Semua hal dipertimbangkan, Revolusi Industri memiliki perjalanan yang cukup mulus dalam buku-buku sejarah. Bagaimanapun, ini adalah masa kekaisaran dan semua kekejaman yang ditimbulkannya, masa hukum perburuhan yang bermuara pada ‘Dapatkan topi Anda, mulai bekerja, dan bawa anak-anak Anda selama mereka cukup kuat untuk melakukannya. pegang batu bata ‘. Masa produktif saat itu, setidaknya sampai para pekerja kotor itu menemukan ide baru yang mewah yang disebut penentuan nasib sendiri.
beranda
Tetapi itu juga merupakan saat terjadinya pergolakan, ketegangan yang mengesankan antara masyarakat yang semakin berbudaya dan asap hitam pabrik-pabrik yang memicu gelombang kemajuan yang tiada henti ini. Mesin penekan pada periode ini hampir tampak asing, sama sekali tidak pada tempatnya berbagi kota dengan townhouse, plaza, dan taman hiburan masyarakat kelas atas.
Kontras itulah yang diharapkan Anno 1800, iterasi terbaru dari seri pembangun kota perjalanan waktu Ubisoft. Tersandung melalui antarmuka yang canggung dan terkadang sistem yang tidak nyaman, dan Anda akan disuguhi dengan snapshot idilis dari era ini – sepotong suasana Victoria yang menikmati kejayaan era sambil menyapu beberapa ciri khasnya yang lebih menantang.
Baik Anda memainkan mode kampanye, multipemain, atau kotak pasir, Anno 1800 menawarkan banyak penyesuaian tentang cara Anda memulai permainan: apakah Anda ingin menghadapi rintangan yang tidak dapat diatasi, atau membangun kerajaan Anda dengan sedikit batasan yang ditentukan, Anda bisa. Demikian pula, Anda dapat menetapkan satu dari enam kondisi kemenangan yang berkisar dari memperoleh kekayaan hingga menarik investor, atau terbuka.
Fitur seri pengembalian yang paling penting adalah musuh AI. Gim ini mengadu Anda melawan hingga tiga saingan lain yang ditempatkan sama di sebuah kepulauan dengan berbagai pulau berukuran, dengan seluruh samudra di sekelilingnya. Setiap karakter AI sangat lengkap, dengan kepribadian dan perilaku mereka sendiri yang perlu Anda ketahui melalui diplomasi dan dengan hati-hati memantau pergerakan mereka di panggung dunia. Ini adalah kembalinya yang disambut baik untuk fitur yang seharusnya tidak pernah ditinggalkan sejak awal, membuat game kurang dapat diprediksi dan menemukan kembali rasa persaingan dan kepribadian yang hilang dalam acara Anno baru-baru ini.

Pulau-pulau tersebut hanya dapat dimiliki oleh satu orang dalam satu waktu. Mereka beragam dalam sumber daya dan kesuburan, menciptakan keputusan rute perdagangan yang menarik, serta berebut untuk mendapatkan barang yang paling berharga. Sekitar pertengahan permainan, Anda juga akan membuka Dunia Baru, memungkinkan Anda membangun permukiman bertema kolonial di daerah tropis dengan sumber daya dan bangunan uniknya. Anda kemudian dapat mengangkut barang antara dua benua. Khas dari seri yang terobsesi dengan bahari ini, laut sangat penting, berfungsi sebagai panggung untuk berdagang, memulai ekspedisi, dan menghadapi saingan Anda dalam perang.
SAYA MERASA MABUK DENGAN SUASANA DAN BANGGA DENGAN PEKERJAAN SAYA
But it’s back on land that you’ll be developing that postcard image of 19th-century Victoriana. You do this in several distinct stages that focus on housing. At first, you’re restricted to farmer residences, which allow you to build basic buildings like pubs, warehouses, and farms. Meet the needs of the farmers living there by ensuring a steady supply of food, clothing, and booze, and you can upgrade their homes to worker residences. In turn, these unlock a new tier of buildables like improved paths, and more lucrative and elaborate production chains.
Anda terus melakukan ini hingga kelas Investor tingkat kelima di permainan akhir, sambil mempertahankan jumlah tempat tinggal tingkat yang lebih rendah yang diperlukan untuk menjaga semua industri sebelumnya tetap berjalan. Ini adalah bentuk perkembangan yang cukup elegan, bahkan jika itu adalah cerminan serius tentang bagaimana sebenarnya gentrifikasi bekerja; melalui klik riang jari pengembang, area yang disediakan dengan baik berkembang dengan cepat sementara penghuni sebelumnya yang lebih miskin dari area tersebut dipindahkan ke pinggiran.
Tapi saya, townhouse itu terlihat megah! Terlepas dari kenyataan bahwa saya memiliki nous perencanaan kota seorang balita dengan batu bata Duplo, berpikir dalam kisi-kisi kotak-kotak yang tidak imajinatif, Anno 1800 tidak pernah gagal untuk membangkitkan rasa kesibukan dan kesibukan. Ketika saya mengarahkan kamera tepat di atas ketinggian bangunan untuk melihat anak-anak menggelindingkan hula-hoop di jalan-jalan, orang-orang menikah, dan pemabuk saling dek di luar pub sementara, di kejauhan, ladang gandum bergelombang dan cerobong asap pabrik memuntahkan jelaga ke langit, saya merasa mabuk oleh atmosfer dan bangga dengan pekerjaan saya.

Di pelabuhan, kapal secara sistematis mengangkut barang antara pulau-pulau yang berbeda, dan akhirnya wisatawan dari negeri yang jauh akan menarik kapal pesiar untuk melihat-lihat museum dan kebun binatang. Kedua bangunan ini dapat diperluas dengan melakukan ekspedisi untuk mencari artefak dan hewan. Pelayaran ini membawa risiko, dan dalam perjalanan kapal Anda, Anda akan dihadapkan pada keputusan kritis berbasis dialog yang menentukan keberhasilan misi Anda. Anno 1800 diisi dengan cuplikan rasa naratif ini, yang membantu memecah game yang terkadang terasa terlalu lembut dan stabil.
Ada banyak hal yang harus dibangun di Anno 1800, sedemikian rupa sehingga dapat menyebabkan Anda terjebak dalam kelumpuhan pilihan: pertanian dan pabrik yang tak ada habisnya, teater, pub, gereja, galangan kapal, perikanan, balai kota, serikat buruh, arena tinju , rel kereta api, dan lainnya. Setiap simbol arsitektur era Victoria diwakili.
Yang, tentu saja, yang Anda inginkan dari seorang pembangun kota: variasi. Tetapi kota-kota Anno 1800 menuntut banyak real estat untuk permainan yang berbasis di sekitar pulau-pulau yang pada dasarnya nyaman. Banyak rantai produksi memerlukan tiga atau empat bangunan, dan Anda perlu menggelar ladang luas secara manual untuk pertanian Anda. Jika Anda ingin kota Anda terlihat lebih dari sekadar kumpulan jalan gang sempit yang dibayangi oleh gedung-gedung tinggi, Anda harus memberikan lebar sekitar tiga kotak untuk jalan Anda, mungkin mengisi bagian tengah dengan pepohonan. Dan plaza, yang dirancang secara manual oleh Anda sendiri, tentu saja, terlihat seperti bagiannya juga.
Butuh lebih banyak batu bata? Raih kesuksesan dengan game membangun terbaik di PC
Saat kerajaan urban Anda yang baru mulai berkembang, Anda dapat mulai terlibat dalam pengelolaan yang seluk-beluk; fine-tuning, mengutak-atik, dan manipulasi tanpa henti pada subjek Anda untuk memaksimalkan produksi sambil menekan ketidakpuasan yang benar. Anda tahu, biasanya…
Untuk itu, Anda dapat meningkatkan jam kerja, meningkatkan produksi dengan mengorbankan kebahagiaan, dan mengambil risiko pemogokan yang memiliki kebiasaan buruk menyebarkan seperti virus ke seluruh kota Anda. Ini adalah aspek yang rapi untuk dimasukkan, meskipun jarang sesuatu yang perlu Anda khawatirkan kecuali Anda mulai benar-benar kencing dengan pekerja Anda.

Lalu ada surat kabar, yang berputar sesekali untuk melaporkan kejadian di kerajaan Anda. Jika persediaan barang mewah tertentu yang diharapkan menipis, pers akan melaporkannya dan produksi akan mendapat pukulan kecil di seluruh kerajaan hingga edisi berikutnya. Atau, jika sebuah pabrik terbakar, orang-orang Anda akan sedikit tidak senang karena telah membacanya.
Intinya adalah Anda dapat menggunakan poin Pengaruh – jika tidak dihabiskan untuk sesekali meningkatkan perdagangan, produksi, budaya, atau area lain yang ingin Anda fokuskan – untuk memanipulasi pers, mengganti tajuk berita dengan propaganda negara yang mengubah opini publik ke belakang. ‘Saya telah melihat masa depan, dan saya telah melihat Twitter’, saya akan memberi tahu orang-orang. ‘Kebebasan berbicara terlalu dibesar-besarkan’.
TAMPILAN JALAN
Saat mencoba merekam cuplikan dalam game menggunakan pintasan perekaman layar AMD yang terpercaya, Ctrl + Shift + R, saya menemukan telur paskah yang memungkinkan Anda berkeliling kota secara langsung, lengkap dengan tombol lari dan lompat. Imut.
Untuk terus mengumpulkan dana, Anda harus terlibat dengan pesaing Anda. Ada sistem diplomasi yang belum sempurna di mana Anda dapat menyanjung, mengancam, dan melakukan pencarian untuk mereka, tetapi sebagian besar interaksi Anda akan melalui perdagangan. Ini cukup praktis, membuat Anda secara manual merencanakan rute perdagangan dan mengalokasikan jumlah sumber daya yang ingin Anda beli dan jual. Tapi itu terasa rumit dan buram – dan tidak secerdas yang dicoba. Nilai sumber daya, berapa banyak uang yang dihasilkan setiap rute, dan pengaruhnya terhadap jumlah sumber daya Anda di rumah masih belum jelas, membuat sistem perdagangan menjadi sedikit misteri.
Kurangnya kejelasan adalah salah satu momok Anno 1800. Saya telah menyiapkan rute perdagangan yang tidak pernah mengirimkan sumber daya yang diinginkan – mungkin karena menugaskan satu kapal ke beberapa rute, yang tidak pernah saya beri tahu. Saya juga menyaksikan dengan mata kepala sendiri, bapak ibu sekalian, gerobak yang mengantarkan sosis dan bir ke gudang-gudang yang tidak pernah berhasil masuk ke timbunan stok. Apakah hanya ada Oktoberfest tanpa akhir yang terjadi di sana dan saya tidak diundang? Beberapa pengembang Jerman bercanda dengan biaya dalam game saya? Misteri lain yang tidak pernah saya pahami.

