Pembangkit Listrik Tenaga Ombak dengan Kombinasi Sistem Bandul Magnet dengan Solar Cell (PLTOBMSC)

Pembangkit listrik tenaga ombak dengan Kombinasai sistem bandul magnet dengan solar cell untuk laut tenang adalah alat pembangkit listarik yang memanfaatkan eneri gelombang air laut yang di konfersi untuk menggerkan bandul dan pemanfaatana cahaya matahari yang di olah oleh solar cell untuk menghasilkan energi listrik , sistem kerja alat ini pemanfaatan teknologi ini sanagat cocok di gunakan di daerah kepulauan yang memiliki wilayah laut yang luas contonya wilayah kepulauan indonesia.

bandul1

bandul2

Kelebihan teknologi ini adalah selain tidak mengunakan bahan bakar dan ramah lingkungan teknologi ini juga tidak perlu menggunakan energi gelombang yang besar yang tentunya bisa di gunakan di wilayah perairan mana saja, asalkan daerah perairan tersebut memiliki gelombang yang kontinu dan bisa memaksimalkan dua sumber energi sekaligus untuk menghasilkan energi listrik.

Konsep yang akan di aplikasikan dalam alat ini yaitu dengan menggunakan energi gelombang air laut yang menggerakan komponen yang di integrasiak dengan sistem bandul dan di padukan dengan solar cell yang bisa bekerja secar terus menerus yang bisa di aplikasikan di kawasan pantai mana saja tampa harus memiliki gelombang yang besar berikut adalah alat yang kami rancang.

Angin yang melintas di atas permukaan laut, pasang surut gelombang air laut, dan luas  area yang terkena sinar matahari makan  ke tiga kompenen geratis  yang tersedia di alam tersebut  tidak akan henti-hentinya menghasilkan energi yang tidak kunjung  habis selama alat yang di gunakan tidak mengalami kerusakan dan bisa bekerja dengan optimal. Adapaun prinsip kerja alat tersebut sangat sederhana. Pembangkit listrik  di disain seperti pelampung berbentuk kotak dengan  bagian atasnya  di pasang solar cell,  yang memilki ukuran maksimal 1m3  dengan harapan Pembangkit listrik  bisa berpungsi pada saat kondisi gelombang lemah alat masih bisa berpungsi menghasilkan energi listrik. Komponen Pembangkit listrik   yang di pasang   di dalamnya   terisolasi  dengan tujuan agar komponen alat  bisa terhindar dari kerusakan  yang di sebabkan oleh masuknya  air laut kedalam sesin pembangkit listrik. Pembangkit listrik  ini di pasang secar terapung di laut, alat satu dengan alat lain saling terhubung dengan cara di ikat bergandengan yang kemudaian di  ikat pada tiang untuk menahan Pembangkit listrik   supaya tidak berpindah atau terbawa gelombang. Pembangkit listrik  akan bekerja ketika sebuah gelombang melintas di bagian bawal Pembangkit listrik  yang akan menggerkan komponen di dalam kotak tersebut dan mengubahnya dari energi mekanik menjadi energi listrik  dan sinar matahari yang di konpersi oleh Solar Cell untuk menjadi enegri listrik. Proses selanjutnya adalah menghubungkan alat yang satu dan yang lainya kemudian energi yang di hasilkan di masuka ke rangkanyan penguat  daya yang di simpan ke batrai.

Source : https://dedeirpanriswandi.blogspot.co.id/2014/01/pembangkit-listrik-tenaga-ombak-dengan.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: