Ulasan Tropico 6: bagian realpolitik yang menyenangkan tapi bisa dilupakan
Ulasan Tropico 6: bagian realpolitik yang menyenangkan tapi bisa dilupakan
Entri terbaru dalam rangkaian manajemen ini dirancang untuk memberikan hasil yang familier

Berita dunia tersebar dari radio. Rencana untuk dinding telah disetujui. Seorang komandan Kuba telah meninggal. Inggris telah meninggalkan Uni Eropa. Seseorang sedang menguji rudal balistik. El Presidente memutar kenop untuk diam, mendesah, dan mengambil iPhone-nya. “Saatnya kembali ke permainan …” tweetnya. Sambil mematikan cerutu di asbak, diktator yang awet muda itu menarik topinya dan menuju balkon untuk berpidato.
Ulasan luar: RPG bertahan hidup yang tidak menghargai waktu Anda
Cuplikan pengumuman Tropico 6, yang juga berfungsi sebagai cutscene pembukaannya, menunjukkan bahwa El Presidente berada di masa krisis abadi kita, dan permainan yang menyertainya di tengah jalan membuktikan maksudnya. Ini adalah simulator yang mengajarkan Anda untuk waspada terhadap populis dan pencari keuntungan politik dengan menempatkan Anda pada salah satu bagian. Tapi nostalgia rudal Kuba Tropico mencegahnya mengatakan sesuatu yang benar-benar baru, dan melihatnya diam di mana kekuatan besar lainnya dalam genre manajemen berlomba di depan.
Anda bermain sebagai gejala dunia yang sakit: seorang pemimpin yang menggunakan orang-orang Anda untuk keuntungan finansial, dan pada gilirannya membiarkan diri Anda digunakan oleh negara-negara asing, masing-masing ingin mengeksploitasi simpanan emas atau penempatan strategis Anda di Karibia. Bagian permainan yang paling terlihat adalah pembangun kota; bayangkan Kota: Skylines dengan pohon palem. Tapi di latar belakang, simulator politik berjalan, melacak hubungan Anda dengan faksi lokal, negara adidaya, dan yang terpenting orang-orang. Merekalah yang memiliki kemampuan untuk mengakhiri karier Anda dalam pemilu yang semakin dekat. Itulah keadaan gagal yang terus-menerus Anda hindari: kekuasaan diambil dari Anda, baik melalui pemungutan suara atau melalui intervensi langsung dari negara yang ikut campur yang gagal Anda tenangkan.
Dari momen ke momen, Anda tunduk pada ritme permainan manajemen yang sudah dikenal. Untuk menghasilkan uang, Anda perlu menandatangani kesepakatan perdagangan untuk pisang atau rum – ekspor yang tidak terlalu stereotip tersedia, tetapi tidak selalu membayar dengan baik. Untuk membuat rum, Anda memerlukan penyulingan, yang akan mengering tanpa perkebunan gula di dekatnya – dan para pekerja harus tinggal di gubuk jika Anda tidak membangun rumah dalam jarak perjalanan pulang pergi. Terlebih lagi, tidak ada yang ingin menghabiskan hari-hari mereka memfermentasi dan membotolkan rum tetapi tidak pernah mengambil sampelnya, dan warga Anda juga akan membutuhkan kedai minuman.
Klinik adalah suatu kebutuhan jika Anda ingin penyuling Anda cukup baik untuk pergi bekerja, dan Anda juga dapat memasang stasiun pemadam kebakaran di sebelah saat Anda berada di sana. Ada banyak kebakaran di Tropico. Botol rum berfungsi sebagai kaca pembesar untuk matahari Karibia, kurasa.
SUNGGUH MENGGEMBIRAKAN MELIHAT PENGEMBANG MENCOBA NADA YANG RUMIT DAN MELAKUKANNYA DENGAN BENAR
Tak lama kemudian, Anda mendapatkan sesuatu yang menyerupai masyarakat. Pertumbuhan selangkah demi selangkah inilah yang memungkinkan Anda membuat jaringan industri dan layanan yang kompleks tanpa terlalu memikirkannya. Faktanya, seperti di banyak game manajemen lainnya, ada ketenangan tertentu untuk dibangun di Tropico, didukung oleh 16-beat soundtrack dan kabut panas yang terlihat. Karibia adalah tempat yang menyenangkan untuk menjadi seorang diktator, selama berjam-jam, dan itu adalah penjajaran yang telah lama dinikmati oleh serial ini. Ia melakukannya dengan sangat baik dalam sekuel ini.
Ada kesenangan sejati yang bisa didapat dengan para penasihat yang mengomel di game ini. Saya tidak bisa memutuskan siapa favorit saya: jenderal paranoid yang takut pada musuh di kanan, pemberontak di kiri, dan “pterodactyl di atas.” Atau pemimpin revolusioner yang dengan sungguh-sungguh bertanya pada dirinya sendiri “apakah tujuan bisa dibenarkan.” Di luar pengadilan Anda, perwakilan Kerajaan Hugh Laurie-esque yang mengancam mengeluh tentang laba-laba, dan fakta bahwa pulau Anda hampir tidak sebanding dengan biaya invasi. Dan kemudian, seorang broker ramah tamah mengajukan dokumen untuk kesepakatan pengujian nuklir di mesin penghancur, bahkan saat gelombang kejut melewati modal Anda.