Terlepas dari ketidakjelasan sesekali, kerajaan urban Anda harus terus bergerak menuju masa depan yang gemilang – sesuatu yang dapat dibuat lebih menantang dengan mengubah pengaturan pra-game secara menyeluruh. Tetapi titik gesekan yang rentan terhadap game-game ini, ketika semuanya berjalan dengan baik dan Anda telah membangun sebagian besar dari semua yang ada untuk dibangun, adalah pertanyaan yang ditakuti: ‘Nah, selanjutnya apa?’.
ANNO 1800 MENGHINDARI TOPIK YANG LEBIH SULIT INI SEPENUHNYA
Anda bisa berperang, dilakukan secara eksklusif melalui pemboman angkatan laut terhadap kapal dan pantai musuh, tetapi tidak ada banyak kedalaman taktis di sana untuk terlibat. Opsi yang lebih mungkin adalah memperluas ke pulau-pulau baru atau, setelah mencapai tingkat ketiga perumahan, berlayar menuju Dunia Baru, di mana gaya arsitektur, soundtrack, warga sipil, dan latar baru menunggu. Tetapi perubahan permukaan di Dunia Baru ini gagal menutupi fakta bahwa Anda akan melalui putaran yang persis sama seperti di pemukiman sebelumnya, tetapi dengan tingkatan yang lebih sedikit untuk dilalui dan tema kolonial Latin. Alih-alih menggali lebih dalam saat permainan berlangsung, Anno 1800 hanya menyebarkan loop yang sama ke pulau-pulau dengan berbagai ukuran, yang tidak terlalu menggetarkan bagi saya.
Pendekatan multi-sesi akan mendapat manfaat dari beberapa asimetri. Dunia Lama dan Baru adalah dua tempat yang sangat berbeda, dengan yang terakhir cukup banyak mendorong yang pertama. Tidak ada AI asli yang bisa ditemui di Dunia Baru di sini, jadi tidak ada dilema tentang sifat eksploitatif dari hubungan antara pekerja di luar koloni dan pusat kekaisaran yang berkembang di negara asalnya. Ini juga merupakan tahun-tahun terakhir perbudakan, terutama di wilayah pengumpan tropis, yang dapat didekati melalui semacam prosedur imbalan risiko yang menarik. Anno 1800 menghindari topik yang lebih sulit ini sepenuhnya.

Demikian pula, sementara Dunia Lama hanya memberikan lip service terhadap hak-hak pekerja dan kerusuhan (dan menyajikannya dengan indah ), tetapi tidak ada kebijakan dan keputusan yang berarti bahwa peristiwa-peristiwa ini bertumpu pada selain jam kerja yang panjang dan kekurangan barang.
Pada saat sesama pembangun kota Frostpunk melapisi bagian bangunan game yang sebenarnya dengan menyerap teka-teki moral yang memaksa Anda untuk mempertimbangkan keputusan sulit, dan bahkan Tropico 6 yang ringan dan sejuk menarik Anda ke dalam politik Perang Dingin, Anno 1800 terasa dangkal. Ini adalah permukaan yang sangat menarik, jadi mereka yang lebih tertarik untuk membangun kota yang indah daripada terlibat dalam manajemen seperti permainan peran mungkin tidak keberatan dengan kelalaian itu. Sayangnya, sebagai birokrat yang digerakkan oleh manajemen, saya keberatan.
Terkait: Jadilah bos dalam game strategi terbaik di PC
Namun demikian, Anno 1800 melukiskan gambaran yang indah dan ideal tentang zaman industri. Itu menjenuhkan Anda di hari-hari kejayaan kerajaan dari tempat yang tinggi tanpa membuat jari-jarinya terlalu kotor, dan mendorong Anda melewati era, bersemangat untuk memamerkan banyak keingintahuan dan mesinnya, selangkah demi selangkah.
Ini adalah kemenangan presentasi, dan keputusan untuk memperkenalkan kembali saingan untuk bermain melawan karakter bernafas dan replayability menjadi seri yang telah basi dengan tamasya yang dingin dan sepi. Anno 1800 bukanlah Revolusi Industri, tetapi pasti sedang menuju kemajuan.