Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.

Mengenali Masalah Komputer/Laptop

P3KN (Pertolongan Pertama Pada Komputer (PC)/Notebook (NB)

Apa itu Troubleshooting : klik disini definisinya..

Bila PC/NB Anda mulai mengulah, jangan buru-buru membawanya ke tukang servis (padahal ini bisa menguntungkan profesi saya sebagai Teknisi) atau memanggil divisi IT pada perusahaan Anda. Bukankah lebih baik jika Anda mengetahui cara menyelesaikan masalah pada PC Anda sendiri? Ini dia tips menyiasati masalah pada PC/NB

1. Istirahatlah Sejenak atau Beri Nafas Buatan.

Cobalah me-restart PC/NB. Me-restart PC/NB adalah cara termudah tetapi yang sering dilupakan oleh para pengguna PC/NB. Windows terkadang dapat memperbaiki kesalahan yang ada pada sistemnya hanya dengan me-restart PC/NB. Umpama manusia, disuruh Tarik Nafas dalam-dalam, lalu lepaskan..

Caranya : Bila menekan tombol “Start | Turn Off Computer atau Restart” tidak befungsi, coba tekan dan tahan tombol Ctrl + Alt, lalu tekan tombol Del. Kombinasi tombol ini untuk memunculkan “Windows Task Manager”, di windows ini Anda bisa mengakhiri program yang sedang berjalan dengan mengklik “End Task”, yang mungkin menjadi pemicu PC/NB Anda menjadi Hang, jika belum juga bisa, Anda bisa mematikan PC/NB Anda dari “Windows Task Manager” ini, dari menu “Shut Down” lalu pilih “Turn Off atau Restart”, jika cara ini juga tidak bisa, maka pada PC cukup tekan tombol ‘reset’ yang ada pada panel casing PC Anda. atau untuk mematikan PC/NB secara manual, tekan dan tahan tombel power selama beberapa detik dan lepaskan, jika tidak bisa juga gunakan cara paling terakhir mematikan PC/NB secara paksa adalah mencabut (jangan digoyang) konektor listrik yang menghubungkan PC Anda, atau pada NB konektor yang menghubungkan Adaptor atau Anda buka Baterai NB-nya.

2. Cari biang keroknya dan kenalilah.

Restart tidak dapat menyelesaikan semua masalah PC. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu Anda ingat ketika PC menghadapi masalah yang serius. Seperti apa gejala pada PC? Seperti apakah seharusnya PC berjalan? Kapan terakhir kali software berjalan dengan baik? Kapan pertama kali masalah tersebut muncul? Apakah yang berubah sejak itu? Apakah hal ini mengganggu Anda? Ketika Anda telah menemukan masalah yang mengganggu Anda – dan seberapa sering hal tersebut terjadi – barulah Anda dapat memperbaikinya.

Jika ada muncul tampilan pemberitahuan/error, coba Anda baca terlebih dahulu sebelum Anda meng-close atau klik OK tampilan error tersebut. PC/NB yang bermasalah akan selalu memberitahukan apa masalahnya dengan memberi pesan error. Pesan ini bisa dijadikan analisa awal permasalahannya.

3. Sadar Diri atau Jangan berharap terlalu banyak.

Anda harus menyadari bahwa PC Anda punya batasan. Anda namanya tidak sadar diri bila PC/NB yang bisa dianggap bagus setahun yang lalu diharapkan bagus untuk dapat menjalankan program tercanggih yang ada sekarang. Misalkan..Anda punya PC/NB Pentium III, yang awalnya menggunakan Potoshop 6, anda ganti dengan potoshop 9, yang mana meminta syarat system PC/NB yang lebih canggih dari yang Anda miliki.

Semakin canggih program, maka semakin rumit pula proses komputasi yang harus dijalankan oleh PC/NB. Harap selalu Anda ingat bahwa permintaan sistem yang ada pada bungkus software sebaiknya diperlukan sebagai syarat minimum yang harus dipenuhi oleh pengguna PC/NB. Oleh karena itu, semakin besar kekuatan PC/NB Anda, semakin baik.