Ada perasaan bahwa Tropico selamanya ditakdirkan untuk dijungkirbalikkan dan diguncang demi uang oleh negara yang lebih besar, dan gim ini memperlakukan ceritanya sebagai tragisomedi. Di era videogame yang dengan canggung menghindari pernyataan politik, sungguh menggembirakan melihat pengembang mencoba nada yang licik dan melakukannya dengan benar.

SHAQ BESAR
Jika warga tidak dapat menemukan tempat tinggal di dekat tempat kerja mereka, mereka akan membangun gubuk untuk diri mereka sendiri. Mereka adalah prompt yang berguna untuk meletakkan lebih banyak perumahan, dan contoh langka di mana Tropico 6 menunjukkan daripada memberi tahu. Terlalu sering Anda tenggelam dalam membaca menu, daripada menjelajahi pulau dengan kursor Anda.
Sayangnya, ini bisa terasa seolah-olah Anda memiliki semua gerakan Anda selanjutnya yang didiktekan kepada Anda oleh suara-suara ini – agak merusak aturan lalim Anda dalam kampanye Tropico 6. Anda memiliki opsi untuk mematikan misi pemandu dari ajudan penjilat Anda dan sesekali bajak laut, Penultimo, yang bertujuan untuk menyoroti lubang dalam strategi pulau Anda yang mungkin Anda lewatkan. Dan Anda bisa mengabaikan tugas opsional dari faksi, tetapi akibatnya akan terjadi penurunan hubungan. Sungguh, Tropico menyerukan sistem misi yang dinamis seperti yang ada di Jurassic World Evolution , yang memungkinkan Anda mendapatkan arahan sebanyak atau sesedikit yang Anda inginkan. Paling buruk, Anda akan merasa seolah-olah mengikuti serangkaian instruksi, alih-alih menemukan cara Anda sendiri untuk mengkhianati warga yang Anda wakili.
Perubahan nyata bisa ditawarkan di sini. Tropico 6 menyadari bahwa serial ini ada di tangan pengembang baru untuk pertama kalinya dalam satu dekade, setelah Haemimont Games lulus ke Surviving Mars . Tetapi beberapa eksperimen studio Might & Magic Heroes Limbic Entertainment dengan formula tersebut tidak terlalu membuahkan hasil. Mampu berekspansi ke seluruh nusantara cukup menyenangkan, terutama saat Anda membangun jembatan – pemandangan warga tanpa mobil yang berjalan beberapa mil melintasi laut hanya untuk mulai bekerja merupakan simbol yang luar biasa dari sebuah negara yang gagal. Tapi pencurian keajaiban dunia yang terlihat di trailer terbukti kurang memuaskan.
Merampok adalah proses lepas tangan yang panjang di mana Anda meninggalkan penyelundup Anda untuk membangun titik serangan. Kemudian, setelah siap, Anda membiarkannya lagi untuk mengisi bilah kemajuan lain. Sesekali mereka akan sadar, jadi Anda harus mengirimkan satu truk penuh rum ke teluk mereka. Seringkali mereka akan menemukan penundaan, tugas yang Anda tunggu lagi , selama beberapa hari, sebelum misi berlanjut. Jangan salah paham, pemandangan Gerbang Brandenburg yang dijatuhkan oleh balon udara ke pulau tropis adalah hal yang menyenangkan. Tapi fitur utama ini tidak bisa lebih dari latar belakang, dan sama mendebarkannya dengan semua suara yang menunggu.
Namun nada kedipan dan sistem padat terkadang bersatu dalam cara yang mempertajam keduanya. Dalam misi kedua Tropico 6, yang ditetapkan selama perang dunia, seorang diplomat Inggris seperti Sean Bean bernama Wynton Marlborough mendorong kebijakan yang lebih ketat sehingga Sekutu dapat memperketat jeratan di sekitar penyelundup lokal yang bekerja dengan pasukan Poros. Begitu penangkapan dimulai, seluruh keluarga kehilangan rasa hormat terhadap pemerintah, dan penjahat melahirkan lebih banyak penjahat. Akibatnya, Marlborough menyarankan sebuah pulau penjara, meniru pulau Amerika yang terkenal: “Manhattan.”
Terkait: Pertaruhkan klaim Anda dalam game strategi terbaik di PC
Begitu Anda mematuhinya, para kapitalis menukik, memperdebatkan kerja paksa di penjara dan perubahan hukum untuk menjadikan Tropico koloni hukuman. Tak lama kemudian, para penjahat datang dengan membawa muatan kapal untuk mengisi penjara, di mana pekerjaan mereka yang tidak dibayar menghasilkan koin untuk pundi-pundi kita. Pada saat-saat inilah Tropico merasa seolah-olah memiliki tujuan dan pelajaran untuk menyaingi rekannya yang sangat berkesan, Frostpunk . Tapi jarang sekali ide-ide di Tropico 6 terasa berbahaya, alih-alih iterasi lambat dari sebuah seri yang sudah menemukan tempat sejuk dan nyaman dalam naungan genre manajemen.