51ImYGt54zL._SY300_

Sicko merupakan sebuah film dokumenter yang diproduseri oleh Michael Moore. Film ini memperlihatkan perbandingan sistem pelayanan kesehatan yang ada di Amerika Serikat dengan negara maju lainnya seperti Inggirs, Perancis, Kanada dan Kuba. Jika kita mendengar sepintas negara Amerika Serikat kita akan berpikir bahwa Amerika adalah negara Adi Daya yang maju dan kuat. Namun, di dalam film Sicko ini kita bisa melihat begitu buruknya sistem layanan kesehatan yang ada di Amerika. Sekitar 50 juta warga Amerika Serikat tidak terlindungi asuransi, sementara sisanya menjadi korban penipuan perusahaan asuransi. Dalam Sicko, produser film  ini mewawancarai beberapa warga yang memiliki polis asuransi yang semestinya memadai untuk membiayai perawatan kesehatan mereka namun malah ditolak perusahaan asuransi. Dalam wawancara lain, seorang mantan pegawai perusahaan asuransi mengakui perusahaan asuransi kerap memberi bonus pada para ahli kesehatan di perusahaannya untuk merekayasa berbagai alasan untuk tidak membayarkan biaya perawatan medis yang diperlukan pada para pemegang polis.

Jasa Asusransi kesehatan yang ada di Amerika menjajikan layanan yang baik bagi konsumen, akan tetapi dalam kenyataannya banyak sekali warga Amerika yang mempunyai asuransi justru tidak mendapatkan layanan kesehatan yang baik bahkan mendapatkan penolakan dari pihak asuransi. Jikalau ada yang mendapatkan jaminan asuransi hanya untuk penyakit-penyakit yang ringan saja. Hal ini terjadi karena pada dasarnya sistem layanan kesehatan yang ada di Amerika berorientasi pada profit atau keuntungan saja.

Jauh berbeda keadaan layanan kesehatan di negara pembanding seperti Inggris, Kanada, Perancis bahkan Kuba. Negara yang dianggap iblis oleh Amerika justru memiliki layanan kesehatan yang jauh lebih baik meskipun warga negaranya tidak mempunyai jaminan asuransi. Pada film Sicko terlihat bahwa di negara tersebut pelayanan kesehatan untuk warganya merupakan prioritas utama. Bagaimana tidak, di Inggris mempunyai layanan kesehatan yang baik bahkan gratis. Biaya rawat inap, cek up, bahkan operasi semuanya ditanggung oleh pemerintah. Bahkan rumah sakit memberikan uang transportasi untuk pasien pulang.

Perancis juga mempunyai layanan kesehatan yang baik untuk warganya yaitu seperti mengunjungi pasien yang membutuhkan pertolongan pertama. Mobil ambulance akan segera datang dalam waktu beberapa menit setelah di telephon. Pelayanan yang diberikan juga memadai mulai dari yang ringan hingga yang berat. Ada juga jasa housekeeper gratis selama 4 jam per hari yang disediakan pemerintah Perancis untuk ibu-ibu yang baru melahirkan. Di Kuba juga mempunyai layanan kesehatan yang baik bahkan gratis seperti di Inggris. Pasien yang akan mendapatkan layanan kesehatan cukup mengisi nama dan tempat tanggal lahir. Dalam film juga diperlihatkan bahwa salah satu rumah sakit di Havana, Kuba sangat terbuka dengan pasien yang berasal dari Amerika Serikat. Mereka tetap menerima dan merawat pasien Amerika Serikat yang tidak mendapatkan layanan kesehatan yang baik di negaranya sendiri. Perawatan yang diberikan sangat baik tanpa harus membayar biaya perawatan dan administrasi apapun yang rumit.

Melihat beberapa pengalaman layanan kesehatan di beberapa negara, Indonesia pun tidak terlepas dari masalah-masalah tersebut. Jika melihat keadaan Indonesia saat ini bisa dikatakan buruk dan membuat kesehatan menjadi mahal. Harga obat dan rumah sakit masih tinggi tanpa adanya kontrol. Adanya penyakit malah membuat banyak pihak yang terkait dengan badan-badan kesehatan mendapat keuntungan. Penanganan baik atau buruk pelayanan kesehatan terkadang melihat juga tebal kantong pasien sanggup membayar demi kesembuhan. Selain biaya pengobatan yang tinggi, dunia kesehatan kita juga diperburuk dengan beredarnya obat-obat palsu. Selain itu penyakit juga dijadikan sebagai alat pelindung bagi para koruptor yang akan menjalani persidangan hingga luput dari tuntutan jaksa.

Meskipun sekarang ini sebagian masyarakat Indonesia sudah ada jaminan kesehatan BPJS, kenyataannya masih belum bisa melayani masyarakat dalam bidang kesehatan dengan baik. Sejumlah persyaratan harus dipenuhi oleh pasien yang ingin mendapatkan layanan kesehatan. Pelayanan yang diberikan juga masih kurang. Pasien dengan jaminan kesehatan BPJS akan dirujuk menuju rumah dengan kategori atau kelas paling bawah atau kelas 3. Berbeda sekali dengan mereka yang tidak menggunakan BPJS. Pasien umum dan yang mempunyai dana cukup maka akan mendapatkan layanan yang cukup baik.

Begitulah kurang lebihnya fenomena kesehatan yang ada dibeberapa negara dan di Indonesia. Perbandingan dalam dunia kesehatan dibeberapa Negara. Masih saja ada kekurangan. Yang paling terlihat adalah kesadaran akan layanan kesehatan yang dibutuhkan.