4. Iqra’ lah jangan malas membaca buku manual.

Terkadang permasalahan yang Anda temui sebenarnya telah dijelaskan pemecahannya di dalam menu Help, FAQ, buku manual, dalam website pabrikan pembuat perangkat, atau dalam forum online. Cara terakhir adalah yang terbaik, tetapi Anda membutuhkan banyak waktu untuk mencarinya di antara topic dalam forum atau Anda bisa bertanya pada Om-Om yang serba tahu, namanya om www.google.com . Tahukah Anda, cara inilah yang dipakai para Teknisi Komputer. Walau terlihat sangat sulit dan menyita waktu, cara ini mungkin akan menjadi satu-satunya penolong Anda akan masalah yang dihadapi. Jika Anda mau gampangnya, angkat Tlp/Hp, hubungi Teknisi Komputer langganan Anda atau Divisi IT perusahaan.

5. Mandirilah selesaikan sendiri masalah Anda.

Bila Anda telah menemukan jawaban dari masalah Anda, ada baiknya Anda coba terapkan sendiri. Namun, jika pemecahannya membutuhkan tingkat keahlian yang tidak Anda miliki, ada baiknya pula Anda menghubungi technical support. Bila masalah Anda berada pada kerusakan software, meng-install ulang software tersebut akan lebih mudah daripada mencari file yang rusak. Lagipula, cara ini berhasil untuk hampir semua masalah pada software. Karena hampir 95% masalah PC/NB ada pada software. Miliki pengetahuan Cara Menginstal Ulang Windows, akan sangat menghemat pengeluaran Anda untuk masalah PC/NB.

6. Kumpulkan informasi.

Sebelum menghubungi technical support, pastikan Anda menyiapkan segala informasi yang mungkin dapat membantu mereka ketika berusaha menyelesaikan masalah yang terjadi pada PC Anda. Beberapa informasi mengenai apa yang terjadi pada PC Anda seperti pesan error yang muncul di layar atau bunyi aneh pada PC dapat memberi bantuan yang berguna untuk technical support. Hal lain yang perlu Anda sampaikan pada mereka adalah nama produk dan versinya, sistem operasi yang Anda gunakan, spesifikasi hardware, dan kartu pembelian produk. Oleh karena itu, selalu simpen baik-baik semua benda yang Anda dapatkan ketika membeli PC/NB Anda seperti kartu garansi, kabel-kabel, dan CD instalasi drivernya.

7. Jangan buang waktu dan uang.

Bila Anda yakin masalahnya ada pada hardware, ada baiknya Anda membuka cover CPU dan memeriksa sambungan listrik sebelum menghubungi technical support. Waktu yang terbuang ketika mereka membuka cover tersebut dapat merugikan Anda, apalagi jika mereka dibayar dengan hitungan waktu (menit atau jam). Selain itu, periksa hal sepele yang biasanya dapat membuat komputer tidak dapat bekerja seperti sambungan listrik yang longgar, sambungan kabel keyboard/mouse/monitor/power CPU atau adaptor. Akan sangat konyol jika Anda membayar hanya karena hal sepele seperti itu. Dan hal sepele seperti ini sering dialami pada Teknisi Komputer, ketika memperbaiki PC/NB Anda.

8. Berusaha untuk selalu tenang.

Berteriak pada staff technical support tidak akan dapat menyelesaikan masalah Anda. Anda harus menyadari bahwa mereka bukan orang serba tahu yang bisa menyelesaikan segala hal. Terkadang software third party (software pihak ketiga/tambahan) dapat menyebabkan PC/NB bermasalah dan hal ini bukanlah keahlian dari staff support dari produk yang Anda miliki.

9. Beri dukungan penuh.

Bersiaplah untuk bekerjasama dengan sraff technical support. Anda tidak dapat menyelesaikan masalah pada PC/NB jika Anda berada jauh dari PC/NB ketika menghubungi mereka. Keluarkan segala unek-unek yang Anda alami ketika PC/NB Anda bermasalah, karena unek-unek Anda bisa menjadi acuan teknisi dalam menganalisa dan memperbaiki masalah PC.NB Anda. Biarkan komputer Anda menyala dan bersiaplah untuk menerima dan mengikuti instruksi yang diberikan

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

 

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: