan atau ditularkan oleh bakteri salmonella melalui media makanan atau minuman. Gejala yang bisa dilihat saat seseorang terkena penyakit ini yaitu badan terasa meriang (panas dingin), tubuh lemah. Penyakit ini biasanya akan mudah hinggap pada seseorang dengan tingkat kekebalan tubuh yang lemah atau kurang fit, serta komsumsi makanan atau minuman yang sudah terkena bakteri salmonella. Di kalangan mahasiswa ini sering terjadi karena mahasiswa sering telat makan dan kurang istirahat sehingga kekebalan tubuh menjadi lemah.
Berikut adalah tips untuk mengobati tipes:
Sumber: https://www.google.com/search?q=cacing+kartun
Jika anda melihat cacing anda akan merasa geli dan jijik, namun beberapa sesepuh menggunakan ini untuk mengobaiti tipus. Cara yang harus anda lakukan adalah cari beberapa cacing tanah kemudin bersihkan dengan cara membelah cacing tersebut. didalam tubuh cacing terdapat tanah yang harus anda bersihkan kemudian bilas hingga beberapa kali untuk menghasilkan hasil yang bersih. Kemudian rebus cacing tersebut hingga air mendidih, proses berikutnya adalah jemur cacing yang sudah direbus hingga betul-betul mengering dan tidak dalam kondisi basah. Jemur hingga 3 hari.
Jika sudah mengering anda dapat menumbuk cacing yang sudah kering tersebut kemudian anda dapat mencampurkan 1 ujung sendok teh kedalam minuman rasa buah atau jus buah untuk mengantisipasi rasa anyir yang dihasilkan oleh cacing tersebut. Obat tradisional ini dikenal paling manjur untuk mengobati penyakit tipus.
Selain itu jika anda ingin lebih praktis, setelah proses cacing di rebus tuangkan air rebusan cacing ke gelas. Minumlah air rebusan cacing tersebut. Untuk mengurangi rasa anyir anda bisa mencampur air rebusan cacing tersebut dengan susu, sirup atau yang lainnya,
EMPLOY OF ALLAH
Posted by Feiv Hidayat in Uncategorized on November 19, 2015
Banyak orang yang sering membicarakan Allah tetapi mereka jarang berbicara dengan Allah. Kurangnya pemahaman akan makna hidup ini untuk apa ,membuat orang hanya sekedar hidup. Padahal hidup didunia ini itu tidak lama, jangan sampai kita hidup menjadi lebih sesat dari hewan ternak. Kenapa hewan ternak? Karena hewan ternak hidup hanya dengan rutinitasnya. Kalau kita hidup tidak menggunakan akal maka kita sama dengan hewan ternak yang hanya mengikuti rutinitas. Janganlah kita menjadi orang yang ingin sukses di dunia, yang penting itu adalah sukses menjadi hamba Allah.
Employ of Allah adalah kerja hanya untuk Allah, kita harus membangun kemesraan ketika berbicara dengan Allah. Jadi dimanapun kita berada jadilah solvemaker. Karena kita harus mengenal Allah, sebab semua Nabi sebelum diangkat mereka mengalami kegagalan juga.
Cara fokus kepada Allah yaitu dengan me-time yang artinya kita mempunyai waktu sendiri untuk berduaan dengan Allah. Karena hati yang mati itu adalah dia yang hatinya sangat keras saat dibacakan ayat Allah tidak ada pengaruhnya. Kita jangan fkus pada masalah dan solusi, kita harus fokus just on Allah. Masalah bukan untuk diselesaikan ini menurut al-Qur’an surat as-Shofat ayat 143-144. Allah mengalami masalah bukan untuk diselesaikan tetapi untuk dibaca pesan cintanya Allah. Ada 3 employ of Allah, yaitu:
1. Mengabdi kepada Allah
2. Kontribusi kepada Umat
3. Dakwah kepada orang lain
Jadi dalam kita melakukan sesuatu itu harus dengan ikhtiar, tetapi jangan sampai menggunakan ikhtiar berhala seperti kerja keras hanya untuk ijazah, keris dan lain-lain. Contoh seperti mendapat nilai comloude karena kita yakin itu hasil dari sering belajar dengan kemampuan sendiri bukan karena bantuan Allah, maka itu ikhtiar yang salah. Kita dalam mengerjakan sesuatu itu harus dengan ikhtiar iman maksimal, dalam ikhtiar iman maksimal memiliki dua dimensi yaitu ikhtiar maksimal dan iman maksimal.
