Definisi: Social Experiment Project adalah kegiatan mempraktikkan eksperimen berdasarkan materi psikologi sosial.
Tujuan: Setiap kelompok dapat mempraktikkan eksperimen psikologi sosial dan didokumentasikan dalam video berdurasi 10-15 menit.
Manfaat:
- Mempraktikkan active learning, yaitu setiap mahasiswa mengalami pembelajaran dengan seluruh panca indera dan potensi gerak untuk memaksimalkan hasil belajar.
- Memproduksi digital learning dengan memanfaatkan fasilitas internet & media sosial (youtube)
- Mahasiswa mengalami belajar & bekerja di dalam kelompok.
- Meruntuhkan MITOS bahwa penelitian eksperimen adalah sesuatu yang rumit dan it can be so much fun.
Materi: Berbagai materi psikologi sosial yang relevan untuk dijadikan eksperimen.
Contoh: Berikut adalah social experiment project berupa replikasi eksperimen konformitas dari Solomon Asch. Link ada di bawa ini:
https://www.youtube.com/watch?v=E78ElfXr79Q
Petunjuk teknis social experiment project:
- Mahasiswa mengerjakan social experiment project berdasarkan kelompok presentasi.
- Mahasiswa memilih tema-tema eksperimen psikologi sosial dari jurnal/buku/publikasi psikologi sosial yang sesuai dengan tema presentasinya.
- Mahasiswa disarankan mengkonsultasikan desain eksperimen sosial antara tanggal 25-30 Mei (jam 13.00-15.00 di jurusan) dengan membawa printout rancangan eksperimen sosial. Silahkan menghubungi dosen yang bersangkutan untuk berkosultasi.
- Mahasiswa mempersiapkan perlengkapan & teknis terkait eksperimen seperti setting tempat, peralatan dokumentasi, dan berbagai perlengkapan yang dibutuhkan.
NB: Jika membutuhkan surat izin pelaksanaan tugas, dapat meminta Pak Baindon (TU Jurusan Psikologi) untuk membuatnya.
- Mahasiswa mengedit dan menyimpan file video dokumen eksperimen dalam dengan format flv/avi/mpg.
- Mahasiswa mengumpulkan di dalam satu folder yang
- berisi file video eksperimen sosial
- file makalah psikologi sosial + file jurnal yang direview.
- File powerpoint yang digunakan untuk presentasi.
- Teknis pengumpulan tugas (point No.6) secara kolektif melaui komting.
- File-file tersebut dikumpulkan maksimal 08 Mei 2018.
Penilaian: Nilai social experiment project digunakan untuk mendukung hasil Ujian akhir semester (UAS). Setiap film akan dinilai melalui dua cara penilaian.
- Private evaluation (40%): Dosen akan memberikan nilai (dari nilai E hingga A) dengan memperhatikan a) Akurasi desain eksperimen, b) Kejelasan penyampaian, c) Kreativitas cinematografi.
- Public evaluation (60%): Adalah penilaian yang diberikan oleh khalayak umum. Caranya, Semua video akan saya unggah ke channel youtube “Psikologi Unnes”. Penilaiannya mengikuti pola sebagai berikut:
FAQ:
Kami kesulitan menemukan ide social experiment, dimana dan bagaimana kami bisa menemukannya?
Jawab: Setidaknya ada dua cara”
- Eksperimen psikologi sosial yang termaktub dalam buku-buku psikologi sosial. Contoh: materi kelompok anda adalah “perilaku prososial” maka carilah eksperimen yang pernah dilakukan dalam bab “perilaku prososial”.
- Carilah artikel jurnal psikologi sosial bertema “perilaku prososial” yang menggunakan metode eksperimen dalam pengambilan data.
Apakah eksperimen yang kami buat harus sama dengan eksperimen aslinya?
Jawab: Tidak. Anda hanya perlu mengambil logika dasar dibalik eksperimen tersebut dan mengembangkan desain eksperimen menurut kreativitas anda. Namun demikian, dalam mendesain eksperimen perlu anda pertimbangkan:
- Tingkat kesulitan eksperimen (saran saya bikin yang mudah-mudah saja, yang penting logika eksperimennya sudah benar).
- Estimasi budget untuk melakukan eksperimen.
- Kelayakan tempat.
- Personel/sumber daya yang terlibat dalam eksperimen.
- Lama melakukan eksperimen
- Resiko-resiko yang mungkin terjadi selama melakukan eksperimen.
- dsb
Bagaimana untuk menghindari video maupun audio yang ber-hak cipta agar tidak dicekal oleh youtube?
Jawab: Ada beberapa cara, yaitu:
- Tidak usah menggunakan video atau audio dari sumber lain
- Di internet bertebaran tips untuk menghindari copyright, silahkan anda pelajari.
Bagaimana jika video yang kami produksi kurang dari 10 menit atau lebih dari 15 menit?
Jawab: Tidak masalah asal tidak terlalu singkat atau terlalu panjang durasinya
Bolehkah menambahkan kata-kata bijak dari tokoh-tokoh tertentu ke dalam video?
Jawab: Boleh selama hal itu relevan dengan tema anda
Apakah kami perlu menyensor konten sensitif (misalnya nama seseorang, golongan tertentu, dsb)?
Jawab: Harus, agar akun youtube psikologi Unnes tidak ditegur (ahkan dicekal) oleh youtube
Bagaimana jika ada ucapan atau visualisasi brand produk tertentu?
Jawab: Tidak apa-apa karena video social experiment project tidak dimaksudkan untuk tujuan komersial.