Besarnya penduduk warga negara Indonesia menjadikan Indonesia sebagai pasar yang menarik, maka tidak heran jika produk impor dari luar negeri pun berdatangan dan terus menerus mempromosikan produknya. Meski demikian, menurut cuci sepatu makassar konsumen Indonesia pun semakin cerdas untuk menanggapi hal tersebut dengan peduli terhadap produk dalam negeri yang terlihat dari kampanye bangga buatan indonesia.
Besarnya pasar yang tersedia seharusnya bukan hanya menjadi daya tarik bagi pedagang dari luar negeri, melainkan juga bisa menyerap berbagai produk yang ada dalam negeri. Dengan menggunakan produk dalam buatan Indonesia artinya sebagai negara Indonesia kita harus memajukan industri yang ada dalam negeri.
Untuk bersaing dengan negara lain diperlukan untuk memajukan industri yang ada dan UMKM di Indonesia. Dengan begitu produk lokal yang dihasilkan dapat bersaing dengan negara-negara yang lain. Contohnya seperti negara China, Jerman, Kanada, Korea selatan, Amerika dan Jepang, negara-negara besar tersebut lebih banyak memanfaatkan industri yang ada dalam negerinya dibandingkan industri dari luar negri.
Upaya yang dapat dilakukan untuk mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) agar sukses secara berkelanjutan memah bukan hal yang mudah. Banyaknya rintangan yang harus dihadapi dan memang butuh perjuangan juga usaha yang lebih untuk mencapai titik sukses.
Pada tahun 2020 yang lalu industri persepatuan di Indonesia berhasil mengalami perubahan hingga mencapai 8,97 persen untuk ekspor. Salah satu penyebab peningkatan pada ekspor sepatu ini adalah adanya perkembangan tren olahraga yang terjadi selama pandemi di seluruh dunia ini berlangsung.
Pada saat ini sudah terdapat banyak sekali produk sepatu lokal di Indonesia yang memiliki kualitas bagus, mulai dari segi bahan hingga desain yang beragam tidak kalah dengan kualitas produk impor.
Selain itu, harganya pun sangat terjangkau jika dibandingkan dengan produk yang berasal dari luar. Yang menjadi daya tarik tersendiri yaitu, para pelaku usaha memadukan sepatu dengan kearifan lokal yang ada di Indonesia sehingga memiliki nilai seni yang tinggi.
walaupun ketertarikan masyarakat dalam negeri atas produk lokal sangat banyak, terkadang hal itu tidak didukung oleh strategi pemasaran yang baik oleh produk tersebut. Sehingga, pada akhirnya hingga saat ini merek ekspor yang unggul dan memimpin pasar industri sepatu yang ada di Indonesia.
Masih banyak masyarakat lokal yang belum pernah memakai sepatu itu walaupun mengetahui merek tersebut. Hal ini dapat terjadi karena keunggulan yang terdapat pada merek lokal yaitu dari segi kualitas, dan baru dapat dirasakan dengan menggunakan sepatu tersebut.
Cara untuk Mendukung Produk Sepatu Lokal
Sebenarnya peluang industri sepatu Indonesia cukup besar. Namun, dengan persaingan yang cukup ketat antar industri luar, kita harus memiliki strategi yang kuat untuk memenangkan pasar produksi.
berikut cara supaya produk lokal dapat bersaing di pasaran:
- Fokus terhadap produk yang akan dipasarkan. Contohnya, jenis sepatu yang saat ini sedang trend dan tinggi peminatnya adalah sepatu casual. Jadi memasarkan jenis sepatu ini akan meningkatkan minat para pembeli terhadap produk tersebut.
- Memperhatikan beberapa faktor utama yang menjadi pertimbangan pembeli dalam pembelian sepatu. Hal tersebut (sesuai urutan) seperti model, kenyamanan, kualitas, ukuran kaki, serta harga sepatu.
- Mengetahui keinginan pasar pada produk sepatu. contohnya seperti kategori sepatu wanita telah memimpin pasar industri sepatu. Sebaiknya lebih baik jika perusahaan tidak berpikir untuk menjual sepatu wanita demi meningkatkan minat konsumen. Seharusnya perusahaan menyimpulkan bahwa jika sebuah toko sepatu terdapat varian produk wanita dan pria, maka toko tersebut akan lebih menarik para konsumen.
Maka pelaku usaha sepatu penting untuk mengutamakan model serta kenyamanan yang ada pada produk. Selain itu, ternyata harga tidak termasuk faktor utama dalam pengambilan keputusan.
Namun ada juga yang menyimpulkan bahwa masalah harga cukup penting jika suatu produk ingin dipasarkan dengan target pasar yang luas. Untuk itu, selain mementingkan faktor utama tersebut, fokus akan pemilihan target pasar juga perlu agar perusahaan lebih jelas dalam membentuk identitas bran.
Saat ini sepatu lokal buatan Indonesia tidak kalah bagus kualitasnya dengan sepatu buatan luar negeri. Pasalnya, sepatu karya anak bangsa ini memiliki nilai seni yang tinggi dan kaya akan makna.