Ciri khas dari ikhtiar iman maksimal adalah action sendiri tetapi hati atau keyakinan tetap kepada Allah. Seperti halnya ikhtiar burung, burung saat keluar rumah sudah berdo’a dengan hati tentram karena Allah dalam hal mencari makanan. ketika pergi kesatu tempat tidak ada makanan maka burung itu akan mencari makanan ketempat lain sampai mendapatkan, tidak mengeluh saat mengalami kegagalan karena burung itu kerja hanya untuk Allah. Tidak seperti manusia kebanyakan dari mereka mudah mengeluh saat tidak mendapat sesuatu yang dicari, karena niat awalnya bukan karena Allah. Dan saat pertama keluar rumah niat mereka hanya untuk mencari kesenangan hati di dunia dengan tidak mengingat Allah. Jadi pada intinya kita harus melakukan sesuatu atau mengerjakan sesuatu dengan niat awal karena Allah dan serahkan semuanya kepada Allah sehingga apa yang kita niatkan dari awal itu lah hasil yang akan kita dapatkan.
TIPE GAYA BELAJAR
Posted by Feiv Hidayat in Uncategorized on November 19, 2015
Cara belajar setiap anak itu berbeda antara 1 dan lainnya oleh sebab itu gaya belajar anak perlu kita pahami karena setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangan serta bakat dan minat yang berbeda-beda pula dan setiap anak mengolah informasi oleh sebab itu sering kali harus menempuh cara yang berbeda untuk bisa menerima dan memahami sebuah informasi atau pelajaran yang sama.
Ada sebagian siswa yang lebih mudah menyerap atau memahami materi ketika guru yang menerangkan dan ada pula siswa yang suka belajar sendiri. Yang lebih suka membentuk kelompok kecil untuk berdiskusi, cara lain yang kerap disukai banyak siswa adalah model belajar yang menempatkan guru tak ubahnya sebagai penceramah. Apapun cara yang dipilih itu perbedaan gaya belajar tersebut menunjukkan cara tercepat dan terbaik seorang individu dalam menyerap informasi. Karenanya jika kita bisa memahami gaya belajar setiap anak akan memudahkan kita dalam memandu siswa untuk mendapatkan gaya belajar yang tepat dan memberi hasil yang maksimal bagi dirinya.
Tentu saja sebelum kita sendiri mengajarkan kepada siswa-siswa, langkah pertama adalah mengenali gaya belajar kita sendiri, hal ini yang sering kali kita lupakan dengan kata lain kita sendiri harus merasakan pengalaman mendapatkan gaya belajar yang tepat bagi diri kita sendiri sebelum menularkannya kepada peserta didik kita. Ada banyak alasan dan keuntungan yang dapat kita pahami apabila kita mampu mengetahui gaya belajar siswa termasuk gaya belajar kita sendiri. Apapun gaya yang kita pilih yang terpenting dan tidak boleh dilupakan adalah “lakukan apa yang memang akan bermanfaat”. Ada beberapa tipe gaya belajar diantaranya visual, auditori dan kinestetik.
Dari ketiga tipe belajar tersebut memiliki kelemahan dan kelebihan. Gaya belajar visual memiliki kelebihan yaitu mereka bisa memahami materi dengan mudah dan baik, dapat mengingat dengan detail dari apa yang siswa lihat. Kelemahan gaya belajar visual yaitu kesulitan belajar dalam berdialog secara langsung, sering kali salah dalam mengucapkan kata-kata, susah belajar dalam suasana ramai, rebut dan banyak gangguan, serta susah memahai penjelasan guru tanpa disertai gambar.
Gaya belajar auditori memiliki kelemahan diantaranya tidak membaca dengan baik, susah membuat karangan, susah diam dalam waktu yang cukup lama, mudah terganggu dengan keributan. Sedangkan kelebihannya yaitu jika melakukan presentasi siswa tersebut dapat melakukannya dengan baik, senang berbicara jika berbicara menggunakan pola, dapat dengan mudah menirukan perkataan orang lain dengan waktu yang singkat.
Gaya belajar kinestetik kelemahannya mudah gelisah dan frustasi dalam mendengar sesuatu sambil duduk dalam waktu yang lama, jika tidak membaca dengan ejaan jari telunjuk dan lain-lain. Kelebihan memiliki penampilan yang rapi tidak bisa diam sukanya menari identik dengan gerakan.
RUMAH ILMU UNTUK MEWUJUDKAN KAMPUS KONSERVASI BEREPUTASI #2
Posted by Feiv Hidayat in Uncategorized on November 19, 2015
Unnes adalah universitas yang berbasis konservasi. wajar saja jika universitas yang berbasis konservasi ini menerapkan pendidikan konservasi. Tetapi apakah di kalangan masyarakat mengerti apa itu pendidikan konservasi?
Yukk kita bahas di sini!!
PENDIDIKAN
Dalam Kamus Bahasa Indonesia, 1991:232, tentang Pengertian Pendidikan , yang berasal dari kata “didik”, Lalu kata ini mendapat awalan kata “me” sehingga menjadi “mendidik” artinya memelihara dan memberi latihan.
Pendidikan merupakan Bimbingan atau pertolongan yang diberikan oleh orang dewasa kepada perkembangan anak untuk mencapai kedewasaannya dengan tujuan agar anak cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri tidak dengan bantuan orang lain” (Langeveld).
PENDIDIKAN KONSERVASI
Pendidikan Konservasi merupakan sebuah proses pembelajaran untuk membangun spirit penduduk (mahasiswa), tentang lingkungan untuk pembangunan berwawasan masa kini dan memperhatikan generasi masa mendatang.
PENDIDIKAN KONSERVASI DI UNNES
Unnes sebagai universitas konservasi jelas harus mengusung pendidikan konservasi bagi mahasiswa baik program studi kependidikan maupun non-kependidikan. aspek penting yang di terapkan dalam pembelajaran mata kuliah ini adalah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Aspek kognitif meliputi proses pemahaman dan menjaga keseimbangan lingkungan. Aspek afektif meliputi sikap, nilai, dan komitmen yang diperlukan untuk membangun masyarakat yang berkelanjutan (sustainable). Aspek psikomotorik yang di terapkan dalam pendidikan konservasi meliputi perilaku dan keterampilan mahasiswa dalam mengelola lingkungan.
TUJUAN PENDIDIKAN KONSERVASI DI UNNES
Tujuan pendidikan konservasi adalah untuk mengubah perilaku dan sikap yang dilakukan oleh berbagai pihak atau elemen masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kesadaran masyarakat tentang nilai nilai lingkungan dan isu permasalahan lingkungan yang pada akhirnya dapat menggerakkan masyarakat untuk berperan aktif dalam upaya pelestarian dan keselamatan lingkungan untuk kepentingan generasi sekarang dan akan datang.
Dalam Peraturan Rektor Universitas Negeri Semarang Nomor 27 Tahun 2012 Tentang Tata Kelola Kampus Berbasis Konservasi di Universitas Negeri Semarang pada Pasal 2 disebutkan bahwa tata kelola berbasis konservasi bertujuan mewujudkan suasana kampus yang mendukung perlindungan, pengawetan, dan pengawetan lingkungan hidup secara bijaksana melalui pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan hidup da partisipasi penuh dari warga Unnes.
RUMAH ILMU UNTUK MEWUJUDKAN KAMPUS KONSERVASI BEREPUTASI #1
Posted by Feiv Hidayat in Uncategorized on November 18, 2015
Rumah Ilmu Untuk Mewujudkan Kampus Konservasi Bereputasi
Mendengar kalimat tersebut, muncul pertanyaan di benak saya apa itu “Rumah Ilmu”? Jika di bahas per kata, Rumah adalah sebuah bangunan tempat manusia tinggal dan sebagai tempat kelangsungan hidupnya. Sedangkan ilmu adalah pengetahuan tentang sesuatu hal atau fenomena, baik menyangkut alam atau social (kehidupan masyarakat) yang di peroleh manusia melalui berpikir.
Jadi kesimpulan dari arti perkata, Rumah ilmu adalah tempat untuk melakukan hal-hal yang berhubungan dengan ilmu dan pengetahuan.
Universitas Negeri Semarang merupakan Rumah Ilmu yang berbasis Konservasi. Apa itu konservasi? Konservasi merupakan upaya pelestarian lingkungan, tetapi tetap memperhatikan manfaat yang dapat diperoleh pada saat itu dengan tetap mempertahankan keberadaan setiap komponen lingkungan untuk pemanfaatan masa depan.
Tujuan Konservasi :
• Memelihara maupun melindungi tempat-tempat yang dianggap berharga supaya tidak hancur, berubah atau punah.
• Menekankan kembali pada pemakaian bangunan lama supaya tidak terlantar, disini maksudnya apakah dengan cara menghidupkan kembali fungsi yang sebelumnya dari bangunan tersebut atau mengganti fungsi lama dengan fungsi baru yang memang diperlukan.
• Melindungi benda-benda sejarah atau benda jaman purbakala dari kehancuran atau kerusakan yang diakibatkan oleh faktor alam, mikro organisme dan kimiawi.
• Melindungi benda-benda cagar alam yang dilakukan secara langsung yaitu dengan cara membersihkan, memelihara dan memperbaiki baik itu secara fisik maupun secara langsung dari pengarauh berbagai macam faktor, misalnya seperti faktor lingkungan yang bisa merusak benda-benda tersebut.
Demikian adalah beberapa tujuan konservasi yang tentunya di laksanakan Unnes sebagai kampus konservasi karena beberapa tujuan tersebut merupakan salah satu faktor yang mampu mewujudkan kampus konservasi yang bereputasi.
Hello world!
Posted by Feiv Hidayat in Uncategorized on November 12, 2015
Welcome to Jejaring Blog Unnes Sites. This is your first post. Edit or delete it, then start blogging!
Recent Comments